Peran Penting Vibrating Screen Pada Pabrik Kelapa Sawit – Mesin PKS

Industri,

alwepo, Vibrating Screen, Ayakan Getar atau Vibrating screen Pabrik kelapa Sawit berfungsi untuk memisahkan solid / padatan yang terkandung dalam minyak kasar ( crude oil) dengan cara di ayak/di getar pada media saringan dengan ukuran mesh tertentu (disesuaikan dengan kebutuhan). Pada umumnya, pemakaian mesin vibrating screen pabrik sawit (vibrating screen palm oil mill) / ayakan getar sawit ini di pasang sebelum Continuous Settling Tank / CST (sebelum masuk dalam Crude Oil Tank/ Tangki Minyak Kasar) dan Proses penyaringan & pengayakan ini dibantu dengan pemberian air panas sebagai pencuci/pelarut dengan temperatur 80 °C – 90 °C.

Vibrating%2Bscreen2

 



Pengertian Vibrating Screen

Vibrating screen adalah sebuah perangkat mekanis yang dirancang untuk menyaring campuran material cair dan padatan, dengan tujuan memisahkan partikel non-minyak, seperti kotoran, serat fiber dengan ukuran yang beragam, dan pasir yang terikut dalam crude oil (minyak mentah kelapa sawit) karena partikel tersebut tidak terendapkan di dalam tangki penangkap pasir (sand trap tank). Vibrating screen bekerja dengan cara bergetar atau bergetar secara periodik, sehingga partikel-partikel padatan dipisahkan dari cairan.

Fungsi Vibrating Screen dalam Pabrik Minyak Kelapa Sawit

Berikut beberapa fungsi utama dari vibrating screen pabrik kelapa sawit:



  1. Pemisahan Non-Oil Solid (NOS): Fungsi utama dari vibrating screen dalam pabrik minyak kelapa sawit adalah memisahkan partikel non-minyak, seperti kotoran, serat fiber dengan ukuran yang beragam, dan pasir, dari crude oil. Ini sangat penting karena partikel-partikel tersebut dapat mengganggu kualitas minyak yang dihasilkan jika tidak dipisahkan.
  2. Pembersihan Pasir: Vibrating screen membantu memisahkan partikel-partikel pasir yang terikut dalam crude oil. Dengan menggunakan air panas, pemisahan pasir dapat dilakukan dengan lebih efisien, dan ini juga membantu mengurangi atau menghilangkan penyumbatan (clogging) pada vibrating screen.
  3. Pencegahan Penyumbatan pada Nozzle Sludge Centrifuges: Vibrating screen juga memiliki peran dalam menjaga agar nozzle pada sludge centrifuges (sentrifuge lumpur) tidak tersumbat. Ini adalah komponen kunci dalam proses pemisahan dan penyaringan minyak kelapa sawit. Dengan memastikan partikel-partikel padatan telah dipisahkan sebelum mencapai nozzle ini, vibrating screen membantu menjaga kinerja dari sludge centrifuges agar berjalan dengan baik.
  4. Pemilihan Ukuran Mesh: Vibrating screen dilengkapi dengan mesh (saringan) yang memiliki berbagai ukuran (misalnya, mesh 20″, mesh 40″, mesh 60″, dll). Penggunaan ukuran mesh yang sesuai dapat menjadi faktor kunci yang memengaruhi proses pemisahan di vibrating screen. Ukuran mesh yang dipilih akan mempengaruhi sejauh mana partikel dengan ukuran tertentu dapat terpisah dari cairan.

Partikel yang dipisahkan Vibrating Screen Pabrik Kelapa Sawit

Partikel yang dipisahkan pada alat ini ada 2 (dua) partikel, yaitu :

1. Pasir (sand) dan tanah

Pasir (sand) dan tanah yang bersumber dari buah sawit (yang dipanen dan jatuh ke tanah/pasir) dan terikut bersama buah sawit. Umumnya pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) telah memiliki Tangki Penangkap Pasir (Sand trap) untuk mengendapkan partikel-partikel yang mempunyai berat jenis lebih besar dari satu (BJ > 1,0). Oleh sebab waktu pengendapan/waktu retensi (retention time) sangat singkat, biasanya tidak seluruh pasir atau gumpalan tanah dapat terpisah, dan hal ini akan dilanjutkan pada proses pemisahan pada mesin vibrating screen / ayakan getar sawit ini.

2. Serat Sawit atau Ampas Sawit

Serat sawit atau ampas sawit yang terikut dalam minyak sawit harus dipisahkan dengan tujuan agar kadar kotoran (dirt) minyak sesuai dengan standard kualitas (standard MPOB Malaysia / IOPRI Indonesia)



Penambahan Tangki Penangkap Pasir (sand trap tank) diantara talang keluar minyak mesin kempa ulir (screw press sawit) dapat menambah ketahanan dan umur pakai mesin vibrating screen / ayakan getar ini, karena pasir dalam minyak mempunyai daya gesek yang tinggi pada metal , yang dapat mempercepat keausan screen pada alat vibrating screen / ayakan getar PKS.

Spesifikasi Mesin Ayakan Getar Pabrik Kelapa Sawit

Spesifikasi mesin ayakan getar (vibrating screen) yang digunakan dalam pabrik kelapa sawit adalah informasi teknis yang penting untuk menentukan kemampuan dan kinerja mesin. Contoh spesifikasi yang Anda berikan adalah untuk mesin ayakan getar merek SWECO. Di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai spesifikasi tersebut:

1. Model: MA 60 S 888

Ini adalah model spesifik dari mesin ayakan getar SWECO. Model ini akan menentukan ukuran, kapasitas, dan fitur mesin tersebut.

2. Ukuran Screen: 60 Inci Diameter

Ukuran screen mengacu pada diameter layar ayakan getar. Pada contoh yang Anda berikan, ukuran screen adalah 60 inci atau sekitar 524 mm. Ini menentukan kapasitas penyaringan dan seberapa besar partikel yang dapat dipisahkan oleh mesin.

3. Negara Asal: U.S.A (Amerika Serikat)

Ini adalah negara asal mesin, yang juga dapat mengindikasikan kualitas dan standar produksi mesin tersebut.

4. Penggerak (Vibro Motor): 2,5 kW

Mesin ini digerakkan oleh vibro motor dengan daya sebesar 2,5 kW (Kilowatt). Ini adalah daya motor yang menghasilkan getaran yang diperlukan untuk pemisahan material di dalam vibrating screen.

Merek Vibrating Screen Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Berikut adalah beberapa merek terkemuka yang umumnya digunakan dalam pabrik kelapa sawit:

1. AMKCO (American Screen Corporation)

AMKCO adalah produsen yang cukup terkenal dalam pembuatan vibrating screen, khususnya untuk industri minyak kelapa sawit. Mereka menyediakan berbagai model dan ukuran vibrating screen yang sesuai untuk pemisahan material berdasarkan ukuran dan karakteristiknya.

2. SWECO

SWECO adalah perusahaan global yang memproduksi berbagai jenis peralatan pemisahan dan penyaringan, termasuk vibrating screen. Produk mereka digunakan dalam berbagai industri, termasuk industri minyak kelapa sawit.

3. Russell Finex

Russell Finex adalah produsen mesin penyaringan dan pemisahan yang menyediakan vibrating screen yang digunakan dalam pabrik kelapa sawit dan industri lainnya. Mereka menawarkan berbagai solusi pemisahan.

4. Merrick Industries

Merrick Industries adalah perusahaan yang memproduksi berbagai peralatan pengukuran dan pemantauan industri, termasuk vibrating screen yang digunakan dalam pemisahan material di berbagai industri, termasuk pabrik kelapa sawit.

5. Midwestern Industries

Midwestern Industries adalah produsen berbagai peralatan pemisahan, termasuk vibrating screen. Produk mereka digunakan dalam pemrosesan minyak kelapa sawit dan industri lainnya.

6. VibraScreener

VibraScreener adalah produsen yang mengkhususkan diri dalam mesin pemisahan dan penyaringan, termasuk vibrating screen. Mereka menawarkan berbagai model untuk aplikasi berbeda, termasuk di industri minyak kelapa sawit.

7. Schenck Process

Schenck Process adalah perusahaan global yang memproduksi berbagai jenis peralatan industri, termasuk vibrating screen untuk berbagai aplikasi industri, termasuk pabrik kelapa sawit.

Demikianlah artikel tentang vibrating screen pabrik kelapa sawit. Semoga Bermanfaat!

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com