Fungsi Kapasitor Pompa Air dan Cara Pemasangannya

Kapasitor Pompa Air

Fungsi Kapasitor Pompa Air

Pompa air sendiri memiliki berbagai jenis pompa, baik untuk pompa yang di gunakan untuk skala rumah tangga maupun untuk poma industri. Pada perangkat elektronik rumah tangga yang sering digunakan khususnya yang memiliki dinamo atau motor listrik sangat umum memiliki kapasitor agar bisa berfungsi dengan normal. Pada artikel ini Anda dapat menemukan fungsi kapasitor pada pompa air, harga kapasitor pompa air beserta fungsi dan cara mengganti kapasitor apabila terjadi kerusakan. Secara umum kapasitor pada pompa air yang kecil hanya ada 1 buah saja, sedang untuk pompa air dengan ukuran yang besar kemungkinan ada pula yang ada 2 biji kapasitor yang memiliki arti 1 buah sebagai kapasitor start (Capacitor Start) dan satu lagi sebagai kapasitor running (Capacitor Run), berikut di bawah ini keterangan detil-nya:
Kapasitor Pompa

 

 

a. Fungsi Kapasitor Sebagai Kapasitor Start

Untuk membantu putaran awal saat pompa pertama kali dinyalakan, perlunya kapasitor ini karena torsi putaran awal dinamo dengan supply listrik arus AC yang cukup besar sehingga tenaga dari jala listrik PLN saja tidak cukup. Oleh karena itu kapasitor pada pompa air dipasang pada bagian coil start gulungan dinamo pompa air. Jika tidak ada kapasitor start atau kondisi kapasitor sudah dalam keadaan rusak pada pompa air maka dinamo hanya akan berdengung saja karena tidak cukup tenaga untuk memutar motor listrik. Untuk itulah fungsi kapasitor pada pompa air digunakan.

 

b. Fungsi Kapasitor Sebagai Kapasitor Run

Selain sebagai kapasitor start, pada beberapa pompa air juga terdapat kapasitor running (capacitor running), fungsi kapasitor pada pompa air sebagai kapasitor running pada pompa air adalah agar putaran dinamo menjadi lebih halus sekaligus lebih bertenaga. Kapasitor Run biasanya memiliki nilai kapasitas yang lebih rendah dari kapasitor start dan biasanya bukan dari jenis kapasitor elektrolit. Jika terdapat kerusakan pada run kapasitor maka harus diganti dengan nilai yang sesuai karena jika kapasitansi terlalu tinggi akan menyebabkan pergeseran fasa tidak sempurna.
Jika kapasitor Run terlalu tinggi, maka akan menyebabkan pergeseran fasa kurang dari seharusnya, arus yang mengalir ke dinamo akan terlalu besar dan menyebabkan dinamo overheat.
Sebaliknya jika kapasitor Run terlalu rendah akan menyebabkan pergeseran fasa menjadi lebih besar, arus ke dinamo menjadi kurang yang menyebabkan performa dinamo pompa air menurun dan suara pompa menjadi kasar.

 

Read also  Penyebab terjadinya kerusakan pada Power Generator (Turbine)

Kerusakan Kapasitor Pompa Air

Seiring digunakannya pompa air, lambat laun pasti akan terdapat penurunan kinerja dari kapasitor misalnya saja tidak dapat menyimpan arus listrik lagi dikarenakan cairan elektrolit yang sudah mengering jika kebetulan menggunakan jenis kapasitor elektrolit, hal ini akan berakibat pada pompa air yang tidak mau berputar. Ciri kerusakan kapasitor start yang sudah lemah seperti ini adalah dalam kondisi ini dinamo masih bisa dihidupkan tetapi dibantu dengan bantuan tangan untuk memutar nya.

 

Diantara oenyebab pompa air melemah atau tidak bisa berfungsi dengan baik yaitu kapasitor pompa air mengalami kerusakan. Sering di jumpai ada 2 jenis kerusakan kapasitor pompa air yaitu kapasitor yang mulai melemah dan kapasitor yang sudah erbakar biasanya sering kita lihat kapasitornya sudah meleleh. Tanda – tanda dari kapasitor pompa air yang sudah mulai melemah yaitu mesin hanya mengeluarkan suara mendengung tetapi tidak berputar, ketika kabel mesin pompa air dicolokan ke listrik. Sedangkan untuk kerusakan kapasitor terbakar, maka mesin pompa air tidak akan bisa hidup sama sekali.

 

Seperti kita ketahui fungsi dari kapasitor pada pompa air sebagai peningkat daya dinamo mesin pompa air ketika proses awal menghidupkan pompa air. Setelah pompa air menyala, maka kapasitor tersebut akan otomatis terputus. Dalam beberapa kondisi pada pompa air, yang sering terjadi yaitu kapasitor pompa air tidak berfungsi. Hal ini sering disebabkan oleh suhu panas yang berasal dari dinamo penggerak pompa air.
Multitester

 

 

Untuk mengetahui kapasitor pompa air yang masih berfungsi atau tidak, dapat menggunakan multitester untuk mengeceknya. Caranya yaitu lepaskan kapasitor dari mesin pompa air. Kemudian setting multitester pada posisi ohm, lalu tempelkan kedua ujung probe pada kedua kabel kapasitor. Jika jarum multitester bergerak dan langsung kembali, maka kapasitor masih bagus (berfungsi). Tetapi jika tidak kembali atau jarum multitester tidak bergerak sama sekali, maka kapasitor tersebut telah rusak. Jika kapasitor menglamai kerusakan, perlu diperhatikan berapa ukuran kapasitor pompa air tersebut. Sebaiknya, gantilah dengan ukuran yang sama dengan kapasitor sebelumnya. Karena jika menggunakan ukuran yang berbeda, dapat mengakibatkan kerusakan pada dinamo mesin pompa air tersebut.

 

Read also  Fibercyclone (Depericarper) (Bagian 2) Faktor yang mempengaruhi Depricarper

Ukuran Kapasitor Pompa Air

Ukuran kapasitor pada pompa air tentunya berbeda beda untuk setiap type dan sangat dipengaruhi oleh seberapa kuat daya pompa tersebut. efek mengganti kapasitor pompa air dengan yang lebih besar dimana semakin kuat daya hisap dan daya dorong pompa maka semakin besar juga dinamo serta kapasitor nya, baik untuk kapasitor start maupun kapasitor run. Misalnya saja pada kapasitor jet pump biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar. Untuk membedakan yang mana kapasitor start atau mana yang running jika pada pompa air terdapat 2 kapasitor, maka ukuran kapasitor run adalah yang lebih kecil.

 

Harga Kapasitor Pompa Air

Harga kapasitor pompa air cukup terjangkau dan tidak masalah walaupun terdapat perbedaan merk misalnya kapasitor pompa air sanyo dan shimizu tidak masalah digunakan selama nilai kapasitansi dan tegangannya masih sama. Pastikan juga sebelum membeli part kapasitor kerusakan sudah diyakinkan pada bagian kapasitor supaya tidak mubazir.
Berikut beberapa contoh harga kapasitor yang bisa kita temui di beberapa digital shop seperti shopee:
Harga Kapasitor

 

Cara Memasang Kapasitor Pompa Air

Dinamo penggerak mesin pompa air rata-rata memiliki jenis gulungan 1 phase. Oleh karena itu, biasanya jalur kabel yang keluar dari dinamo mesin pompa air ada 3 jalur. Sehingga, ketika menyambung jalur kapasitor harus dilakukan dengan benar. Dan berikut merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyambung jalur kabel kapasitor pompa air.
1. Pastikan aliran listrik PLN menuju ke pompa air sudah dicabut dan amankan area sekitar pompa.
2. Buka penutup kapasitor pada pompa, biasanya bagian ini sangat mudah untuk ditemukan ditandai dengan bagian yang menonjol.
3. Sebelum melepas kapasitor yang lama usahakan untuk memperhatikan jalur kabel, untuk menghindari kesalahan pemasangan karena lupa bisa juga untuk difoto terlebih dahulu.
3. Biasanya terdapat pelindung kabel sekaligus pelindung kabel berupa selongsong/ pin, selongsong/ pin tersebut bisa dilonggarkan dengan tang lancip supaya nanti cara menyambung kabel kapasitor pompa air setelah dilakukan penggantian lebih mudah. Jika tidak ada selongsong ini bisa menggunakan selotip biasa.
4. Cara pasang kapasitor pompa air bisa bolak balik karena tidak ada polaritasnya, jika sudah diganti, maka bungkus kembali sambungan kabel dengan pelindung kabel yang tadi dilepas.
5. Mari coba kembali menyalakan pompa air.

 

Read also  Menghitung Steam Consumptions (SSC) Turbin

Tips Merawat Pompa Air

Berikut 10 tips merawat pompa agar awet dan tahan lama: 

 
1. Untuk menghindari korsleting atau masalah pada sistem kelistrikan, maka letakkan pompa air listrik di tempat teduh.
2. Berikan pelindung agar bagian pada mesin pompa terbebas dari genangan air.
3. Jangan meletakkan mesin pompa di tempat rendah atau di bawah sumber isapan air sebab apabila terendam, pompa dapat mengalami kerusakan pada mesin.
4. Hentikan penggunaan mesin pompa apabila tengah dalam kondisi kering sebab akan menyebabkan kerusakan pada motor penggerak.
5. Jangan mengoperasikan mesin pompa pada suhu ekstrem (sekitar di atas 40°C atau dibawah 5°C).
6. Pastikan mesin pompa sudah mati atau kabel telah terlepas dari stop kontak untuk penghematan listrik.
7. Jangan membungkus pompa dengan bahan yang mudah terbakar, seperti kain.
8. Jangan menciptakan banyak tikungan pada pipa agar tidak menghambat aliran air dan terhindar dari kebocoran.
9. Hindari penumpukan pada stop kontak yang terhubung dengan mesin pompa karena akan menyebabkan panas sehingga timbul kebakaran.
10. Jangan biarkan pompa dalam keadaan menyala tanpa mengeluarkan air dalam waktu yang lama.
Demikian beberpa hal tentang kapasitor pompa air, ukuran, harga dan pemasangannya serta tips merawat pompa agar awet. Semoga bermanfaat dan bisa di terapkan. Perbaikan pompa air jika memang tidak bisa memperbaiki sendiri panggilah teknisi yang memiliki kompeten di bidangnya.