Mengenal apa itu cruise control dan kegunaannya

Mengenal apa itu cruise control dan kegunaannya

alwepo.com – Saat Anda melihat fitur yang disebut di roda kemudi, apakah kamu bertanya-tanya apa fungsinya? Apa itu cruise control? Sebagai pengemudi pemula, wajar jika tidak terbiasa dan asing dengan beberapa fitur mobil yang belum pernah Anda gunakan atau lihat. salah satu fitur yang akan Anda temukan di Toyota.

Mengingat ketika berbagai Toyota dilengkapi dengan fitur ini, mari kita tentukan apa itu cruise control dan bagaimana menggunakannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

2023-toyota-gr-corolla-first-drive-review (2)

Apa itu cruise control?

Cruise control merupakan fitur mobil terbaru, sangat canggih dan mulai diterapkan di . Pasalnya, cruise control memungkinkan pengemudi untuk melepas pedal gas dan mengistirahatkan kaki sejenak tanpa harus mengatur kecepatan kendaraan dengan pedal gas.

Cruise control tidak diragukan lagi salah satu fitur yang diciptakan untuk memberikan kenyamanan berkendara. Teknologi juga telah dikembangkan dengan cruise control adaptif yang semakin canggih, yang menyesuaikan kecepatan kendaraan sesuai dengan kondisi lalu lintas.

Apalagi saat berkendara jarak jauh di jalan lurus, untuk mengurangi rasa sakit karena mengayuh terlalu lama, kamu bisa melepaskan pijakannya melalui fungsi cruise control dan membiarkan mobil melaju dengan sendirinya. Ini menyenangkan, bukan?

2 Fungsi menggunakan cruise control

Mengetahui artinya saja tidak cukup untuk membual tentang cruise control. Kamu juga harus memahami kemampuan fitur-fitur canggih ini. Fitur penggunaan cruise control selama aktivitas berkendara antara lain:

Read also  Cocok nih buat kamu, Motor Listrik Yamaha E01 keren banget

1. Buat mobil berjalan

Cruise control telah dikenal untuk menjaga mobil tetap berjalan bahkan ketika kaki Anda tidak lagi menginjak pedal gas. Istirahatkan kaki Anda, berhenti menginjak gas, dan biarkan mobil berjalan sebentar.

2. Pertahankan kecepatan Anda

Fungsi penggunaan cruise control selanjutnya adalah untuk menjaga kecepatan mobil. Anda tidak perlu khawatir tentang seberapa cepat mobil Anda melaju saat cruise control aktif. Ini karena cruise control akan beroperasi pada kecepatan yang sama seperti saat fungsi diaktifkan. Anda juga dapat menggunakan tombol res untuk mengatur batas kecepatan maksimum dan minimum.

Toyota-CHR-Hybrid_04

Cara menggunakan fungsi cruise control

Beberapa jenis mobil menawarkan cruise control yang memungkinkan pengemudi untuk menggunakannya saat mengemudi. Jika Anda masih bingung cara menggunakannya, maka Anda bisa menerapkannya dengan cara-cara berikut ini:

1. Temukan kecepatan yang tepat

Saat mengaktifkan cruise control, Anda harus menemukan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan dan memastikan kecepatan tetap dalam kisaran yang aman dan diperbolehkan. Anda dapat memeriksa rambu-rambu di sekitar jalan untuk mengetahui batas aman pada kecepatan yang diizinkan.

2. Tekan tombol cruise control

Selanjutnya, tekan tombol cruise control yang biasanya tersedia di roda kemudi. Menekan tombol menunjukkan bahwa mobil berjalan dengan cruise control dan pada kecepatan yang diinginkan.

3. Lepaskan akselerator

Setelah itu, kamu dapat mulai melepaskan throttle dan mengistirahatkan kaki Anda. Jangan khawatir, cruise control akan membantu mobil Anda mengemudi sendiri dengan aman. Anda dapat memeriksa status aktivasi fitur ini di dashboard mobil Anda, dan jika diaktifkan, lampu cruise control akan menyala.

4. Tekan tombol Cancle

Setelah selesai, klik tombol batal atau tekan tombol cruise control lagi untuk mematikan fitur. Saat dinonaktifkan, mobil akan berjalan secara manual kembali dan Anda dapat berkendara dengan normal seperti biasa.

Read also  Menghitung Steam Consumptions (SSC) Turbin

Tindakan pencegahan saat menggunakan cruise control

Cruise control di dalam mobil memang bisa sangat menguntungkan, terutama bagi pengemudi.

1. Kondisi jalan

Sebelum mengaktifkan cruise control, pastikan kamu memperhatikan jalan di sekitarnya. Cruise control tersedia pada tipe jalan raya, memungkinkan mobil melaju ke depan dengan kecepatan yang sama. Hindari penggunaan cruise control di jalan menanjak, berkelok-kelok dan licin karena bisa berbahaya dan berisiko kehilangan kendali.

2. Situasi pengemudi

Seperti disebutkan sebelumnya, cruise control hanya untuk mengistirahatkan kaki, bukan seluruh tubuh. Jadi pastikan Anda dalam kondisi terbaik saat berkendara agar tetap fokus dan bisa berkendara dengan aman. Jika Anda lelah, sebaiknya berhenti dulu dan biarkan tubuh Anda beristirahat sejenak.

3. Batas kecepatan aman

Ketersediaan cruise control tidak dimaksudkan untuk membiarkan pengemudi mengabaikan batas kecepatan yang aman. Kamu harus tetap mengutamakan berkendara dengan tetap berkendara pada batas kecepatan yang telah ditentukan. Hindari mengemudi dengan kecepatan tinggi karena sangat berbahaya bagi pengemudi, penumpang dan pengemudi lainnya.

Nah, apakah penjelasan di atas cukup untuk menjawab pertanyaan kamu tentang apa itu cruise control? kamu dapat memanfaatkan fitur ini, tetapi penting untuk diingat bahwa keselamatan berkendara adalah prioritas. Tidak disarankan untuk menggunakan fungsi ini pada kecepatan tinggi.

Mengaktifkan cruise control lanjutan tidak berarti kamu di luar kendali. Seperti disebutkan, fitur ini hanya digunakan untuk menjaga kecepatan tetap stabil. Jadi pastikan Anda tetap fokus dan memperhatikan kondisi jalan.