Package Boiler Industri Kelapa Sawit

StructurePackageBoielr

BOILER

Package Boiler – Seperti yang kita ketahui, Boiler merupakan alat untuk menghasilkan steam () dimana prinsip utama dalam proses tersebut adalah memanaskan air menjadi steam (uap) yang kemudian digunakan untuk keperluar yang telah ditentukan, seperti untuk membangkitkan listrik, memanaskan produk, dll. Kalau di Pabrik Kelapa Sawit (Palm Oil Mill) kebanyakan menggunakan jenis .

Seperti kita ketahui ada berbagai jenis dan tipe boiler modern, yakni Fluidized boiler, Oil and gas fired boilers, Pulverized coal fired (PCF) boiler, Cyclone firing boiler, Package boiler, dan Recovery boilers. Pada artikel ini akan lebih membahas membahas mengenai Package Boiler (Boiler Paket).

PACKAGE BOILER

Jenis Package Boiler merupakan type boiler modern dimana semua komponennya disusun oleh Pabrik pembuat boiler tersebut, jadi boiler ini kesatuan paket yang lengkap ketika kita melakukan pembelian. Ketika dilakukan pengiriman ke tempat pembeli boiler itu dan biasanya pengangkutannya menggunakan unit truck berkapasitas yang besar.

Ketika dilakukan perakitan, kontruksi dan   hanya memerlukan beberpa tambahan komponen saja seperti pipa-pipa, suplai bahan bakar, dan sumber arus listrik untuk menjalankan boiler tersebut.Untuk struktur bisa kita lihat pada gambra di bawah:

PACKAGE BOILER Alwepo

 

Package Boiler Pada

Operasional package boiler ini memerlukan lebih sedikit bahan bakar dan tenaga listrik. Untuk penggunaannya dalam berbagai industri sangat banyak di gunakan seperti dalam industri farmasi, makanan, keramik, dan industri lainnya. Penggunaan bahan bakar yang lebih banyak digunakan pada jenis package boiler ini yaitu minyak atau gas, tergantung jenis bahan bakar seusai spesifikasi dari boiler.

Read also  Cara Menghitung Efisiensi Boiler Berbahan Bakar Batu Bara

Package boiler pada industri kelapa sawit biasanya digunakan di pelabuhan, atau untuk keperluan pengapalan atau pengiriman menggunakan kapal tongkang atau menggunakan unit tanki.

Pelabuhan merupakan tempat penampungan sementara dari produk hasil pengolahan Palm Oil Mill (Pabrik Kelapa Sawit) berupa Crude Palm Oil (CPO). Pelabuhan memiliki banyak storage tank penampung CPO (Crude Palm Oil), biasanya sesuai dengan kebutuhan untuk menampung produksi beberpa hari sebelum di kirim ke pembeli.

Penggunaan package boiler  ini memiliki beberapa keuntungan dibandingkan jenis boiler laninnya, antara lain:

1.Waktu pemasngan atau instalasi yang singkat, hal ini dikarenakan komponen tambahan yang diperlukan tidaklah terlalu banyak.

2.Memiliki unit yang sudah sesuai dengan standar, sehingga tidak perlu merubah komponen yang telah dipasang sebelumnya.

3.Biaya instalasi boiler lebih rendah

Ada beberapa kekurangan dari jenis package boiler ini, yakni:

1.Periode pengecekan dan pembersihan boiler lebih sering dikarenakan pemakaian secara kondisional. Apalgi di Pelabuhan, hanya di gunakan saat akan melakukan pengpalan atau pengiriman CPO ke Pembeli

2.Proses pengiriman boiler mungkin lebih sulit karena menjadi satu kesatuan yang utuh, jadi ukurannya besar ( Pemasangannya)

Package Boiler alwepo, spirax sarco

 

Package Boiler ini memiliki jenis dengan tipe shell dan tube dengan design rancang jenis fire tube yang memanfaatkan transfer panas baik radiasi maupun konveksi yang tinggi. Fire tube sendiri merupakan jenis, dimana api atau sumber panas mengalir pada pipa, kemudian pipa-pia tersebut memanaskan air pada drum. Boiler jenis ini biasanya dikelompokkan berdasarkan jumlah pass atau sectionnya – yaitu berapa kali gas pembakaran melintasi boiler. Ruang pembakaran atau furnace ditempatkan sebagai lintasan pertama kemudian setelah itu satu, dua, atau tiga set pipa api. Boiler yang paling umum pada industri Kelapa Sawit (Pelabuhan) adalah unit tiga pass/  lintasan dengan dua set fire-tube/ pipa api dan gas buangnya keluar dari belakang boiler.

Read also  Pemisahan Kernel Pada LTDS (Light Tenera Dry Sparator) / Pemisahan Kering

Demikian seidkit gambaran tentang aplikasi Package Boiler pada industri kelapa sawit.