Sirkulasi Air Pada Boiler

Sirkulasi Air Pada Boiler

Sirkulasi Air

Sirkulasi Air – Kalau sudah lama berkecimpung di dalam dunia , pasti secara tidak langsung kita tidak asing untuk proses aliran air dalam boiler. Mulai dari air inlet sampai dengan proses terbentuknya steam. Tetapi terkadang ketika kita disuruh menjelaskan, sering kali kita susah merangkai kata.

 

sirkulasi air boiler

Pada Boiler water tube seperti pada Palm Oil Mill ataupun yang lain pada prinsipnya adalah sama. Ada beberapa bagian penting penyusun sirkulasi konstruksi boiler, antara lain:

 

1. Lower Drum

Merupakan drum penampung air saat di alirkan dari Upper drum melalui pipa down corner. Biasanya ini adalah tahap awal yaitu air umpan yang temperaturnya tidak terlalu tinggi.

 

2. Upper Drum (Steam drum)

Atau sering disebut juga steam drum, karena pada drum inilah terkumpulnya steam sebelum di transfer ke main header menuju ke turbine. Pada bagian ini menjadi salah satu titik kontrol yang strategis untuk menjamin kualitas steam maupun keamanan dari boiler itu sendiri. Sebagai indikator keamanan boiler untuk setiap level air yang di kontrol adalah level air pada upper drum. Salah satunya yaitu ketika level air Low level adalah di mana level air pada upper drum berada di bawah 1/3 level drum.

 

3. Pipa Down Corner

Pipa ini membawa air dari upper drum menuju ke lower drum. Suhu air disini adalah yang paling rendah dalam sirkulasi air boiler. Karena ini adalah air yang akan di panaskan pada riser tube.

 

4. Water Walls Tube

Terletak antara header atas dan bawah di mana bagian – bagian ini akan terkena panas secara radiasi dari hasil pembakaran di furnace

 

5. Upper & Lower Header (Riser Tube)

Pada bagian ini berfungsi untuk meningkatkan temperatur air secara drastis, pemisahan dan percepatan perubahan fase yang dikarenakan energi yang diterima oleh bagian ini.

  

Bagaimana system sirkulasi air pada Boiler?

Air yang dipanaskan akan naik pada riser tube ke steam drum dan feed water yang relatif lebih dingin akan mengalir melalui down corner ke lower drum. Antara header atas dan bawah terdapat water walls tubes,  yang berada pada bagian dalam dapur dan mendapat panas pembakaran secara radiasi. Pada riser tubes fraksi steam akan semakin besar pada bagian atas dan peralatan pemisah akan memisahkan campuran steam dan air dimana steam dialirkan keluar dan air dikembalikan ke steam drum untuk selanjutnya bersirkulasi lagi.

Read also  Boiler and Classification

Perbedaan density antara air dalam riser tube dan down comer tube akan menghasilkan sirkulasi aliran secara natural ( Natural Circulation Circuit ).

Untuk mendapatkan uap yang murni, pada bagian dalam drum terdapat peralatan pemisah uap yang dirancang untuk memisahkan air boiler dari uap. Pada alat pemisah ini hanya meng-cover generator tube, sehingga gelembung gelembung tidak masuk ke pipa down comer dan tidak mengganggu sirkulasi.

 

Sirkulasi Air Boiler

 

Pada bagian alat ini harus dilakukan pengechekan ketika sudah memasuki waktu pengechekan ataun inspeksi rutin yang di lakukan secara berkala. Karena jika pemisah ini tidak berfungsi dengan baik tentu akan mempengaruhi proses sirkulasi air yang terjadi di dalam upper drum.

 Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian adalah pastikan ketika mengoperasikan unit boiler lakukan pengechekan dan selalu check gelas penduga baik secara manual ataupun . Banyak boiler sudah menggunakan sistem digital untuk melakukan kontrol. Tetapi yang menjadi catatan adalah sering terjadinya perbedaan level antara digital dengan manual sight glass.