Mengenal Deretan Model Sketsa Kanopi Baja Ringan Yang Cocok Untuk Hunian Anda

sketsa kanopi baja ringan

Sketsa Kanopi Baja Ringan – Setiap jenis rumah tentunya akan membutuhkan atap sebagai pelindungnya. Salah satu komponen yang dibutuhkan untuk melindungi halaman dan teras rumah dari panas maupun hujan adalah sketsa kanopi . Ingin tahu apa saja deretan model kanopi yang cocok untuk rumah anda? Yuk simak informasi lengkapnya mengenai di sini!

Apa Itu Kanopi Baja Ringan?

Sebelum mengulik lebih dalam mengenai berbagai , akan lebih baiknya jika anda mengetahui apa sebenarnya kanopi itu sendiri. Jadi, kanopi baja ringan merupakan sebuah material yang dibutuhkan untuk konstruksi . Biasanya, material konstruksi bangunan yang satu ini memiliki fungsi sebagai pelindung atap.

Kanopi sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni yang terbuat dari kayu dan baja ringan. Kanopi yang terbuat dari bahan dasar baja ringan terbilang lebih memiliki sifat yang kuat dan tahan lama. Selain itu, material bangunan yang terbuat dari baja ringan ini juga memiliki sifat anti bocor. Sehingga, rumah anda akan aman dari berbagai jenis perubahan cuaca, seperti panas dan hujan.

Jika diperhatikan, rumah rumah pada saat ini sudah banyak yang menggunakan sketsa kanopi baja ringan. Hal tersebut dikarenakan kualitas dan harga yang dimiliki oleh material bangunan yang satu ini sangat bagus dan terjangkau. Pada umumnya, kanopi baja ringan ini kerap diaplikasikan pada bagian sisi depan rumah seperti teras, halaman rumah, hingga atap garasi.

Banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan kanopi jenis ini karena bahan dasar yang digunakan tidak mudah lapuk ataupun digigit rayap. Terlebih, bahan material kanopi yang satu ini juga tahan dari karat dan api. Berbeda dengan hal tersebut, kanopi yang berbahan dasar kayu cenderung mudah lapuk karena memang tidak tahan dengan adanya perubahan cuaca.

Read also  Mengapa Teknologi Konstruksi Dibutuhkan Dalam Kehidupan Manusia

 

Deretan Macam Model Kanopi Baja Ringan

1. Kanopi Model Sederhana

Sketsa kanopi baja ringan yang pertama dengan bahan dasar baja ringan ini telah banyak digunakan pada rumah rumah di karena memiliki ketahanan yang tinggi dan harganya cukup murah. Salah satu model kanopi yang cukup banyak diaplikasikan pada rumah rumah tersebut adalah model sederhana. Biasanya, masyarakat yang memiliki rumah dengan tipe 36 dan 45 akan menggunakan model satu ini.

Tiang single box, ranka, hingga ring merupakan material pelengkap dari penggunaan kanopi baja ringan model sederhana. Jika menggunakan model kanopi yang satu ini, rumah anda akan terlihat dan memiliki kesan yang sederhana. Tak heran jika model yang satu ini kerap dipakai untuk rumah rumah yang memiliki konsep minimalis.

 

Kanopi model sederhana

 

2. Model Kanopi Membrane

Model sketsa kanopi baja ringan berikutnya adalah kanopi membrane. Sesuai dengan namanya, kanopi model yang satu ini terbuat dari material membrane. Model kanopi yang satu ini kerap diaplikasikan untuk garasi rumah. Tak hanya itu saja, model kanopi membrane ini umumnya hadir dengan tampilan warna cat putih dan krem.

 

kanopi model membran

 

3. Kanopi Gantung Minimalis

Selain kanopi sederhana, model sketsa kanopi gantung minimalis yang satu ini juga cocok untuk diterapkan pada rumah yang memiliki konsep minimalis. Pasalnya, model kanopi yang satu ini dirancang untuk tidak terlalu banyak memakan tempat. Sehingga, anda tidak akan menemukan tiang untuk menahan kanopi dihalaman rumah jika menggunakan model yang satu ini.

 

kanopi gantung minimalis

 

Model gantung minimalis ini pemasangannya hanya memanfaatkan dinding rumah untuk menahan beban kanopinya. Tak heran jika nama dari model yang satu ini dikenal dengan nama gantung karena memang modelnya seperti digantung. Biasanya, model kanopi yang satu ini memiliki harga berkisar mulai dari Rp. 450 ribu rupiah di sini.

Read also  Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Konstruksi? Berikut Simak Jenis Dan Fungsinya

4. Kanopi Kombinasi

Kanopi kombinasi merupakan model sketsa kanopi baja ringan berikutnya yang dapat anda terapkan untuk melindungi hunian anda. Sketsa yang satu ini merupakan kanopi yang dirancang dari baja ringan dan dipadukan dengan kayu. Kedua bahan tersebut disatukan menjadi sebuah kanopi dengan tujuan untuk memberikan kesan dan tampilan yang lebih estetik.

 

kanopi kombinasi

Namun, pastikan juga untuk memilih jenis kayu yang berkualitas. Hal tersebut bertujuan supaya kayu tidak mudah lapuk dan dimakan rayap. Tampilan dari kanopi model yang satu ini juga terlihat jauh lebih menarik dibandingkan dengan model yang lainnya. Pasalnya terdapat perpaduan warna yang indah dari kayu dan baja ringan itu sendiri.

5. Kanopi Zincalume

Kanopi zincalume merupakan salah satu model kanopi yang juga cocok untuk diterapkan pada . Kanopi baja ringan dengan perpaduan atap zincalume ini dapat membuat rumah anda terasa sejuk. Hal itu dapat terjadi karena bahan dasar pembuatan atap tersebut berasal dari sejenis baja lapis dan campuran seng.

 

kanopi zircalum

 

Bahan bahan tersebut memiliki sifat yang dimana dapat menahan panas terik matahari. Tak heran jika model kanopi satu ini banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki rumah minimalis untuk meninggalkan udara yang sejuk. Model kanopi zincalume ini memiliki harga yang berkisar mulai dari Rp 80 ribu rupiah per meter, tergantung dengan jenis, ketebalan, dan mereknya.

6. Kanopi Melengkung

Model sketsa kanopi baja ringan yang berikutnya adalah kanopi melengkung. Model yang satu ini dapat dikatakan unik karena memiliki desain melengkung. Biasanya, kanopi lengkung ini banyak diterapkan pada bagian depan bangunan seperti garasi, depan ruko, hingga teras rumah. Selain itu, model kanopi satu ini juga kerap digunakan pada taman, jembatan penyeberangan orang, dan masih banyak lagi.

Read also  Mengenal Lebih Dekat Merk Baja Ringan dan Harganya

 

kanopi melengkung

 

Beberapa Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Material Satu ini

Tidak hanya memiliki model yang cukup bervariasi, terdapat pula beberapa alasan mengapa anda harus menggunakan kanopi jenis satu ini. Alasan yang pertama yakni pemasangan kanopi jenis ini sangat mudah. Berbeda dengan kanopi berbahan dasar besi yang dimana harus dirakit menggunakan mesin las, jenis kanopi baja ringan hanya perlu dirakit menggunakan baut khusus.

Selain itu, bobot dari kanopi baja ringan tidak terlalu berat, sehingga pemasangannya dapat dilakukan oleh dua atau tiga orang saja. Alasan selanjutnya jika dilihat dari aspek keamanan, kanopi baja ringan merupakan material bangunan yang sangat aman. Pasalnya, bahan dasar dari komponen bangunan tersebut memiliki sifat non combustible yang artinya tidak dapat menjalarkan api.

Jadi, apabila disuatu hari anda dihadapkan oleh hal hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, api yang ada dirumah anda tidak bisa menjalar semakin besar. Tak hanya itu saja, alasan berikutnya mengapa anda harus menggunakan sketsa kanopi baja ringan yakni tidak mudah mengalami pemuaian atau penyusutan. Sehingga, kanopi jenis baja ringan ini akan cocok digunakan di berbagai daerah.

 

Itulah deretan informasi mengenai kanopi baja ringan, macam macam model, hingga deretan alasan mengapa anda harus menggunakannya. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat anda jadikan sebagai referensi saat ingin membangun atau merenovasi sebuah hunian. Sehingga, anda bisa menentukan jenis kanopi yang berkualitas dan sesuai dengan model rumah.