Yuk Intip 5 Daftar Nama Pabrik Kelapa Sawit Di Kalimantan Selatan Yang Perlu Anda Tahu

Pabrik Kelapa Sawit Di Kalimantan Selatan

Pulau Kalimantan, Kalimantan Selatan juga menjadi salah satu kawasan di Indonesia yang memiliki beberapa pabrik penghasil minyak kelapa sawit. Bahkan bisa dikatakan daerah ini sebagai penghasil dan produksi atau yang dikenal dengan (CPO). Lalu apa saja daftar nama pabrik kelapa sawit di Kalimantan Selatan? Anda pun bisa menyimaknya disini!

Deretan Pabrik Skala Besar yang Berdiri di Kalimantan Selatan

1. Hasnur Group

Untuk pabrik yang pertama adalah Hasnur Group. Perusahaan satu ini tidak hanya dikenal sebagai perusahaan tambang batu bara saja. Melainkan Hasnur Group yang dimiliki oleh pengusaha asli asal Kalimantan yakni Haji Abdussalam sulaiman ini juga merupakan salah satu pemain yang cukup besar di industri perkebunan kelapa sawit.

Pada halaman resmi atau website dari perusahaan Hasnur Group sendiri, perusahaan ini memiliki memiliki usaha perkebunan kelapa sawit. Dimana perkebunan tersebut merupakan anak dari perusahaannya yang bernama PT Hasnur Citra Terpadu. Perlu anda ketahui bahwa perusahaan ini telah berdiri cukup lama, yakni di 1992.

Berlokasi di daerah Banjarmasin, PT Hasnur Citra Terpadu menjadi salah satu daftar nama Selatan yang terbilang sangat besar. Perkebunan yang mengantongi izin di tahun 2013 ini memiliki kebun yakni seluas 11 900 hektar. Bisa dibayangkan betapa besar perkebunan tanaman satu ini.

Selain itu, kiprah perusahaan di dunia kelapa sawit juga tak berhenti disitu saja. melainkan bertepatan di tahun 2013, perusahaan satu ini juga telah meresmikan pabrik crude palm oil atau CPO yang pertama di daerah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Tidak heran jika Hasnur Group bukanlah perusahaan kelapa sawit yang bisa dianggap sebelah mata.

Read also  Clarification Station

2. Golden Agri Resources

Selanjutnya, ada pula perusahaan yang memiliki perkebunan maupun yang ada di Kalimantan Selatan. Salah satunya adalah Golden Agri Resources. Termasuk dari bagian Sinar Mas Group, perusahaan ini memiliki saham yakni di Golden Agri Resources. Untuk luas perkebunannya pun tak main main, melainkan mencapai 498 ribu hektar.

Dengan area yang sangat luas tersebut tidak mengherankan perusahaan ini menjadi salah satu raksasa sawit yang ada di Kalimantan Selatan. Golden Agri Resources ternyata tidak hanya dikenal sebagai penghasil crude palm oil saja. melainkan perusahaan ini juga menjadi penghasil minyak biodiesel yang terbesar di Indonesia.

Tentunya semua hal yang dimiliki oleh Golden Agri Resources memang tak bisa dianggap remeh. Bahkan, di Kalimantan Selatan sendiri seperti yang dikutip oleh kompas.com yang mengutip Annual Report 2019, perusahaan satu ini memiliki rencana untuk meluaskan produksi biodiesel hingga mencapai 450 ribu ton per tahun yang akan selesai pada tahun 2021.

3. PTPN 13

Selanjutnya juga terdapat salah satu daftar nama pabrik kelapa sawit di Kalimantan Selatan yang memiliki kiprah cukup lama dan termasuk raksasa di produksi kelapa sawit. Perkebunan milik BUMN ini juga memiliki peranan yang besar dalam tanaman penghasil crude palm oil.

PTPN 13 atau yang juga dikenal dengan PT Perkebunan Nusantara XIII adalah salah satu BUMN yang memiliki kecenderungan untuk berfokus pada tanaman satu ini. Di daerah Kalimantan Selatan sendiri, PTPN 13 menjadi jajaran pemain besar dalam bisnis kelapa sawit.

Selain itu, di wilayah Kalimantan Selatan, perusahaan ini memang terbagi menjadi beberapa unit kerja. Diantaranya adalah seperti Kebun Pelaihari, Kebun Pamukan, Kebun Kumai, Kebun Danau Salak hingga Kebun Batucilin yang bisa anda temukan di wilayah selatan pulau Kalimantan ini.

Read also  Stasiun Perebusan Konvensional (Sterilizing Station)

Kemudian, tidak hanya berhenti pada perkebunan saja. Hal ini dikarenakan perusahaan milik BUMN tersebut juga menjadi  salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Kalimantan Selatan. Selain itu, juga PTPN 13 diketahui sebagai salah satu perusahaan yang juga menjalankan .

4. PT Smart Tbk

PT Smart Tbk menjadi salah satu daftar nama pabrik kelapa sawit di Kalimantan Selatan yang terbilang sangat besar. Pasalnya, konglomerasi bisnis dari Sinar Mas Group yakni PT Smart Tbk juga menjadi satu diantara perusahaan yang memiliki perkebunan sawit terbesar di Kalimantan Selatan.

Bagaimana tidak, untuk keseluruhan lahan perusahaan ini mempunyai perkebunan yang memiliki luas yakni sekitar 138 ribu hektar. Dimana perkebunan tersebut tersebar di berbagai macam daerah. Namun tidak hanya berhenti disitu saja, sebab perusahaan satu ini juga memiliki fasilitas berupa pabrik yang memproduksi crude palm oil hingga mencapai kapasitas yakni 4.4 juta ton dan juga produk turunan yang lain.

Kemudian, di sepanjang tahun 2019 lalu, perusahaan satu ini juga berhasil untuk membukukan penjualan hingga mencapai 36.2 triliun rupiah. Tak heran, PT Smart Tbk menjadi daftar nama pabrik kelapa sawit di Kalimantan Selatan yang terbilang raksasa dan sangat besar.

Perusahaan ini memang tercatat memiliki sekitar 47 perkebunan sawit yakni maka sebanyak 77 persen merupakan milik sendiri. Dan sisanya yakni sebanyak 23 persen adalah kebun plasnya. Dan untuk 46 persen atau setara dengan 63.832 hektar dari luas perkebunan tersebut terletak di kawasan Kalimantan.

Menurut Annual Report di tahun 2019, perusahaan satu ini, khususnya hanya di wilayah Kalimantan selatan saja memiliki fasilitas yakni berupa pabrik biodiesel. Dimana pabrik tersebut berfokus untuk pengolahan minyak kelapa sawit yang berada di daerah Tarjun, tepatnya di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Read also  Beraktivitas Berdasarkan Safety (Behavior Base Safety)

5. PT. Agro Astra Lestari Tbk

Ada pula perusahaan sawit lain yang tergolong raksasa di Kalimantan Selatan adalah PT Agro Astra Lestari Tbk. Perusahaan satu ini merupakan salah satu anak perusahaan  dari Grup Astra yang mana hasil merger dari beberapa perusahaan perkebunan. Pada Oktober 2020, perusahaan satu ini pun berhasil mencatat produksi sawit yakni sekitar 3.81 juta ton dari seluruh kebun sawit yang dimilikinya di Indonesia.

Dengan adanya pencapaian tersebut, tidak heran jika Pt Agro Astra Lestari Tbk termasuk salah satu daftar nama pabrik kelapa sawit di Kalimantan Selatan yang cukup terkenal dan besar. Kemudian, di periode yang sama pun, perusahaan ini juga berhasil untuk memproduksi crude palm oil mencapai 1.17 ton.

Perusahaan yang memiliki pabrik dan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Selatan ini juga mempunyai fasilitas pabrik pengolahan yang berada di Kalimantan Tengah dan juga Kalimantan Timur. Dengan begitu, tak mengherankan jika perusahaan ini memang merupakan pemain besar di wilayah Kalimantan.

Minyak kelapa sawit sendiri memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu, dalam perawatannya, tanaman ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dibalik itu, banyak sekali perusahaan di Indonesia yang memiliki pabrik dan juga perkebunan tersebar di wilayah negeri ini, termasuk di Kalimantan, tepatnya di wilayah selatan yang memiliki banyak raksasa perusahaan yang bergerak di bidang sawit.