Alat Berat

Alat Berat

alwepo.com, Alat Berat adalah suatu unit alat atau mesin yang berukuran besar yangsering di pergunakan untuk mempermudah pekerjaan berat menjadi lebih ringan. Salah satu contoh pekerjaan menggunakan seperti penggalian tanah yang luas menggunakan excavator. Tidak semua jenis pekerjaan dalam dunia industri cocok untuk satu jenis alat berat saja, masing-masing jenis pekerjaan membutuhkan alat berat tersendiri dalam prosesnya.

Beberapa contoh penggunaan alat berat di beberapa industri seperti Pertambangan, Konstruksi, Pertanian, Manufacture, Kelapa Sawit, Workshop, Otomotif, bahkan dalam beberpa pekerjaan seperti penebangan pohon juga menggunakan alat berat.

alat berat adalah

Jenis-jenis Alat Berat

Berikut di bawah ini beberapa jenis alat berat yang sering kita temui dalam kehidupan kita, baik di dunia kerja ataupun dalam keseharian kita saat melintasi proyek pembangunan jalan atau saat kita melintasi proyek pembangunan apartemen ataupun gedung.

1. Backhoe Loader

Alat berat jenis ini adalah gabungan antara excavator pada bagian belakang sedangkan pada bagian depan loader ditambah lagi penggunaan ban karet sehingga membuat mobilitas alat berat ini menjadi tinggi karena cocok untuk berbagai medan baik itu aspal maupun tanah. Di tambah lagi dua tonggak yang dipasang pada bagian belakang untuk memudahkan pekerjaan mengeruk tanah Dan memindahkan ke tempat yang diinginkan.

Backhoe Loader adalah kendaraan penggali yang dilengkapi dengan semacam cangkul atau pengeruk di belakang dan ember atau wadah di depan. Mesin serbaguna ini dioperasikan oleh pengemudi dan memiliki kemampuan untuk mendorong material, dengan keuntungan tambahan berupa scooping atau menyekop tanah. Karena profilnya yang kecil dan kemampuan manuvernya yang tinggi, backhoe sering digunakan di daerah perkotaan.

2. Batching Plant

Batch plant adalah mesin berat untuk mencampur bahan baku beton siap pakai. Bahan-bahan seperti semen, pasir, air, batu pecah dan agregat lainnya dicampur dalam alat ini.

3. Compact Track Loader

Compact Track Loader, disingkat CTL, adalah alat berat kecil dan kompak yang digunakan untuk mengangkut dan memuat material. Ini memiliki sekop atau bucket pelat logam di bagian depan. Mesin ini dapat mengangkat dan memecahkan beban yang besar. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah motor CTL lebih kaku dan memiliki lebih, sehingga performanya lebih baik di medan berat seperti bebatuan dan tanah kering.

4. Crane

Crane adalah salah satu diantara alat berat (Heavy equipment) yang dipakai sebagai alat pengangkat dalam proyek konstruksi. Crane bekerja dengan mengangkat material yang bakal dipindahkan, memindahkan dengan cara horizontal, lalu turunkan material di tempat yang dikehendaki.

Read also  Kelebihan dan Kekurangan Gas Water Heater Wasser

Alat pengangkut yang juga biasa digunakan di dalam proyek konstruksi ialah crane. Cara kerja crane adalah dengan mengangkat material yang akan dipindahkan, memindahkan secara vertikal/horizontal, kemudian menurunkan material di tempat yang diinginkan.

5. Excavator

Excavator (bego) merupakan jenis alat berat yang secara umum digunakan untuk melakukan penggalian pada tanah dan memindahkan tanah atau material lainnya ke dalam truk muatan. Ekskavator atau mesin pengeruk adalah alat berat yang terdiri dari batang, tongkat, keranjang dan rumah dalam sebuah wahana putar dan digunakan untuk penggalian (akskavasi). Rumah rumah diletakan di atas kereta bawah yang dilengkapi Roda rantai atau Roda.

Mekanisme kerja sistem hidrolik pada excavator: Mesin diesel memutar pompa, kemudian mengalirkan fluida dari tangki ke dalam sistem dan kembali lagi ke tangki. Pompa hidrolik akan mengubah mekanik menjadi energi hidrolik dalam bentuk aliran dan tekanan.

 

6. Boom Lift

Boom Lift pada dasarnya adalah kendaraan dengan lengan panjang dengan ujung tapak baja. Footbox sekarang berfungsi sebagai tempat kerja pekerja. Lengan ini dapat disesuaikan sehingga memungkinkan pekerja berada pada ketinggian yang diinginkan. Platform kerja udara dioperasikan oleh sistem hidrolik.

7. Bulldozer

Bulldozer adalah alat berat yang dilengkapi dengan pisau pendorong. Bagian tersebut dapat digunakan untuk berbagai fungsi seperti menarik beban, meratakan, menggali, dan menimbun tanah. Pada proyek yang memiliki tanah rawa menggunakan swamp dozer dan tanah yang sangat keras menggunakan ripper atau alat garpu.

Alat berat ini umum dipakai untuk menangani material proyek, terutama material hasil penggalian atau untuk membuat timbunan material. Dozer biasanya digunakan untuk menangani pasir, tanah, ataupun bebatuan dalam proyek.

8. Haul Truck

haul truck adalah

Haul truck adalah truk yang digunakan untuk dalam pertambangan terbuka dan konstruksi. Truk ini dicirikan dengan ukurannya yang sangat besar karena ditujukan untuk mengangkut bahan curah dalam jumlah yang banyak antara 30 hingga 300 ton. Sebagian besar haul truck memiliki dua as roda, hanya sedikit sekali yang memiliki tiga.

9. Diesel Hammer

Diesel hammer adalah alat berat yang sistemnya menggunakan pukulan dengan beban 1 ton, alat pemukul tersebut bisa dinamakan tabung pada Diesel hammer, cara kerjannya dinaikan ke posisi atas pada ketinggian tertentu ke tiang pancang kemudian di jatuhkan ke tiang pancang tersebut hingga tiang pancang masuk kedalam tanah.

Cara kerja Hydraulic Hammer ini adalah berdasarkan tekanan pada cairan hidrolis yang pelaksanaanya ditekan masuk ke dalam tanah dengan menggunakan dongkrak hidraulis yang di beri beban sehingga alat ini tidak menimbulkan suara.

10. Motor Scraper

Scraper sendiri merupakan jenis kendaraan berat yang memiliki empat fungsi sekaligus, yakni mengeruk, memuat material, mengangkut, dan membongkar muatan. Bahkan kadang, scraper juga digunakan untuk meratakan permukaan tanah atau menebar hasil pengerukan dalam beberapa lapisan.

Scraper biasanya digunakan untuk beberapa kegiatan seperti pengupasan permukaan tanah, sebagai peralatan contour sekeliling building site, sebagai alat penggalian untuk saluran Drainase dan saluran Irigasi, sebagai alat penggalian dan pengurugan untuk badan jalan.

Read also  Jasa Rental Alat Berat Bogor

11. Skid Steer Loader

Skid Steer Loader adalah sebuah alat berat yang bentuknya lebih compact dan multi fungsi. Di Negara-negara Eropa industry yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, pertambangan, tekstil dan lain-lain menggunakan Skid Steer Loader.

Desainnya yang compact, minimalis dan simple membuat alat berat ini dapat melakukan pekerjaan yang susah untuk dijangkau oleh alat berat lainnya. Contoh kecilnya pada industri peternakan, untuk pembersihkan kotoran ternak mungkin bisa di kerjakan oleh manusia, tapi dengan quantity yang banyak maka kita memerlukan tenaga yang banyak. Fungsi lainnya adalah Unit CASE Skid Steer Loader merupakan unit multi fungsi, atau bisa di gandengkan dengan beragam attachment.

12. Compactor

alat berat adalah

Compactor adalah alat berat yang digunakan untuk memadatkan tanah atau material sedemikian hingga tercapai tingkat kepadatan yang diinginkan. Jenis rodanya biasanya terbuat dari besi seluruhnya atau ditambahkan pemberat berupa air atau pasir, bisa terbuat dari karet (berupa roda ban) dengan bentuk kaki kambing (sheep foot). Ada juga yang ditarik dengan alat penarik seperti bulldozer, atau bisa menggunakan mesin penarik sendiri, yang berukuran kecil bisa menggunakan tangan dengan mengendalikannya ke arah yang akan dipadatkan.

13. Skidder

Skidder merupakan jenis kendaraan berat yang digunakan dalam operasi penebangan pohon. Skidder bekerja dengan cara menarik batang pohon yang telah di potong untuk diangkat kedalam truk atupun alat pengangkut lainnya. Namun jika jarak pabrik kayu dengan tempat pemotongan berdekatan, maka skidder sendiri yang akan menarik kayu tersebut tanpa bantuan alat pengangkut.

14. Telehandler

Telehandler adalah jenis alat berat yang cukup sering hadir dalam berbagai bidang mulai dari konstruksi hingga pertanian. Telehandler sendiri merupakan singkatan dari telescopic handler yang juga sering disebut dengan nama lain seperti lull, zoom boom dan reach forklift.

Telehandler memiliki bentuk yang tidak terlalu besar namun memiliki hand boom serta dilengkapi oleh lifting attachment. Telehandler juga seringkali dinilai memiliki tampilan atau bentuk yang serupa dengan alat berat forklit.

15. Traktor

Traktor adalah kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau implemen yang digunakan dalam pertanian atau konstruksi. Istilah ini umum digunakan untuk mendefinisikan suatu jenis kendaraan untuk pertanian. Instrumen pertanian umumnya digerakkan dengan menggunakan kendaraan ini, ditarik ataupun didorong, dan menjadi sumber utama mekanisasi pertanian. Istilah umum lainnya, “unit traktor”, yang mendefinisikan kendaraan truk semi-trailer.

16. Forklift

Forklift adalah alat bantu untuk mengangkat benda-benda berat dari satu tempat ke tempat yang lainnya, namun forklift biasanya hanya digunakan untuk jarak pendek seperti di dalam ruangan atau di dalam area pabrik saja.

Keunggulan-keunggulan kendaraan Forklift ini lah yang menjadikan perusahaan untung karena setiap pekerjaan bongkar muat menjadi efisien, pemindahan barang menjadi cepat, menyusun barang menjadi rapi, serta bisa mengangkut barang dengan mudah meskipun kapasitas barang yang besar dan berat.

Read also  Lubrication System Pada Turbine

17. Wheel loader

Wheel loader adalah traktor dengan roda karet yang dilengkapi bucket. Effisien untuk daerah kerja kering rata dan kokoh karena memiliki mobilitas yang tinggi. Wheel Loader juga bergerak dengan articulated yang memberikan ruang gerak fleksibel yang tidak bisa dilakukan oleh crawler loader.

Fungsi wheel loader tugas utamanya untuk alat pemuat bermacam-macam material ke dalam dump truck, memindahkan material pada jarak tertentu.

18. Grader

Sebuah grader, juga umum disebut road grader atau , adalah alat berat dengan pisau panjang yang digunakan untuk meratakan permukaan dalam proses perataan. Grader juga digunakan untuk membuat kemiringan tanah atau badan jalan atau slope , juga sering digunakan untuk membuat parit-parit kecil.Blade pada motor grader ini dapat diatur sesuai dengan kehendak operator, dapat diubah fungsinya menjadi angle dozer, buldozer dan tilting dozer.

19. Light tower

Light tower atau menara lampu adalah alat berat yang berfungsi untuk menerangi pekerajaan saat malam hari atau di situs konstruksi yang tidak tersedia cahaya alami. Mesin ini biasanya bertenaga diesel dan dapat dibawa ke luar jalan raya atau off-road. Ia terdiri dari generator yang dipasang pada sepasang roda dan lampunya itu sendiri yang ada di menara atau tiang tinggi.

20. Paver Aspal

Pavers, juga dikenal sebagai paver finisher jalan, pelapis aspal atau mesin paving jalan, digunakan untuk meletakkan aspal di jalan, , tempat parkir mobil dan tempat-tempat lain semacam itu. Mesin ini digunakan untuk meletakkan aspal rata di tanah dan memberikan pemadatan kecil sebelum dipadatkan dengan roller.

21. Harvester

Harvester digunakan untuk memanen hasil tani seperti biji-bijian, buah, dan tanaman lainnya. Mesin ini menggabungkan pekerjaan seperti menuai, merontokkan dan menampi menjadi satu proses sehingga efisien untuk proyek pertanian. Alat ini mempermudah petani dalam melakukan pekerjaannya serta menghemat waktu.

22. Pile Driver

Alat berat lain yang bisa digunakan untuk mengangkat dan menggerakkan tiang pancang ke posisi yang direncanakan adalah pile driver atau pile driving equipment. Setelah sesuai posisi, pile driver akan mendorong tiang pancang atau paku bumi ke dalam lubang yang sudah dibuat.

23. Track Tracktor

Alat berat ini biasanya menggali permukaan tanah pada lengan bagian belakang dari alat ini. Selain itu pada bagian depan traktor ini dilengkapi oleh alat yang berguna untuk meratakan tanah serta membuat timbunan tanah pula karena lengan depan dari alat ini mampu terangkat pada ketinggian tertentu. Untuk menggerakan alat berat ini digunakan rantai baja sehingga tidak akan menyulitkan untuk melintas pada medan berlumpur maupun tanah liat.

24. Scissor Lift

Scissor Lift adalah alat angkat beban dengan mekanisme kerja menggunakan tenaga hidrolik. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis tangga bantu lainnya yaitu untuk menjangkau ketinggian yang sulit dijangkau secara manual.

Itulah beberapa contoh jenis-jenis alat berat yang biasa digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan yang sering kita temukan dalam berbagai industri. Semoga Bermanfaat !