Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Tabung Pompa Air (pressure tank)

Tabung pompa air atau pressure tank adalah salah satu bagian penting yang dapat meningkatkan tekanan air di rumah Anda. Dengan adanya komponen ini, air akan bekerja lebih maksimal dan dapat memastikan kebutuhan air di rumah Anda terpenuhi.

Pressure tank adalah tangki air tekan yang dilengkapi membran didalamnya. Membran terbuat dari bahan Karet Ban bagian dalam pada sepeda motor atau mobil namun memiliki ketebalan lebih besar. Tangki tekan ini dipasang pada output atau saluran keluar air dari pompa yang biasanya digunakan pada sistem pengoperasian otomatis dengan menggunakan pressure switch.

Saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk menambahkan komponen tabung udara pada pompa air untuk hasil yang maksimal. Namun sebenarnya ini bukanlah hal yang wajib dilakukan, pompa air akan tetap berjalan walaupun tidak menggunakan tabung atau tangki tersebut. Tetapi, tentu saja tekanan air yang dihasilkan tidak akan maksimal.

Pada umumnya, tabung pada pompa air (pressure tank) memiliki bahan, merk dan harga yang berbeda-beda, dan biasanya komponen ini dapat menampung hingga 19 liter air. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca pembahasan dibawah ini.

 

Pengertian Tabung Pompa Air

Pressure Tank dapat mempertahankan tekanan air dirumah Anda dan memperkecil kemungkinan . Tabung pompa air menambung beberapa liter air, sehingga ketika pompa dihidupkan air yang keluar akan lebih cepat dan tekanannya lebih kuat, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama sampai air keluar, karena sebagiannya sudah tertampung ditabung tersebut.

Dengan memperpanjang waktu antara on dan off, tabung udara tersebut membuat pompa dirumah Anda menjadi tahan lama dan mengurangi aus akibat bekerja dalam waktu yang lama, ini juga dapat menstabilkan tekanan air secara keseluruhan dirumah.

Read also  Tips Perawatan Sump Pump

 

Fungsi Tabung Pompa Air (Pressure Tank)

Perlu Anda ketahui, tabung pompa air berfungsi untuk membuat tekanan air dengan memanfaatkan udara yang berada didalam tangki tersebut. Karena adanya udara, ketika keran dibuka maka yang pertama keluar adalah air dari dalam tangki tersebut.

Ketika air didalam tabung atau tangki udara mulai berkurang karena keran dibuka, maka tekanan air pun akan berkurang, tetapi secara otomatis saklar tekanan (pressure switch) diaktifkan untuk menyalakan pompa dan kemudian mengisi ulang tabung pompa air. Dengan adanya pressure tank, pressure switch dan pompa memungkinkan air dirumah Anda mengalir dengan tekanan lebih tinggi.

Sedangkan fungsi saklar tekanan (pressure switch) adalah memantau tekanan air dalam tangki dan memberi tanda pada pompa sumur kapan harus mematikan dan kapan harus menyalakan naik atau turunnya tekanan dalam tangki. Ketika tekanan air sudah melebihi batas yang ditentukan, secara otomatis pressure switch akan mematikan pompa.

 

(Pressure Water Tank )

Tiap pompa air mempunyai kemampuan menghasilkan tekanan atau daya dorong yang berbeda-beda. Sebagai contoh kita setting pressure switch di setting pada 2 bar – pompa on (Hidup) air mengalir dan 4 bar – pompa off (mati) air berhenti.

 

1. Langkah Pertama

Pompa air pada kondisi belum di hidupkan, tekanan air di dalam pemipaan masih 0 bar. Tekanan udara didalam tangki sudah ada dari pabriknya (Tanki di isi angin dengan Tekanan standard 1,5 bar ) apabila kurang bisa ditambah sendiri dengan memompakan angin kedalam tanki sampai mecapai tekanan standard. Tekanan udara di dalam tanki akan menekan membran ( baloon ) hingga kempis.

2. Langkah Kedua

Ketika Pompa sudah mulai hidup dan tekanan air mulai menekan membran ( air masuk kedalam membran), sehingga membran akan membesar dan udara di dalam tanki akan tertekan dan tekanannya akan ikut naik. Apabila tidak ada keran yang dibuka maka tekanan air akan terus naik.

Read also  Siklus Alat/Unit di Pabrik Kelapa Sawit

3. Langkah Ketiga

Pompa terus menekan air di dalam membran hingga maksimal 4 bar dan pompa akan off (Ingat,Pressure Swich kita setting OFF di 4 tekanan max bar ) Udara di dalam tanki juga akan tertekan naik menjadi 4 bar.

4. Langkah Keempat

Setelah pada kondisi no.3 pompa dalam kondisi off, kemudian ada keran yang dibuka sehingga tekanan air akan turun menjadi 3 bar dan seterusnya. Udara bertekanan yang ada didalam tanki akan menekan air keluar dari tanki hingga tekanan terendah mencapai 2 bar. Setelah tekanan air mencapai 2 bar maka pressure switch akan menghidupkan pompa. Tekanan air akan mulai naik lagi hingga mencapai 4 bar lalu pompa akan stop. Begitulah seterusnya air dan udara di dalam tanki saling menekan.

Tabung pompa air

Apabila ada keran yang dibuka, maka tekanan air di dalam pipa akan turun. Tekanan air didalam pipa akan turun perlahan, hal ini disebabkan ada cadangan tekanan di dalam tangki, yang turut menekan air kedalam pipa. Setelah tekanan di dalam pipa dan tanki mencapai 2 bar maka pompa akan hidup, menaikan tekanan ke dalam pipa dan tanki, dan begitu seterusnya.

Kesimpulannya apabila dipasang membran tank, maka jarak pompa mati dan hidup cukup lama. Lama mati dan hidupnya pompa tergantung berapa besar volume tanki yang dipasang. Dengan mati dan hidup pompa yang cukup lama, maka grafik turun naiknya tekanan air didalam pipa akan cukup landai, sehingga tekanan air yang dirasakan pada keran akan lebih stabil.

Hal ini sangat berbeda sekali apabila tidak dipasang membran tank, pompa akan mati dan hidup cepat sekali. Garfik fluktuasi tekanan air didalam pipa akan sangat curam, sehingga fluktuasi tekanan air pada keran-keran akan sangat terasa.

Read also  Berbagai Jenis Valve dan Fungsinya

Contoh yang paling sering ditemukan pada pompa rumah tangga adalah apabila membran tank yang berada didalam tanki telah rusak / pecah sehingga air masuk kedalam tangki maka Pompa akan mati dan hidup sangat cepat sekali. Apabila pompa mati hidupnya cepat maka konsumsi listrik juga akan melonjak.
Ada sebagian orang bertanya “ Apakah pressure tank atau tanki tekan dapat menambah tekanan air atau tekanan pompa”. Jawabannya “tidak”, pressure tank hanya berfungsi sebagai cadangan tekanan yang membuat fluktuasi tekanan di dalam pipa lebih landai grafiknya.

 

Kesimpulan

Semakin besar ukuran tangki pompa tentunya tekanan air pada sumur rumah Anda akan semakin kuat. Anda juga dapat menemukan ukuran tangki yang bervariasi di toko offline ataupun online dengan harga yang berbeda-beda.

Itulah artikel singkat tentang pengertian, fungsi dan cara kerja tabung pompa air (pressure tank).