PT Sumitomo Indonesia

pt sumitomo indonesia

Halo sobat alwepo, setelah sebelumnya kami membahas Green Pramuka Square Mall, kali ini kami akan membahas tentang PT Sumitomo, terutama PT Sumitomo Indonesia. PT Sumitomo Indonesia adalah anak perusahaan dari Sumitomo Corporation Jepang. Berpusat di Jakarta, PT Sumitomo Indonesia telah berkembang menjadi perusahaan bisnis yang terintegrasi dengan perekonomian Indonesia sejak tahun 1999. Fungsi inti dari aktivitas perdagangan perusahaan adalah menangani beraneka ragam rangkaian produk dari berbagai sektor perdagangan melalui lima unit bisnis inti perusahaan. PT Sumitomo Indonesia adalah salah satu dari perusahaan perdagangan terkemuka (dikenal dengan sebutan “”).

Tentang PT Sumitomo Indonesia

PT Sumitomo Indonesia adalah perusahaan perdagangan (dikenal dengan sebutan “Sogo Shosha”) yang didirikan pada tahun 1999. Di Indonesia, terdapat beberapa grup perusahaan dari Sumitomo Corporation di mana salah satunya adalah PT Sumitomo Indonesia. PT Sumitomo Indonesia mengelola lima unit bisnis yang terdiri dari produk logam, sistem transportasi dan , lingkungan dan infrastruktur, barang dan jasa terkait media, jaringan, dan gaya hidup, serta sumber daya mineral, energi, kimia, dan produk elektronik.

PT Sumitomo Indonesia senantiasa berupaya untuk memberikan produk-produk berkualitas tertinggi dan menyediakan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen, domestik maupun internasional. Dengan memandang masyarakat sebagai mitra dan aset yang berharga, PT Sumitomo Indonesia mengukuhkan diri sebagai satu bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia.

pt sumitomo indonesia

Saat ini PT Sumitomo Indonesia memperkerjakan sekitar 170 orang karyawan. Kantor berpusat di Jakarta dengan kantor cabang di Surabaya. Di samping itu, PT Sumitomo Indonesia merupakan bagian dari Sumitomo Corporation Group yang berpusat di Jepang, yang memiliki jaringan global yang terdiri dari anak-anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha. Oleh karena itu, PT Sumitomo Indonesia juga didukung oleh jaringan global Sumitomo Corporation Group yang terintegrasi, terdiri atas lebih dari 800 perusahaan yang terletak di 133 lokasi di 67 negara.

Jaringan global dalam Sumitomo Corporation Group yang terintegrasi tersebut dikenal dengan sebutan “Integrated Corporate Strength”. Integrated Corporate Strength memungkinkan PT Sumitomo Indonesia mewujudkan pencapaian yang signifikan untuk menyediakan produk dan layanan bernilai tinggi.

PT Sumitomo Indonesia tumbuh bersama dengan negara Indonesia yang menjangkau inovasi, nilai baru, integritas, komitmen, dan pembangunan berkelanjutan. Bergabunglah bersama para ahli berpengetahuan dan temukan aneka ragam bisnis Sumitomo yang meliputi produk-produk baja dan tabung, bisnis terkait otomotif, perdagangan plastik dan kimia, bertransaksi dengan bisnis e-commerce dan teknologi informasi, dan berkenalan lebih jauh dengan proyek-proyek pembangkit tenaga, transportasi, dan konstruksi yang terus bertumbuh.

BISNIS

PT Sumitomo Indonesia memiliki 5 main business di seluruh Indonesia, mulai dari produk logam, transportasi, infrastruktur, bisnis media, otomotif, hingga medis dan lifestyle. Berikut daftar lini bisnis dan penjelasannya:

1. PRODUK LOGAM

Pelapisan Baja

PT Sumitomo Indonesia menyediakan berbagai macam produk baja lapis seperti Zinc Coated (GI), Zinc Aluminium Coated (GL), Colored Zinc Coated (PPGI) dan Colored Zinc Aluminium Coated (PPGL) dengan sumber utama dari Vietnam dan China.

PT Sumitomo Indonesia juga merupakan pemegang utama sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI), yang merupakan satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia, untuk beberapa produk steel coil dan sheet.

Baja Konstruksi

Departemen baja pelat & konstruksi bertujuan untuk mencapai kepuasan tertinggi pelanggan dengan menyediakan bahan berkualitas tinggi, harga terjangkau, layanan terbaik, untuk membuktikan keunggulan dalam bisnis ini.

Material dan Mesin

Besi, Batubara, Emas, Tembaga, dll adalah produk dari perusahaan pertambangan. Karena produk adalah kunci untuk setiap aspek dalam kehidupan kita, pertambangan melibatkan , keterampilan, pengalaman, dan peralatan dalam skala besar.

PT Sumitomo Indonesia memiliki pengalaman yang signifikan dalam menyediakan material yang sangat baik untuk alat berat di Indonesia, yang mendukung bisnis dan operasi perusahaan pertambangan di Indonesia dan luar negeri. PT Sumitomo Indonesia terkemuka di industri mesin dan peralatan berat, karena layanan dan kualitas yang luar biasa.

Pelat Baja Tahan Abrasi

PT Sumitomo Indonesia menyediakan material Tahan Abrasi dari Pabrik terbesar di Jepang dengan kekerasan 400.450.500 dan 600 Brinell, dan dapat digunakan pada suhu yang sangat rendah hingga -40 °C.

Material tersebut telah digunakan di industri alat berat, pertambangan, dan semen utama dengan hasil yang memuaskan. Aplikasinya adalah dump body, bucket, chute, dll.

Pelat Baja Tarik Tinggi

PT Sumitomo menyediakan material High Tensile Steel Plate dalam kisaran 540-950 N/mm². Aplikasinya adalah struktur konstruksi, bejana tekan, tangki penyimpanan minyak, jembatan & struktur alat berat, dll. Produk ini terbukti sangat baik di antara perusahaan alat berat.

BAJA KHUSUS (BATANGAN & KAWAT)

PT Sumitomo Indonesia menyediakan beragam baja khusus (specialty steel) dalam bentuk batang lingkar baja (karbon dan baja campuran) dan kawat baja (CHQ, Low Carbon dan High Carbon) dengan supplier utama dari Jepang, Korea, Taiwan, China, dan India. Konsumen utama produk baja khusus ini sebagian besar adalah pembuat dan supplier otomotif OEM Jepang.

TABUNG MEKANIK

PT Sumitomo Indonesia menyediakan tabung mekanik (mechanical tube) berkualitas tinggi untuk industri otomotif lokal (kendaraan roda dua dan roda empat). Produk tabung mekanik bervariasi mulai dari ERW (Electric Resistance Welding), Cold Drawn Tube, Tabung Mekanik tanpa Sambungan (Seamless) dengan bentuk Melingkar atau Persegi. Produk-produk hanya menggunakan material berkualitas tinggi untuk memenuhi persyaratan industri otomotif khususnya untuk komponen-komponen keselamatan. PT Sumitomo Indonesia juga berusaha untuk mendapatkan supplier terbaik, yang dapat memenuhi persyaratan konsumen dalam hal kualitas, biaya, dan pengiriman.

Read also  Lubrication System Pada Turbine

NON FEROUS

Departemen non-ferrous PT Sumitomo Indonesia berkomitmen untuk memenuhi seluruh kebutuhan konsumen akan logam, produk, dan komponen non-ferrous. Departemen non-ferrous telah berpengalaman dalam strategi penyediaan mineral seperti aluminium, kuningan, dan seng dengan memanfaatkan jaringan global terutama di wilayah Asia, dengan tetap memenuhi kebutuhan pasar Indonesia selama beberapa tahun. Departemen non-ferrous mampu memenuhi permintaan konsumen untuk proyek-proyek khusus dan proyek-proyek komersial dengan harga yang kompetitif.

Pengiriman Just In Time telah menjadi kekuatan inti bisnis, yang diterapkan untuk mendukung produksi konsumen dalam bidang elektronik, otomotif, peralatan rumah tangga, panel surya, dan lain-lain.

Saat ini, telah memperluas bisnis ke bidang perlengkapan rumah sakit dengan menyediakan Tube Assy dan Flat Panel Detector dari mitra di luar negeri kepada pembuat x-ray di Indonesia untuk proyek-proyek rumah sakit pemerintah

 

2. PRODUK PIPA

Fokus utama dari Divisi Produk Pipa adalah penyediaan beragam produk pipa termasuk pipa saluran (linepipe) dan specialty tubular untuk kebutuhan minyak, gas, petrokimia, pabrik pengilangan, boiler, dan fabrikator pengubah energi panas.

Divisi Produk Pipa PT Sumitomo Indonesia berkomitmen untuk menjadi Total Solution Provider dari produk dan jasa atas pipa berkualitas tertinggi yang memenuhi persyaratan konsumen. Perusahaan menciptakan sistem komprehensif untuk menyediakan jasa door-to-door dari pabrikan ke konsumen dengan tujuan untuk memaksimalkan kepuasan konsumen. Divisi Produk Pipa PT. Sumitomo Indonesia didukung sepenuhnya oleh Sumitomo Corporation Tubular Group. Dengan pengalaman yang panjang dan fasilitas logistik yang lengkap, siap untuk mengambil peluang apapun yang tersedia di wilayah ini.

Pipa Saluran

Melalui Divisi Produk Pipa, PT Sumitomo Indonesia menyediakan beragam produk linepipe seperti pipa seamless (SMLS), pipa Electric Resistance Welded (HF-ERW), dan pipa Submerged Arc Welding (SAW). Sebagian besar produk pipa saluran diproduksi di Jepang menggunakan teknologi terkemuka dengan penelitian dan pengalaman selama bertahun-tahun.

Departemen ini juga menyediakan pipa baja struktural melalui program penyediaan stok regional untuk Instalasi Pengadaan Permesinan dan kontraktor konstruksi atau Engineering Procurement Installation and Construction Contractors (EPIC).

PT Sumitomo juga menyediakan jasa pelapisan (coating) dengan menggunakan jasa kontraktor pelapisan terbaik yang memenuhi persyaratan konsumen.

Specialty Tubular

Divisi Produk Pipa juga menyediakan berbagai jenis speciality tubular dengan beragam tingkatan, seperti pipa anti karat (stainless), pipa duplex, dan pipa berbahan campuran tinggi, yang semuanya dibuat di Jepang untuk menjamin kualitas produk terbaik. Produk speciality tubular telah digunakan oleh perusahaan permesinan, boiler dan fabrikator pengubah energi panas, serta pabrikan alat berat termasuk pabrik-pabrik petrokimia dari perusahaan-perusahaan minyak dan gas berskala besar.

2. SISTEM TRANSPORTASI DAN KONSTRUKSI

pt sumitomo indonesia

PERALATAN KONSTRUKSI

PT Sumitomo bergerak dalam bidang perdagangan beragam peralatan untuk penanganan material (forklift, towing tractor, dan lain-lain), generator listrik, kompresor udara, konstruksi, pertambangan, dan mesin pertanian dari berbagai merek dunia ternama.

Dalam area bisnis ini, memiliki tujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen melalui perusahaan afiliasi, PT Traktor Nusantara.

Jaringan layanan PT Traktor Nusantara tersedia di seluruh wilayah Indonesia dengan memberikan dukungan layanan yang baik dan cepat kepada konsumen.

PT Traktor Nusantara menyediakan beragam layanan seperti penjualan, kontrak jangka panjang, penyewaan jangka pendek, dan lain-lain untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.

OTOMOTIF

pt sumitomo indonesia

Sebagai respon atas pertumbuhan industri otomotif yang dinamis di Asia, Indonesia sebagai salah satu negara pabrikan otomotif dan eksportir berusaha untuk memenuhi penjualan pasar skala besar.

Departemen Otomotif PT Sumitomo Indonesia telah ikut serta dalam perdagangan internasional dengan mengekspor dan mengimpor berbagai komponen otomotif kepada para pabrikan OEM. PT Sumitomo senantiasa berusaha keras untuk memenuhi harapan konsumen dengan menyediakan layanan yang berharga kepada para konsumen dan berupaya untuk berkembang dan tumbuh bersama mereka sebagai mitra bisnis yang dapat diandalkan.

Antusias untuk menjadi yang terbaik di antara yang baik, PT Sumitomo Indonesia menyediakan beragam solusi untuk memenuhi permintaan pabrikan dan konsumen yang terus berkembang. Selain itu, perushaan menawarkan layanan rantai pasokan secara menyeluruh untuk bisnis otomotif, seperti pengadaan dan pasokan beragam komponen.

Untuk mendukung hal tersebut, divisi otomotif memadukan bisnisnya dengan pencarian sumber dan logistik untuk meraih kepuasan konsumen. Selain itu, PT Sumitomo Indonesia tak hanya ikut serta dalam layanan impor dan ekspor sederhana tetapi juga memperkenalkan penyedia luar negeri atau pengguna dan menghasilkan beberapa layanan logistik seperti distribusi part otomotif secara just in time kepada klien.

Ekspor dan Impor Kendaraan CBU

PT Sumitomo Indonesia menyediakan layanan ekspor dan impor kendaraan dalam bentuk Completely Built-Up (CBU) ke Asia Tenggara, dan bekerja sama dengan klien atau pabrikan kendaraan bermotor baik di dalam maupun di luar negeri dengan menggunakan jaringan logistik global perushaan.

Ekspor dan Impor Suku cadang untuk Produksi Mobil

PT Sumitomo Indonesia juga melayani ekspor dan impor suku cadang untuk mobil berpenumpang ke pabrikan mobil luar negeri. Sejak tahun 2002, selain memfasilitasi layanan tersebut, rantai pasokan juga menyertakan koordinasi logistik total yang melibatkan pemesanan, pengiriman, proses impor, pergudangan, dan pengiriman secara just in time kepada para konsumen. Pada tahun 2009, bekerjasama dengan Sumitomo Corporation Group di luar negeri, mengekspor dan mengirimkan komponen ke luar negeri secara JIT kepada pabrikan OEM. Fungsi nilai tambah terbesar untuk proyek adalah fungsi logistik yang berkontribusi terhadap pendapatan utama.

Bisnis Ban

Selain ban-ban untuk kendaraan umum, PT Sumitomo Indonesia juga menyediakan ban untuk kendaraan transportasi pertambangan seperti ban truk angkutan material. PT Sumitomo menyediakan ban-ban berukuran besar merek ternama dunia untuk truk angkutan material di salah satu perusahaan pertambangan emas-tembaga terbesar di dunia. Perusahaan telah diberi kepercayaan untuk menyediakan ban secara terus-menerus demi mendukung kelancaran transportasi proyek pertambangan.

Read also  Vibrating Screen Pabrik Kelapa Sawit dan Cara Setting

Layanan Logistik

Melalui hubungan yang sudah terjalin dan kuat dengan perusahaan-perusahaan logistik terkemuka, PT Sumitomo Indonesia menyediakan dukungan logistik berkualitas tinggi. Memanfaatkan jaringan global, juga mampu memperkenalkan beragam layanan logistik kepada para klien.

3. LINGKUNGAN DAN INFRASTRUKTUR

INFRASTRUKTUR SOSIAL

PT sumitomo mendukung lokasi produksi industri utama dengan menyediakan teknologi terbaru yang memenuhi kebutuhan pelanggan untuk semua fasilitas manufaktur.

Lini Bisnis:
  • Bisnis energi terbaharukan yang berfokus pada pembangkit listrik tenaga surya dan angin, dan usaha pembangkit listrik bertenaga angin
  • Bisnis terkait lingkungan seperti baterai generasi terkini dan bisnis yang terkait teknologi daur ulang
  • Bisnis infrastruktur industri seperti penyediaan fasilitas industri dan peralatannya
Tinjauan Bisnis

PT Sumitomo Indonesia berkontribusi atas peningkatan standar kehidupan dan permintaan yang muncul melalui pengenalan teknologi canggih dari Jepang yang berhubungan dengan perlindungan lingkungan dan pengembangan industri.

Perusahaan memiliki solusi di bidang udara dan ruang angkasa seperti manajemen lalu lintas udara, satelit dan teknologinya.

PT sumitomo senantiasa mengembangkan bisnis Lingkungan dan Infrastuktur Industri dengan memperkenalkan beragam teknologi unik dari Jepang yang dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah Indonesia.

PROYEK PEMBANGKIT LISTRIK

Indonesia merupakan pasar utama bagi Sumitomo Corporation Group untuk bisnis terkait pembangkit listrik. PT Sumitomo nyata dalam komitmen untuk menerangi Indonesia.

Sumitomo Corporation Group menjalankan Proyek Pembangkit Listrik tenaga panas bumi dan stasiun pembangkit listrik tenaga batu bara. Tanjung Jati B adalah salah satu komplek pembangkit listrik terbesar di Pulau Jawa dan terdiri atas 4 unit stasiun pembangkit listrik tenaga batu bara berkapasitas 660MW (total 2.640 MW). Sumitomo Corporation Group merupakan pemilik tunggal komplek pembangkit listrik ini dan telah memiliki kesepakatan kontrak dengan PLN yang merupakan pihak otoritas listrik milik pemerintah atas skema BLT (Build, Lease, and Transfer) atau Bangun, Kontrak, dan Transfer.

Selain itu, Sumitomo Corporation Group memiliki usaha patungan BOO (Build, Own, and Operate) atau Bangun, Miliki, dan Operasikan untuk dua proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi area hijau termasuk pembangunan sumber daya uap bawah tanah bersama Supreme Energy, sebuah perusahaan energi Indonesia dan ENGIE, sebuah pengembang IPP dari Perancis. Saat ini proyek-proyek tersebut sedang dalam tahap pengembangan dan proyek pertama Muara Laboh diharapkan sudah dapat mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2019. Kedua proyek ini berlokasi di Pulau Sumatra dan masing-masing mempunyai kapasitas pembangkit listrik maksimum sebesar 220 MW.

Untuk suplai perlengkapan dan kontrak EPC, Sumitomo Corporation Group telah banyak berpengalaman dalam hal stasiun listrik tenaga panas bumi, tenaga hidro, tenaga gas, dan tenaga batu bara di Indonesia. Sumitomo Corporation Group telah terlibat dalam suplai perlengkapan pembangkit listrik total sebesar 47 GW di seluruh dunia dan di Indonesia, Sumitomo Corporation Group terlibat dalam kontrak EPC berbasis full-turn-key (konstruksi penuh untuk dijual sebagai unit lengkap) termasuk suplai perlengkapannya.

LOGISTIK

Sejak tahun 1990, Sumitomo Corporation Group telah memulai bisnis logistik dan kawasan industri di Indonesia, yang menghasilkan EJIP (PT East Jakarta Industrial Park) sebagai proyek pertama bisnis kawasan industri luar negeri di Sumitomo Corporation Group. Berlokasi di Cikarang Bekasi dan saat ini memiliki sekitar 100 tenant di area seluas 320 ha.

Sejak tahun 1990, Sumitomo Corporation Group telah memulai bisnis logistik dan kawasan industri di Indonesia, yang menghasilkan EJIP (PT East Jakarta Industrial Park) sebagai proyek bisnis kawasan industri pertama di luar negeri milik Sumitomo Corporation Group. EJIP berlokasi di Cikarang, Bekasi, dan saat ini dihuni oleh 100 penyewa dalam area seluas 320 hektar.

Masih satu lini dengan EJIP, SGLI (PT Sumisho Global Logistics Indonesia) juga menyediakan layanan logistik tak hanya kepada para penyewa dalam kawasan EJIP saja tetapi juga para penyewa di kawasan industri lainnya. SGLI menyediakan solusi logistik menyeluruh, seperti ekspedisi internasional (impor & ekspor), pengurusan peti kemas, transportasi, pergudangan, hingga perusahaan manufaktur dalam area kawasan industri untuk meningkatkan efisiensi Rantai Pasokan mereka.

Saat ini, Sumitomo Corporation Group telah mendirikan perusahaan joint-venture, ISL (PT Indomobil Summit Logistics) bersama dengan Indomobil Group sebagai salah satu distributor otomotif terbesar di Indonesia. ISL menyediakan layanan Inspeksi Pra-Pengiriman atau Pre-Delivery Inspection (PDI) dan layanan nilai tambah untuk kendaraan-kendaraan yang akan didistribusikan oleh Indomobil. Kantor ISL dan pusat PDInya berlokasi di Cikampek dan ISL telah memulai kegiatan operasionalnya sejak bulan Desember 2014. ISL akan mendukung Indomobil Group dengan menyediakan fungsi Rantai Pasokan bernilai tambah tinggi.

Sebagai tambahan terhadap jaringan afiliasi yang sudah ada di atas, Sumitomo Corporation Group dan PT Sumitomo Indonesia terus mencari lebih banyak peluang yang melibatkan bidang bisnis logistik di Indonesia, dengan berkontribusi pada pengembangan Rantai Pasokan di Indonesia melalui peluang-peluang bisnis logistik.

4. BISNIS MEDIA, ICT, GAYA HIDUP DAN RITEL

Bisnis representatif Sumitomo Corporation Group dalam bidang ini adalah operasional TV Kabel (Jupiter Telecom, J:COM), bisnis program penyiaran, bisnis belanja dari rumah via TV (Shop Channel), supermarket (Summit), apotek (Tomod’s), situs belanja online (Soukai Drug), operator telekomunikasi seluler (MobiCom, MPT), distribusi perangkat seluler dan bisnis Gift Card (T-Gaia), permodalan usaha (Sumitomo Corporation Equity Asia, Presidio Ventures), bisnis integrasi sistem (SCSK), dan lain-lain.

Di Indonesia, departemen bertanggung jawab atas pengembangan bisnis baru dan investasi usaha baru dalam bidang-bidang yang disebutkan di atas untuk mendukung lini bisnis terkait atau anak perusahaan Sumitomo Corporation. Sebagai tambahan berkenaan hal di atas, PT Sumitomo Indonesia memiliki sebagian kepemilikan atas monotaro.id, salah satu perusahaan situs belanja business-to-business (B2B) terkemuka di bidang Pemeliharaan, Perbaikan dan Operasional, yang disebut MRO, berkategori pantry dan keperluan kantor di Indonesia, bersama dengan Monotaro Co., Ltd. dan tim Sumitomo Tokyo. Pada bulan Agustus 2016, MonotaRO Co., Ltd. telah memiliki mayoritas saham perusahaan.

PANGAN

Dalam bidang pangan, PT Sumitomo Indonesia memasarkan beragam jenis produk pertanian dan pangan termasuk produk biji-bijian, gula, pisang, ayam, tepung, tepung pra-campuran, dan makanan laut, dengan menempatkan keselamatan dan keamanan pelanggan sebagai prioritas tertinggi.

REAL ESTATE

Pada tahun 1985, Sumitomo Corporation Group (PT Summitmas Property/Summitmas I, II) membangun sebuah gedung yang dibanggakan dari sisi keamanan, rancangan lantai efisien, dan berbagai fungsi termodern lainnya di Jakarta.

Gedung modern ini banyak menarik minat perusahaan luar negeri sebagai lokasi kantor cabangnya di Indonesia. PT Summitmas Property telah berhasil mempertahankan kepuasan mereka.

Mengawal pertumbuhan ekonomi dan permintaan properti komersial yang terus meningkat di Jakarta, PT Summitmas Property membangun sebuah gedung perkantoran kedua di samping gedung yang pertama pada tahun 1992. Berdasarkan keberhasilan yang telah dicapai, ditandai dengan tingkat hunian 100%, gedung yang ketiga sedang dalam perencanaan untuk dibangun.

Sumitomo Corporation Group akan terus mencari peluang dalam pembangunan properti rumah tinggal untuk memenuhi permintaan kelas menengah yang jumlahnya terus meningkat di Indonesia, serta memperluas bisnis gedung komersial yang sudah ada dengan memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki tentang bagaimana mengelola properti di Indonesia.

PRODUK UMUM

Bisnis PT Sumitomo Indonesia dalam Produk-produk Umum meliputi film selofan (cellophane film), kertas, bahan bakar Biomassa, dan semen.

Dalam bidang film selofan, menjadi salah satu penyedia utama di pasar Indonesia. Sedangkan untuk bisnis bahan bakar Biomassa, melalui kerjasama dengan tim bisnis Biomassa Sumitomo Corporation, menangani berbagai jenis bahan bakar seperti Palm Kernel Shell (PKS). Bahan bakar biomassa seperti ini digunakan oleh stasiun-stasiun pembangkit tenaga biomassa Sumitomo Corporation Group dan konsumen-konsumen besar lainnya.

TEKSTIL

Didukung oleh Sumitomo Corporation Group, PT Sumitomo Indonesia menyediakan berbagai jenis produk termasuk penyediaan bahan-bahan tekstil, seragam industri, seragam kerja, dan produk-produk terkait busana melalui jaringan yang luas berdasarkan kredibilitas dan bukti nyata yang telah berhasil dibangun dalam jangka waktu yang lama.

5. SUMBER DAYA MINERAL, ENERGI, KIMIA DAN ELEKTRONIK

Dalam bidang sumber daya mineral dan energi, kegiatan perdagangan PT Sumitomo Indonesia meliputi area seperti batu bara, produk karbon, bijih besi, dan bahan baku besi.

Sumitomo Corporation (SC) Group telah membentuk kerjasama strategis dengan perusahaan-perusahaan tambang besar. Di wilayah Asia Tenggara dan Oseania, SC Group memegang hak pertambangan dan mengoperasikan pertambangan tembaga dan pertambangan batu bara. SC Group menyuplai secara total 40 juta ton gabungan batu bara metalurgi dan steaming per tahun melalui usaha joint-venturenya. Portofolio SC Group telah diperluas secara bertahap. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang luas, SC Group terus mencari peluang-peluang investasi masa depan dalam sumber daya baru dan mengembangkan sumber suplai batu bara baru di Asia. Sementara itu, dalam bidang perdagangan minyak, SC Group bekerja secara erat bersama grup perusahaannya, Petro Summit Pte. Ltd., untuk menyediakan berbagai jenis produk minyak bumi.

PLASTIK

Bisnis Departemen Plastik PT Sumitomo Indonesia telah beroperasi sejak tahun 1984 dan berhasil menjadi salah satu penyedia utama plastik resin impor terbesar di Indonesia.

Pada awalnya, departemen plastik memulai operasinya di Jakarta, Surabaya dan Medan. Bisnis tersebut berhasil meraih sukses signifikan dengan penjualan total tahunan sebesar 10.000 metrik ton PP dan PE.

Pada awal tahun 2000, departemen plastik mulai menjalankan transaksi bisnis dengan mengikutsertakan penyedia lokal. Saat ini, departemen plastik mampu menangani kuantitas resin plastik sekitar 156 kilo ton per tahun. Total penjualan tahunan terdiri atas 60% PP, 30% PE, dan 10% produk plastik lainnya seperti Polycarbonate (PC), PVC PasteAcrylonitrile butadiene styrene (ABS), Acrylonitrile styrene acrylate (ASA), Polyamide 6/Polyamide 66, karet, dan aditif kimia.

Saat ini, sumber resin plastik  berasal dari manufaktur plastik lokal Indonesia, Asia Tenggara, Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, negara-negara Eropa, dan Timur Tengah dengan beragam konsumen bisnis dan pengguna akhir yang mempunyai produk-produk seperti alat tulis, makanan dan minuman, otomotif, peralatan rumah tangga, film dan pengemasan, dan industri otomatisasi perkantoran.

Departemen Plastik PT Sumitomo Indonesia juga didukung oleh fasilitas pergudangan di Sumisho Global Logistics Indonesia (SGLI).

KIMIA

Departemen Kimia PT Sumitomo Indonesia dibagi menjadi 3 sub unit bisnis: Organik, Anorganik dan Lainnya, dan Ilmu Pengetahuan Hidup.

Sub unit bisnis Organik PT Sumitomo Indonesia telah menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dari beragam industri dan manufaktur seperti misalnya Petroleum & Petrokimia, Manufaktur Cat dan Lem, Manufaktur Tinta, Deterjen, Polyolefin, dan Karet Sintetis. Rangkaian produknya di antaranya adalah Styrene Monomer, Liquid Alkyl Benzene, Solvents, Olefin, Aromatic, dan Petroleum.

Sub unit bisnis Anorganik dan Lainnya juga menjalankan Industri Bisnis yang berbeda seperti Tawas (Polyaluminum Chloride), Pabrik Kaca (Kaca Datar & Barang Pecah Belah), Konstruksi Filler Atap , Keramik, Aditif Kimia, Penyediaan Kimia Performa dan Kegiatan Rantai Suplai. Sejak tahun 2002, sub unit bisnis ini telah menyuplai Hydrate dari Australia, dengan pengaplikasian 80% untuk bahan kimia pengolahan air (Tawas & PAC) dan 20% untuk aplikasi lainnya, di mana pangsa pasar domestik Tawas secara luar biasa mencapai 20% di Indonesia. Sejalan dengan perkembangan bisnis ini, telah membangun dua gudang seluas 4.000 m2 di Jakarta dan 3.000 m2 di Surabaya.

Sub unit bisnis Ilmu Pengetahuan Hidup fokus pada suplai bahan mentah untuk Kimia Pertanian dan Farmasi. Sumitomo Corporation Group memiliki jaringan yang kuat pada area penting dalam pasar farmasi, dan memiliki lebih dari 200 staff berpengalaman yang ditempatkan secara strategis. PT Sumitomo Indonesia tak hanya mempertahankan suplai yang stabil, sebagai bagian dari komitmennya dalam menyediakan layanan manajemen rantai suplai terbaik, tetapi juga menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi.

 

Penutup

PT Sumitomo Indonesia merupakan salah satu perusahaan multi Internasional yang bergerak dalam berbagai jenis Industri dan bisnis. Selama 20 tahun kiprahnya di tanah air telah banyak membantu masyarakat Indonesia untuk meniti karir ataupun bekerja di perusahaan tersebut. Dengan visi dan misi perusahaan tentu kedepan PT Sumitomo akan terus meningkatkan kinerja bisnis dan industri untuk kesejahteraan yang di harapkan.