Indonesia dan Baja Ringan

Baja ringan

Seperti kita ketahui bersama iklim dan geografis yang mengakibatkan tidak menentunya kondisi alam Indonesia seperti terjadinya bencana setiap tahun, yang bahkan merenggut korban yang tidak sedikit. 

 

Baja ringan

 

dan Bencana Di Indonesia

 

Salah satu bencana yang kerap kali dialami di seluruh daerah rata-rata seperti gempa, dan banjir. Gempa menjadi ancaman bagi sebagian besar penduduk Indonesia sehingga dengan kejadian gempa yang tidak pernah berhenti setiap tahunnya membuat penduduk semakin sadar akan pentingnya Baja Ringan dalam membangun hunian tempat tinggal.

 

Read also  Mengenal Lebih Dekat Merk Baja Ringan dan Harganya

Kondisi ini juga terlihat dari peningkatan penggunaan baja ringan dari tahun ke tahun. Direktur Kencana Group, Henry Setiawan mengatakan, konsumsi baja ringan secara nasional diprediksi pada tahun 2022 akan naik 20 persen.

 

“Pada tahun 2021 saja, meski pandemi konsumsi baja ringan nasional mengalami peningkatan hingga 10 persen, dan untuk tahun ini diprediksi bisa mengalami peningkatan dua kali lipatnya, atau 20 persen,” kata Henry di Surabaya, Senin 17 Januari 2022.

 

Baja Ringan dan Kayu Sebagai Material Utama

 

Harga baja ringan bisa terbilang terjangkau untuk semua kalangan, karena jika kita bandingkan harga baja ringan dan harga kayu tentunya harganya tidak terlalu jauh berbeda.

 

Ini sejalan dengan peningkatan kebutuhan akan tempat tinggal tentu membutuhkan sumber daya material untuk membangun . Sebagai contoh ketika kita membangun rumah membutuhkan rangka untuk atap ataupun tiang. 

 

Nah jika kita hanya mengandalkan penggunaan kayu saja, tentu akan berdampak lingkungan mengakibatkan semakin berkurangnya pepohonan yang dapat menyerap air sehingga mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor. Karena kita tahu sendiri usia sebuah pohon untuk siap digunakan sebagai bahan bangunan.

Read also  Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Konstruksi? Berikut Simak Jenis Dan Fungsinya

 

Penggunaan baja ringan tentu akan semakin besar dari tahun ke tahun dan ini juga harus di imbangi juga dengan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan dan pemilihan baja ringan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Sebagaimana kita ketahui, pengetahuan masyarakat Indonesia akan penggunaan baja ringan masih sangat minim sekali. 

 

Disinilah kami alwepo.com mencoba mengangkat tentang baja ringan untuk membantu mengedukasi meskipun hanya sedikit.

 

Demikian artikel tentang penggunaan baja ringan dan kayu. Semoga bisa membantu dan menambah wawasan kita serta kesadaran kita akan pentingnya hunian yang aman bagi kita semua.