Tips Perawatan Sump Pump

Industri, Pompa,

Tips Perawatan Sump Pump atau Submersible Pump

Sump Pump

Pompa celup atau Sumbmersible Pump atau sump pump adalah alat untuk membantu anda mengeluarkan air dari ruang bawah tanah atau dari kedalaman. Terkadang selokan atau parit yang susah di jangkau memerlukan alat bantu untu mengeluarkan air tersebut. Oleh karena itu, pemilihan sump pump sangatlah tepat.

Pomp aini sanagt di perlukan terutama Ketika musim penghujan, namun penggunaan pompa bukan hanya pada sector rumah tangga saja namun pada sector industry juga banyak di gunakan dan di manfaatkan.

Perawatan pompa sump pada sector perumahan akan memakan waktu tidak lebih dari sekitar 10 menit untuk diselesaikan dan namun pada sector industry perawatan pompa sangatla penting karena harga yang mahal tentu saat terjadi kerusakan juga memerlukan biaya yang cukup mahal.

 

Tips untuk perawatan pompa sump pada sector rumah tangga

Simpan penutup di atas aman

• Ini akan mencegah hewan dan anak-anak serta memastikan Anda tidak memiliki puing-puing yang jatuh ke dalam baskom.

• Penutup juga akan mengurangi bau dan penguapan

 

Periksa puing-puing

Periksa baskom/bak dari kotoran dan singkirkan yang mungkin Anda temukan sebelum mengoperasikan pompa. Kami tidak ingin ini masuk ke intake pompa sump atau sumpkan menghalangi pompa. Jadi, selalu pastikan Anda menghilangkan kotoran terlebih dahulu sebelum Anda menguji pompa.

 

Periksa Inlet pompa

Periksa layar saluran masuk pada pompa Anda bebas dari kotoran dan residu yang menumpuk, seolah-olah tersumbat ini akan mengurangi efisiensi operasional pompa sump Anda. Oleh karena itu, ini akan mengurangi volume air yang dikeluarkan pompa yang akan jauh lebih sedikit daripada yang dirancang untuk dipompa. Jika perlu bawalah selang dan cuci bagian luar pompa sump serta baskom untuk menghilangkan semua kotoran yang dapat mempengaruhi pengoperasian pompa.

Read also  Bagaimana Cara Menghitung Head Pump Pompa di Stasiun Water Treatment Pabrik Kelapa Sawit?

 

Listrik dan keamanan

Karena ada listrik dan air di dalam instalasi yang sama, Anda harus memastikan sum pump Anda terlindung dari listrik menggunakan indikator gangguan tanah (GFI). Ini akan membuat Anda tetap aman karena listrik akan tersandung jika ada kesalahan. Periksa pengoperasian ini jika ada fasilitas pengujian untuk melakukannya.

 

Routing kabel

Periksa routing kabel yang benar serta kabel dalam kondisi baik. Pastikan kabel jauh dari air sejauh mungkin. Periksa juga apakah kabel terpasang dengan benar dan tidak kendor dan dalam situasi di mana kabel dapat jatuh ke dalam bak. Ini bisa terbukti mematikan dan terjadi dalam beberapa keadaan yang jarang terjadi. Jadi periksa kabelnya sudah terpasang dan aman.

 

Periksa pipa outlet

Selalu pasang katup periksa, ini untuk menghentikan air yang dipompa di dalam outlet yang dipompa agar tidak kembali ke sump dan mengisi ulang sump setelah dipompa. Ini hanya memungkinkan air bergerak ke satu arah, yang tentu saja keluar dari sump Anda. Jika ini salah, Anda akan melihat sump Anda terisi kembali dan pompa Anda akan bekerja lebih sering.

Periksa saluran pembuangan untuk kebocoran atau kerusakan. Pastikan semuanya utuh termasuk ujung saluran pemompaan Anda. Jika Anda dapat melihat secara visual saluran yang dipompa, pastikan ujungnya bebas untuk memungkinkan air yang dipompa mengalir dengan benar.

 

Uji kelancaran pompa

Isi sump dengan air dengan sangat lambat dan amati pengoperasian pompa sump. Dengan cara ini Anda dapat melihat pengoperasian sakelar pelampung, memastikannya naik seiring dengan ketinggian air dan bergerak dengan mudah dan bebas.

 

Periksa pengoperasian sakelar apung

Setelah pelampung naik ke titik sakelar, Anda ingin mengamati pompa sump berjalan. Anda tentu saja harus mendengarkan pompa juga. Apa yang Anda dengarkan dalam hal ini adalah sambungan sakelar pelampung dan sakelar itu dibuat tanpa keraguan atau hambatan dan menjalankan pompa dengan benar. Karena sakelar pelampung dianggap sebagai salah satu titik lemah pompa sump, Anda dapat mengamatinya dalam pengujian ini dan memastikan sakelar Anda beroperasi secara normal. Jika sakelar terputus-putus atau tidak beroperasi secara normal, Anda mungkin dapat mengganti sakelar dan tidak perlu membeli pompa sump pengganti.

Read also  PERHITUNGAN UNTUK MENCARI DAYA MOTOR PADA POMPA

 

Dengarkan suara pompa

Sekarang pompa sedang berjalan Anda ingin mendengarkan pompa itu sendiri bekerja. Pastikan tidak ada suara berderit atau gerinda atau sumpkan logam pada logam. Dengan pompa sump berjalan harus ada beberapa getaran kecil, jika ada getaran yang berlebihan maka Anda harus menyelidiki ini. Getaran atau suara yang berlebihan dapat mengindikasikan bantalan atau cara kerja internal pompa mungkin aus. Dalam kasus seperti ini, mungkin yang terbaik adalah memiliki pompa sump pengganti di dekat Anda jika Anda harus mengganti pompa dengan tergesa-gesa.

 

Operasikan pompa beberapa kali

Operasikan pompa seperti ini beberapa kali hanya agar pompa beroperasi secara efisien dan juga periksa apakah pompa sump juga berhenti memompa setiap kali ketinggian air dipompa turun ke tingkat yang sesuai dan sakelar telah kembali ke posisi istirahat. Secara umum apa yang Anda lakukan adalah memeriksa siklus lengkap pompa sump untuk memeriksanya berfungsi sebagaimana mestinya ketika mungkin diperlukan.

 

Periksa operasi Katup atau valve

Dengarkan klik katup periksa juga dalam urutan operasi ini; Anda ingin mendengar katup periksa beroperasi saat pompa berhenti memompa. Katup periksa harus menutup dengan bunyi klik dan menghentikan air agar tidak kembali ke sump.

 

Poin yang perlu dipertimbangkan untuk pemeliharaan pompa sump dan instalasi pompa Anda

• Simpan penutup di tempat aman

• Periksa puing-puing

• Periksa layar pompa/ Layar saluran masuk

• Listrik dan keamanan

• Routing kabel

• Periksa pipa pembuangan Anda

• Uji air pompa Anda

• Periksa pengoperasian sakelar apung

• Dengarkan pompanya

• Operasikan pompa beberapa kali

• Periksa operasi Katup

• Ganti semua penutup dan suku cadang

Read also  Proses terjadinya pembentukan steam pada boiler

Setelah Anda puas dengan pengoperasian pompa sump Anda dan Anda telah memeriksa semua yang Anda butuhkan untuk memastikan Anda mengganti semua bagian dan penutup ke lokasi yang benar untuk pengoperasian pompa. Anda juga harus secara berkala memeriksa pompa sump Anda hanya untuk memastikan pompa itu akan ada untuk Anda kapan pun dibutuhkan.