Bagian Utama Mesin Bubut

bagin utama mesin bubut
Gambar oleh Ralphs_Fotos dari Pixabay

– Seperti kita ketahui, mesin bubut merupakan salah satu jenis mesin produksi paling tua dan masih banyak di pergunakan sampai dengan saat ini. Mesin bubut terdiri dari beberapa bagian pendukung utama yang membuatnya berfungsi dengan baik.

bagian utama mesin bubut
Sumber: pixabay

Bagian – Bagian Penting Pada Mesin Bubut

Sebelum menggunakan mesin bubut alangkah baiknya kita lebih dahulu mengenal bagian utama mesin bubut beserta fungsinya, Bagian-bagian mesin bubut antara lain;
1%2B%25281%2529
Bagian-bagian Mesin Bubut

1. Kepala Tetap / Headstock

Kepala tetap memiliki fungsi sebagai tempat dudukan beberapa perlengkapan pendukung pada mesin bubut, seperti cekam dan juga tuas tuas pada mesin bubut. Selain itu di dalam kepala tetap tersusun roda yang membentuk suatu sistem mekanik yang memiliki fungsi untuk mengubah kecepatan putaran spindle, arah pemakanan, dan kecepatan pemakanan atau feeding.

1%2B%25282%2529
Kepala Tetap/Headstock

Lengan penggeser roda gigi dihubungkan dengan tuas-tuas yang berada di luar kepala tetap dengan tujuan agar lebih mudah dan praktis saat akan mengubah tuas atau handle yang digunakan dalam pengoperasian mesin bubut.

2. Tuas atau Handle

Handle pada mesin bubut memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda, tuas atau handle yang berfungsi untuk mengubah kecepatan putaran mesin. Seperti terlihat dalam gambar, tuas ini dilengkapi dengan tabel yang berisi kumpulan dari kecepatan putaran spindle. Ketika kita mengubah tuas-tuas ini maka akan merubah interval kecepatan spindle pada mesin bubut. kita bisa mengatur kecepatan spindle yang dibutuhkan (tergantung bahan dan diameter) untuk membubut bahan yang akan kita bubut.

Ada tuas pada mesin bubut yang berfungsi untuk ngatur Kisar ulir sedangkan tuas yang berdekatan biasanya berfungsi untuk mengatur arah pemakanan saat kita akan membuat ulir, apakah kulit kanan atau kiri.

Read also  Tolong Bawa Aku Ke Syurga.

3. Alas Mesin atau Bed

Alas mesin ini berfungsi untuk tempat dudukan dari Eretan / carriage dan juga kepala lepas.

4. Dudukan Pahat / Tool Post

Tool post berfungsi sebagai tempat untuk memasang atau mencekam pahat bubut.

5. Eretan / Carriage

Pada mesin bubut terdapat tiga Eretan;

[1] Eretan Atas digunakan untuk pembubutan dengan kemiringan sudut tertentu, karena pada Eretan atas ini dilengkapi dengan bagian yang bisa diputar sesuai dengan sudut yang kita inginkan.
[2] Eretan Melintang yaitu Eretan yang memiliki fungsi untuk menggerakan pahat menjauhi atau mendekati sumbu senter pada mesin bubut.

[3] Eretan Memanjang yang memiliki fungsi untuk menggerakan pahat bubut dengan arah mendekati maupun menjauhi spindel mesin.

6. Poros Transportir

Poros Transportir merupakan poros berulir yang berfungsi untuk menggerakkan Eretan saat melakukan pembubutan otomatis, baik itu saat membuat ulir ataupun pembubutan rata dengan arah memanjang maupun arah melintang.

7. Poros Pembawa

Terletah dibawah poros transporter, Poros Pembawa ini adalah poros yang selalu berputar dan berfungsi untuk mendukung jalannya Eretan saat melakukan pembubutan otomatis.

8. Kepala Lepas (Tail Stock)

Kepala Lepas (Tail Stock) adalah bagian dari mesin bubut yang letaknya di sebelah kanan dan dipasang di atas alas atau meja mesin.

1%2B%25281%2529%2B%25281%2529
Kepala Lepas

Bagian ini berguna untuk tempat untuk pemasangan senter yang digunakan sebagai penumpu ujung benda kerja dan sebagai tempat/dudukan penjepit mata bor pada saat melakukan pengeboran.

9. Bak Penampung

Bak penampung berfungsi untuk menampung Tatal atau barang yang dihasilkan pembubutan benda kerja dan juga menampung coolen atau air pendingin yang dialirkan saat proses pembubutan.

10. Cekam

Cekam merupakan perlengkapan mesin bubut, Jadi bukan merupakan bagian utama dari mesin bubut namun cekam ini menjadi suatu hal yang penting dan sering digunakan saat proses pembubutan yaitu untuk mencekam benda kerja. Cekam Terpasang pada poros spindel yang berada di kepala tetap mesin bubut, cekam memiliki beberapa jenis diantaranya cekam rahang 3 dan rahang 4.

Read also  Amal Jariyahnya Kaum Milenial..???
Itulah baigian utama