Cara Mengatasi Pencemaran Udara Akibat Asap Pabrik

Polusi udara atau pencemaran udara masih menjadi masalah yang harus segera di atasi, terlebih lagi di daerah perkotaan dan kawasan industriBagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan, pencemaran udara, seperti polusi bukanlah hal asing. Karena, hampir setiap saat terdapat polusi.

Apalagi kalau kamu tinggal di dekat jalan besar, pastinya terkena debu dan asap dari kendaraan. Begitu juga halnya, kalau kamu tinggal di dekat kawasan industri, pastinya mengalami asap pembuangan dari pabrikKemudian Bagaimana cara mengatasi pencemaran udara akibat asap pabrik? Pada dasarnya, banyak cara mengatasi pencemaran udara yang dapat kamu lakukan, salah satunya dimulai dari diri sendiri dengan menggunakan produk ramah lingkungan.

Karena jika kualitas udara di lingkungan kamu tidak sehat, maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Misalnya seperti gangguan pernapasan, iritasi mata atau kulit, hingga kanker paru-paru yang bisa menyebabkan kematian.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Pencemaran Udara Akibat Asap Pabrik

Penyebab pencemaran udara yang terdapat di daerah perkotaan, umumnya berasal dari asap kendaraan bermotor. Selain itu, penyebab lain pencemaran udara adalah berasal dari asap rokok. Meski sering disepelekan, asap rokok membawa pengaruh buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Asap pabrik dan limbah rumah tangga pun menjadi penyebab terjadinya pencemaran udara. Berbanding terbalik dengan udara di pedesaan.

Cara Mengatasi Pencemaran Udara Akibat Asap Pabrik

Udara pedesaan sangat identik dengan suasana dan udara yang sejuk serta asri. Oleh karena itu, saat kamu menghirup udara di desa pastinya begitu segar.

Beberapa usaha yang tepat untuk mengatasi pencemaran udara adalah mulai dari diri sendiri. Namu ketika kita berbicara skala Pabrik, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan:

 

1. Memperbanyak pepohonan dan tumbuhan hijau di sekitar lingkungan area pabrik

Tau sendirikan kalau pabrik terutama yang memiliki power generation seperti Boiler dan Genset yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) atau bahan bakar yang dapat mengakibatkan polusi udara. Tentu kita harus melakukan berbagai cara mengatasi pencemaran udara akibat asap pabrik salah satunya adalah memperbanyak pepohonan dan tumbuhan hidjau di lingkungan sekitar area pabrik.

 

2. Meninggikan cerobong asap pabrik sehingga dapat mengurangi pemaparan pencemaran secara langsung terhadap masyarakat sekitar

Pada perusahaan Pabrik Kelapa Sawit, Manufacture, PLTU, dan beberapa industri yang memanfaatkan boiler dan mempunya cerobong tentu sebuah keharusan menjaga agar tidak tejadi polusi udara. Salah satu cara mengatasi pencemaran udara akibat asap pabrik tersebut tentu dengan cara meninggikan cerobong Boiler masing-masing pabrik. Untuk tinggi cerobong sendiri berbeda-beda sesuai dengan regulasi pemerintah yang ada. Misal di Pabrik Kelapa Sawit, minimal ketinggian 20 meter.

 

Cara Mengatasi Pencemaran Udara Akibat Asap Pabrik

 

3. Memberikan filter/penyaring polutan pada cerobong asap

Cara mengatasi pencemaran udara akibat asap pabrik selanjutnya adalah penggunaan filter atau penyaring pada cerobong asap boiler atau genset. Seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin sadarnya penduduk dunia akan perubahan iklim tentu kita banyak sekali teknologi yang sudah di temukan salah satunya adalah Afionisk.

 

4. Mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif.

Kita ambil contoh pada pabrik kelapa sawit yang menggunakan genset, beberapa pabrik kelapa sawit milik negara seperti PTPN sudah menerapkan gas metan hasil gas effluent yang kemudian di manfaatkan sebagai bahan bakar genset. Bahan bakar gas yang dikenal lebih ramah lingkungan menjadi alternatif paling efektif dalam mengurangi polusi udara.

 

5. Menjauhkan pabrik dari area pemukiman

Cara mengatasi pencemaran udara akibat asap pabrik yang ke 5 adalah menjauhkan pabrik dari area pemukiman, ini menjadi sebuah keharusan dalam mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang bersih dari pencemaran.

 

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi pencemaran udara akibat asap pabrik. Jangan meremehkan polusi udara karna akan sangat berpengaruh terhadap iklim dan kesehatan kita.

 

Pertanyaan Seputar Pencemaran Udara Pabrik

Jelaskan hubungan antara polusi tanah polusi air dan polusi udara?

Polusi tanah dapat mempengaruhi persediaan air yang tersimpan di tanah sehingga air menjadi tercemar. air yang tercemar ini bila mengalir ke sungai atau mengalami penguapan dapat mencemari udara sekitar sehingga timbul polusi udara.

Apa perbedaan antara polusi udara dan polusi air?

Pencemaran air berada di dalam air seperti dari limbah yang dibuang ke sungai – sungai. Pencemaran udara berada di udara seperti gas knalpot yang tidak ramah lingkungan sehingga menguap di udara. Pencemaran tanah berada di dalam tanah seperti penguburan plastik yang lama memuai sampai bertahun – tahun.

Apa yang dimaksud dengan indikator polusi tanah?

Indikator polusi tanah yaitu adanya limbah padat, kandungan logam berat dan berbagai produk yang tidak diinginkan dari pertanian seperti pestisida. indikator polusi tanah yaitu adanya limbah padat, kandungan logam berat dan berbagai produk yang tidak diinginkan dari pertanian seperti pestisida.

Apakah sumber dari polusi tanah?

Sumber polusi tanah diantaranya berasal dari kegiatan pertambangan, limbah rumah tangga, dan kegiatan pertanian. Tanah tercemar akibat polusi tanah merupakan salah satu masalah lingkungan yang sering dihadapi dan dapat berdampak pada menurunnya produktivitas dari tanah.

Tuliskan apa yang dimaksud dengan pencemaran air dan dampak yang ditimbulkan?

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi.

Apa sumber dari polusi udara air dan tanah?

Pencemaran udara bersumber dari asap asap kendaraan. 2. Pencemaran air bersumber dari limbah rumah tangga,pertanian yg menggunakan pupuk kimia dan pestisida,peternakan yg membuang limbah darah dari hasil pemotongan hewan dan transportasi yg membuang limbah oli ke sungai.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan polusi udara?

Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia.

Apakah indikator dari polusi air?

Tanda bahwa air telah tercemar dapat diamati melalui indikator berikut: Perubahan pada temperatur air. Perubahan pH atau konsentrasi ion hidrogen. Perubahan warna, bau, dan rasa.

Apa yang menyebabkan terjadinya polusi udara?

Penyebab utama polusi udara adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti minyak bumi dan batu bara. Pembakaran bahan bakar ini biasanya digunakan untuk menghasilkan energi untuk pembangkit listrik atau transportasi.

Bagaimana proses terjadinya pencemaran air tanah?

Pencemaran air tanah terjadi ketika produk buatan manusia seperti bensin, minyak, garam jalan (road salt) dan bahan kimia masuk ke air tanah dan menyebabkannya menjadi tidak aman dan tidak layak untuk digunakan manusia.

Dampak apa saja yang ditimbulkan oleh pencemaran air?

Pencemaran air berdampak luas, misalnya dapat meracuni sumber air minum, meracuni makanan hewan, ketidakseimbangan ekosistem sungai dan danau, pengrusakan hutan akibat hujan asam, dan sebagainya.

Apakah air yang tercemar dapat menyebabkan pencemaran tanah?

Iya. karena jika air tersebut tercemar maka tabah juga akan ikut tercemar, hal tersebut dikarenakan air akan terserap oleh tanah dan limba di air akan ikut kedalam tanah.

Bagaimana cara mengatasi sampah limbah hasil produksi dari pabrik?

Upaya mengatasi pencemaran limbah pabrik dari industri

  • memperhatikan AMDAL pada saat sebelum proses pembuatan pabrik industri.
  • membuat kanal pembuangan limbah yang aman.
  • membuat penyaringan dan daur ulang limbah.
  • melokalisir semua limbah industri sehingga jauh dari aktivitas masyarakat.

Bagaimana cara menanggulangi pencemaran air dan tanah?

  • Melakukan pengolahan limbah dengan benar.
  • Menggunakan bahan – bahan yang ramah lingkungan.
  • Tidak membuang sampah di sungai atau sumber air lainnya.
  • Menggunakan detergen yang ramah lingkungan.
  • Rutin melakukan upaya pembersihan sumber air.
  • Menanam pohon di setiap lahan yang tersedia.

Mengapa pencemaran tanah berdampak buruk pada makhluk hidup?

Dampak Pencemaran Tanah

Tanah sangat mudah mendapatkan perubahan kandungan kimiawi kemudian struktur di dalamnya sekalipun. Perubahan kandungan kimia pada tanah akan mengakibatkan perubahan metabolisme pada organisme yang hidup di dalam tanah. Akibatnya bisa menyebabkan putusnya rantai makanan.