Jenis Pahat Bubut dan Fungsinya

Jenis pahat bubut

alwepo.com – Halo sobat alwepo, kali ini kita akan membahas Jenis pahat bubut yang perlu Anda ketahui mari kita simak artikel ini. Kualitas dan spesifikasi dari setiap mesin bubut pada akhirnya menjadi perhatian utama bagi .

Oleh karena itu, banyak anggapan bahwa aspek utama dari penggunaan mesin bubut harus memiliki peralatan tambahan seperti pahat bubut dan jenisnya. Untuk itu berbagai konsep penggunaan mesin bubut harus mengetahui jenis dan fungsi alat bubut. Jadi dari cara kerja mesin bubut terbaik akan langsung berdampak besar pada produksi di industri kecil hingga besar.

Mesin Bubut

Pahat bubut adalah salah satu peralatan bubut yang digunakan untuk mengiris benda kerja. Ada beberapa bubut, antara lain pahat ulir datar, pahat ulir samping, pahat potong, pahat ulir, pahat alur, pahat talang, dan pahat bentuk.

Alat bubut umumnya terbuat dari bahan baja karbon. Karena kandungan karbon yang tinggi, proses pengerasan selama pembuatannya dilakukan dengan perlakuan panas. Selain itu, ada mesin bubut yang terbuat dari baja berkecepatan tinggi yang dapat memotong empat kali lebih cepat dari baja karbon.

Jenis pahat bubut

Jenis Pahat Bubut beserta Fungsinya

Tentu saja pahat bubut sudah tidak asing lagi bagi mereka yang aktif di bidang permesinan. Berikut akan dijelaskan secara gamblang dan jelas mewakili jenis-jenis pahat.

1. Ulir

Jenis Pahat Bubut Ulir

Pada jenis pahat bubut ulir menjadi opsi penting untuk membuat ulir yang dibutuhkan dalam skala besar ataupun kecil. Dari fungsi utama jenis pahat ulir bisa dipakai untuk membuat ulir kiri, ulir tunggal, ulir ganda, dan ulir kanan ataupun lainnya. Kemudian dari sudut pahatnya sendiri memiliki pengaturan yang mana bisa dibentuk sesuai hasil produksinya. Sedangkan jenis pahat bubut dari pahat ulir ini sering digunakan dan butuh perawatan ekstra agar tetap awet.

Read also  Posisi tubuh saat renang gaya punggung hampir sejajar dengan permukaan air (streamline). Berikut yang

Pahat ulir merupakan pahat yang digunakan untuk membuat ulir, baik dlaam skala besar maupun kecil. jenis-jenis ulir yang dapat dibuat antara lain ulir kanan, ulir kiri, ulir tunggal, dan ulir ganda. Pahat bubut ini memiliki pengaturan dan dapat dibentuk sesuai hasilnya. Sudut pahatnya juga berbeda sesuai dengan ulir yang akan dibuat. Contoh ulir metris dengan sudut 60° dan ulir whitworth dengan sudut 55°

2. Jenis Pahat Bubut Pahat Potong

jenis pahat bubut

Berikutnya ada macam macam pahat jenis bubut potong yang mana fungsinya untuk memotong benda kerja pada saat machining. Kemudian dari proses pemotongan dari jenis bubut potong ini bekerja dengan tambahan senter untuk penahannya. Kemudian dari melakukan proses pemotongan tidak diperbolehkan sampai putus. Sebisa mungkin dari fungsinya harus menghindari beberapa benda kerja yang melompat dari proses pembuatan beberapa perangkat. Bahkan dari patahnya pahat harus bisa dicegah untuk menimbang pahat potong bekerja maksimal.

Pahat bubut potong digunakan untuk memotong benda kerja. Proses pemotongan menggunakan pahat potong dilakukan dengan cara benda kerja ditahan (jika benda kerja berukuran panjang) atau tidak ditahan senter (jika benda kerja pendek). Dalam melakukan pemotongan tidak boleh sampai putus untuk menghindari loncatnya benda kerja dan patahnya pahat.

3. Jenis Pahat Bubut Sisi

jenis pahat bubut

Setiap mesin memiliki macam macam pahat atau jenis pahat bubut sisi ataupun muka. Bahkan dari penggunaannya bisa digunakan dalam sudut 55 derajat. Ditambah lagi digunakan untuk teknik bubut permukaan ujung benda kerja sampai memiliki tekstur rata. Gerakan dari pahatan bubut sisi ini hanya maju mundur, kemudian dari fungsinya harus tetap optimal untuk memperlancar semua proses produksi oleh tukang bubut terdekat.

Pemakanannya di mulai dari bagian tengah (titik senter) ke arah sisi pekerjaan, sehingga gerakannya mundur. Dalam membubut menggunkan pahat bubut sisi, ulir benda kerja harus benar. Karena jika ulir salah dapat mengakibatkan benda kerja tidak terpotong serta memberi beban pada pahat yang dapat menyebabkan pahat patah.

Read also  PTPN III Mendistribusikan Minyak Goreng dan Gula ke NTT & NTB Melalui Laut

4. Jenis Pahat Bubut Rata

jenis pahat bubut

Proses pembuatan diameter luar benda kerja sampai memiliki tekstur rata dapat diakses dari pahat bubut rata. Karena itulah besar sudut puncak pahat bubut rata ini bisa mencapai 80 derajat. Kemudian dari sudut relatifnya sendiri tidak terlalu banyak berubah. Ditambah lagi ada macam macam pahat terdiri dari 2 macam yakni pahat kiri dan pahat kanan. Setiap jenis pahat kiri ataupun kanan memiliki beberapa fungsi yang bisa memudahkan Anda dalam menghasilkan beberapa perangkat baru.

5. Jenis Pahat Bubut Chamfer

pahat bubut chamfer

Sesuai dengan fungsinya, bahwa jenis pahat chamfer masih banyak digunakan untuk proses chamfer di setiap ujung permukaan benda kerja. Jenis Pahat Bubut memiliki besaran sudut tertentu. Kemudian dari jenis chamfer ini juga memiliki sudut umum mencapai 0,2 mm x 45 derajat.

6. Jenis Pahat Bubut Pahat Bentuk

pahat bubut bentuk

Terakhir ada macam macam pahat atau jenis pahat bubut bentuk yang sering digunakan untuk membentuk permukaan benda kerja. Menariknya dari bentuk pahat bubut satu ini memiliki banyak bentuk, sehingga dari fungsinya bisa disesuaikan dengan keinginan operator. Karena itu, dari jenis ini memiliki bentuk radius.

7. Pahat Bubut Facing Dalam

Pahat bubut facing dalam merupakan pahat bubut yang digunakan untuk meratakan bagian muka atau facing yang ada di dalam lubang pada benda kerja.

8. Pahat Alur Dalam

Pahat bubut alur dalam digunakan khusus untuk membuat alur pada lubang suatu benda kerja.

9. Pahat Ulir Dalam

Pahat bubut ulir dalam digunakan khusus untuk membuat ulir dalam pada lubang suatu benda kerja.

Ciri-ciri Jenis Pahat Bubut

Di balik banyaknya jenis pahat yang kita temukan di pasaran, perlu diketahui juga bahwa ada banyak bahan berbeda yang biasa digunakan untuk membuat pisau bubut. Jadi, apa karakteristik bahan ideal yang memungkinkan pahat memotong jenis logam lain?

  • Pertama, material yang digunakan harus sekitar 30% sampai 50% lebih keras dari material benda kerja yang akan dipotong.
  • Kedua, harus mampu menahan kejutan termal.
  • Ketiga, Tidak ada reaksi kimia antara benda kerja dan cairan pendingin.
  • Dapat menahan banyak benturan (shock). Dapat menahan keausan yang tinggi.
  • Dan membuatnya mudah dan murah.
Read also  Abb Robotic Paint Car Pertama Di Dunia, ABB Memamerkan Paintbot Yang Dapat Melukis Mobil Dalam Waktu 30 Menit

Dan, sayangnya, hanya ada sedikit bahan yang dapat menutupi semua properti dengan kualitas yang baik, sehingga memungkinkan untuk membuat alat pemotong yang ideal seperti yang dijelaskan di atas. Misalnya, pada alat pemotong keramik dengan ketahanan panas yang tinggi, bahan ini tidak tahan terhadap kejut dan benturan yang tinggi. Selanjutnya penulis akan menjelaskan kepada anda bahan-bahan apa saja yang biasa digunakan untuk alat-alat belok dan bahan pahat, serta apa saja detail bahan-bahan tersebut.

Material Bahan Pahat Bubut

  • Baja karbon merupakan salah satu material yang telah lama digunakan sebagai bahan pahat bubut dan jenis alat potong lainnya. Alat baja karbon mengandung sekitar 0,8% – 1,3% karbon, 0,1% – 0,4% silikon dan 1% mangan. Karena kandungan karbon yang tinggi, proses pengerasan baja karbon dilakukan dengan perlakuan panas, kekerasannya bisa mencapai 62 RC, dan mulai melunak pada suhu 180 °C. Sayangnya, material baja karbon hanya bisa dipotong dengan kecepatan rendah, yakni 5 m/menit.
  • Mesin bubut baja berkecepatan tinggi dikatakan sebagai alternatif untuk mesin bubut baja karbon. Kecepatan potong bisa empat kali lipat dari baja karbon, sekitar 10 hingga 60 meter per menit.

Berbagai mesin bubut pahat dan kemampuannya masih memiliki banyak potensi dalam mengevaluasi seberapa baik semua komponen pahat bekerja. Tingkat presisi suatu sistem perkakas bubut yang terdiri dari berbagai perkakas bahkan didemonstrasikan untuk menghasilkan banyak konsep terbaik dari satu proses pekerjaan bubut.

 

Penutup

Jenis pahat bubut memang di perlukan dalam setiap jenis pekerjaan proses pembubutan di dalam workshop. Oleh karena itu, pemilihan jenis pahan bubut menjadi hal yang sangat penting dan perlu di pahami jenis dan fungsi masing-masing sehingga proses yang anda lakukan tidak bermasalah dan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Semoga bermnafaat