SKA: Konstruksi Teleskop Terbesar Telah Dimulai

SKA: Konstruksi Teleskop Terbesar Telah Dimulai
SKA

Konstruksi Teleskop Terbesar – Pada hari Senin, sebuah proyek ilmiah besar abad ke-21 mulai dibangun. Pada tahun 2028, SKA akan menjadi radio terbesar di dunia.

Ini akan menjawab pertanyaan astrofisika terbesar di Afrika Selatan dan Australia, dengan kantor pusat di Inggris. Itu akan mencari alien dan secara tepat menguji teori Einstein.

Delapan negara proyek mengadakan upacara di Murchison shire yang terisolasi di Australia Barat dan Northern Cape Karoo di Afrika Selatan.

“Inilah saatnya menjadi nyata,” kata Prof Phil Diamond, direktur jenderal Organisasi Array Kilometer Persegi.

“Perjalanan 30 tahun. 10 tahun pertama dihabiskan untuk konseptualisasi. Pengembangan memakan waktu 10 tahun lagi. Dekade terakhir adalah tentang perencanaan yang tepat, memperoleh lokasi, membujuk negara-negara untuk setuju untuk mendirikan organisasi perjanjian (SKAO) dan menyediakan keuangan untuk memulai, ” kepada BBC News.

Teleskop awalnya akan memiliki kurang dari 200 antena parabola, atau “piring”, dan 131.000 antena dipol, yang terlihat seperti pohon Natal.

Area koleksi seluas seratus ribu meter persegi

SKA akan memeriksa objek langit dengan sensitivitas dan resolusi yang belum pernah ada sebelumnya. Ini akan beroperasi dari 50 megahertz hingga 25 gigahertz. Panjang gelombang ini adalah sentimeter hingga meter.

Ini memungkinkan teleskop untuk mendeteksi sinyal radio lemah dari sumber kosmik miliaran tahun cahaya dari Bumi, termasuk dari beberapa ratus juta tahun pertama setelah Big Bang.

SKA akan melacak seluruh sejarah hidrogen, unsur paling melimpah di alam semesta. Teleskop harus mendeteksi hidrogen sebelum awan besar itu runtuh untuk menghasilkan bintang paling awal.

Shari Breen, kepala operasi observatorium, mengatakan SKA akan berdampak pada banyak bidang astronomi.

Read also  Motor Grader: Fungsi, Jenis dan Bagian-bagiannya
The low-frequency antennas for Australia look like Christmas trees
SKA

“Semburan radio cepat” yang terdeteksi adalah salah satunya. Gadget ini menghasilkan matahari senilai satu tahun dalam sedetik. Mereka tidak diketahui. Bagaimana? SKA harus merespons.”

Teleskop sedang dibangun di situs astronomi radio. Namun, perjanjian tanah dengan petani Karoo dan pemegang hak Aborigin Murchison Wajarri Yamaji diperlukan untuk memperluas situs ini.

Peresmian SKA dilakukan komunitas Wajarri pada Senin. Upacara akan mengumumkan kontrak pengadaan. Ini akan membuat seluruh komitmen tunai menjadi kurang dari €500 juta (£430 juta) dari anggaran pembangunan €2 miliar.

Empat piringan Australia dan enam stasiun antena Afrika Selatan harus bekerja sama sebagai teleskop dasar pada tahun 2024, menandai tonggak penting pertama. Bukti prinsip ini akan meluncurkan larik.

SKA akan mengumpulkan sedikit di bawah 500.000 meter persegi pada tahun 2028. Namun, bisa meningkat menjadi satu juta meter persegi atau satu kilometer persegi. Lebih banyak negara yang bergabung dan mendanai organisasi dapat melakukan ini. Afrika Selatan, Australia, Inggris, Cina, Italia, Belanda, Portugal, dan Swiss adalah anggotanya. Negara-negara ini meratifikasi perjanjian tersebut. Prancis, Spanyol, dan Jerman telah bergabung. Kanada, India, Swedia, Korea Selatan, dan Jepang berencana untuk bergabung.

“Dan kami sebenarnya sedang dalam proses berbicara dengan negara lain juga, untuk melihat minat apa yang mungkin mereka miliki untuk bergabung dengan observatorium,” kata Prof Diamond.

SKA: Teleskop Terbesar Mulai Di bangung
SKA