Apa Yang Di Dengan Daya dan Bagaimana Menghitung Daya

Daya (Power) – Kita sering mendengan tetnang daya, baik di lingkungan akademi maupun dalam kehidupan sehari-hari. Namun untuk di ketahui daya merupakan kemampuan kita dalam melakukan suatu kegiatan. Tetapi ketika kita berbicara fisika maka kita akan di hadapkan dengan rumus.

Pengertian Daya (Power)

Pengertian Daya menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah kemampuan melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak. Dalam ilmu fisika, yang digunakan tiap waktu. Dalam satuan SI, satuan daya adalah Joule/sekon atau Watt untuk menghormati penemu uap pada abad ke-18 yaitu James Watt. Selain itu, dalam mechanical engineering satuan daya yang sering digunakan selain watt yakni Daya Kuda atau Horse Power (hp), yang dimana 1 hp = 746 Watt. Daya adalah besaran skalar (besaran yang mempunyai nilai tetapi tidak mempunyai arah).

Dikutip wikipedia, Daya merupakan jumlah usaha yang dilakukan tiap satu satuan waktu.[1] Satuan yang digunakan untuk menyatakan daya yaitu Joule per detik atau Watt. [2] Penamaan ini untuk menghormati James Watt, penemu mesin uap abad ke-18 Masehi. Daya adalah besaran skalar. Dalam fisika, daya adalah kecepatan dalam melakukan kerja. Daya sama dengan jumlah energi yang diperlukan per satuan waktu.

Apa Yang Di Dengan Daya dan Bagaimana Menghitung Daya

Rumus dan Satuan Daya

Daya dapat disimbolkan dengan persamaan seperti berikut ini: P = W / t

Keterangan P = daya (Watt) W = usaha (Joule) t = waktu (sekon)

Dilihat dari persamaan di atas, maka dapat kita ubah rumusnya menjadi beberapa rumus turunan, yakni:

P = (F.s) / t

P = F . v

Keterangan

F = (Satuannya Newton [ N ] )

s = Jarak (satuannya Meter [ m ] )

v = Kecepatan (satuannya Meter / Sekon [ m/s ] )

Hasil tersebut dapat kita peroleh sebab Rumus Usaha (W) = Gaya (F), dikali dengan Jarak (s), dibagi dengan Waktu (t), serta Rumus Kecepata (v) = jarak (s) dan dibagi waktu (t).

Daya dan torsi memiliki hubungan yang sangat dekat. Hubungan mereka berbanding lurus. Berikut ini adalah contoh perhitungan sederhana untuk mencari daya jika diketahui torsi dan rpmnya pada bukaan gas (baca: kecepatan) penuh.

Soal:

Pada kecepatan penuh (throttle gas terbuka penuh), mesin mobil empat silinder menghasilkan torsi 149 ft.lb pada kecepatan 3600 rpm. Dalam satuan hp, berapa daya yang dihasilkan engine?

Jawab:
Kita dapat menggunakan Persamaan (P = Tω) untuk mendapatkan output daya sesaat mesin. Sebagai langkah awal, kecepatan rotasi terlebih dahulu harus diubah menjadi satuan rad/s yang konsisten dengan menerapkan faktor konversi 1 rpm = 0.1047 rad/s

 

Kecepatan engine dalam satuan rad/s adalah

image 16

Daya yang dihasilkan oleh engine adalah

image 17

Di sini kita menghilangkan satuan radian dalam term kecepatan sudut karena tidak berdimensi. Meskipun (ft.lb)/s adalah dimensi yang dapat diterima untuk daya di USCS, satuan turunan tenaga kuda lebih konvensional ketika menyatakan daya dalam mesin dan aplikasi otomotif. Di langkah terakhir, kami menerapkan faktor konversi (1 ft.lb/s = 1,818 x 10-3 hp):

image 18

 

Nilai ini khas untuk daya maksimum yang dapat dihasilkan oleh mesin otomotif. Namun, dalam situasi mengemudi normal, output daya mesin jauh lebih sedikit dan akan ditentukan oleh pengaturan throttle, kecepatan engine, dan torsi yang ditransfer ke transmisi. P = 102,1 hp