Yuk Intip Deretan Jenis Beserta Harga Atap Baja Ringan Per Lembar Disini!

Atap Baja RinganPada saat ini, atap telah hadir dengan model dan jenis yang bermacam macam. Salah satu jenis yang hadir di pasaran adalah atap baja ringan. Atap yang satu ini cenderung memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan atap yang lainnya. Ingin tahu apa saja jenis jenis dan harga atap baja ringan per lembar? Yuk simak informasi lengkapnya disini!

Apa Sebenarnya Baja Ringan Itu?

Baja ringan merupakan salah satu elemen material yang paling penting di suatu bangunan. Umumnya, material penting yang satu ini digunakan untuk , khususnya pada bagian atap. Baja ringan dapat digunakan sebagai material pada bangunan pabrik, , ruko, hingga bangunan publik yang lainnya.
Campuran seng dan alumunium merupakan bahan dasar yang digunakan untuk membuat material baja ringan. Seiring berjalannya waktu, material yang satu ini semakin berkembang dan memiliki kualitas yang baik. Tak heran, jika saat ini sudah banyak material baja ringan yang telah memenuhi standar nasional Indonesia (SNI).

harga atap baja ringan per lembar

Deretan Jenis Atap Yang Tepat Beserta Harga Atap Baja Ringan Per Lembar

1. Polycarbonate

Jenis atap pertama yang cocok untuk disandingkan dengan material baja ringan adalah atap polycarbonate. Hal tersebut dikarenakan atap polycarbonate memiliki ketahanan yang kuat dan tahan akan guncangan. Jenis atap yang satu ini juga dapat dikatakan sebagai jenis yang paling populer karena kualitas yang dimiliki terbilang lebih unggul dibandingkan atap kaca.

Adapun yang menjadikan atap jenis ini lebih unggul dibandingkan dengan atap kaca yaitu atap polycarbonate memiliki ketahanan 200 kali dari benturan. Tak heran jika pada saat ini banyak bangunan rumah yang atapnya menggunakan polycarbonate. Terlebih, jika dibandingkan dengan atap yang berbahan dasar kaca, harga atap baja ringan per lembar terbilang jauh lebih ekonomis.

Tidak hanya kuat, atap yang satu ini juga memiliki karakteristik jernih, transparan, tahan terhadap suhu, hingga cocok digunakan sebagai peralatan maupun yang memiliki pembiasan tinggi. Selain itu, atap polycarbonate juga memiliki berat yang sangat ringan. Sehingga, akan memudahkan penggunanya untuk memindahkan maupun melakukan pemasangan.

atap baja ringan polycarbonate

2. uPVC Alderon

Atap yang dirancang dengan bahan dasar terbaik dan cocok untuk digunakan pada baja ringan adalah uPVC Alderon. Jenis atap yang satu ini memiliki struktur rongga dan bentuk yang unik. Hal tersebutlah yang menjadikan uPVC Alderon memiliki sifat yang kuat dan kokoh. Atap uPVC Alderon juga terkenal dengan kemampuannya yang dapat meredam panas dan membuat sejuk.

Hal tersebut dapat terjadi karena alderon memiliki struktur atap yang berongga. Sehingga, dengan desain khusus yang dimiliki oleh atap jenis ini bisa memudahkan sirkulasi udara masuk dengan mudah. Selain itu, atap jenis ini terbuat dari bahan dasar yang penghantar panasnya rendah. Tak heran jika atap uPVC Alderon ini dapat meredam panas, dan membuat orang di dalam rumah sejuk.

Jika anda menyukai aktivitas yang ramai ramai, atap jenis uPVC ini cocok untuk anda gunakan. Pasalnya, atap yang satu ini mampu mengurangi suara yang berisik hingga 27 persen. Harga atap baja ringan per lembar yang satu ini berkisar antara 200 hingga 425 ribu. Terlebih, Alderon memiliki sifat ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.
Tak hanya itu saja, atap yang memiliki desain bergelombang dan memiliki lapisan dua layer ini dirancang supaya mudah untuk dipotong dan dibentuk. Anda dapat dengan mudah memotong atap yang satu ini dengan menggunakan alat sederhana seperti jigsaw. Atap Alderon juga mudah untuk dibersihkan, sehingga tidak membutuhkan biaya perawatan yang banyak.

atap baja ringan cPVC Alderon

3. Fiber

Atap berikutnya yang cocok untuk dipasang pada baja ringan adalah atap fiber. Jenis atap yang satu ini juga sering dipilih untuk bangunan rumah karena memiliki ketahanan yang kuat terhadap bahan kimia. Tak hanya itu saja, atap yang satu ini memiliki bobot yang ringan dan memiliki tampilan bening seperti atap polycarbonate.

Sesuai dengan namanya, atap jenis yang satu ini terbuat dari bahan fiber atau yang bisa dikenal dengan serat plastik. Bagi anda yang menyukai pencahayaan alami untuk suatu ruangan, atap fiber yang satu ini cocok untuk anda gunakan. Hal tersebut dapat terjadi karena cahaya bisa masuk secara natural ke dalam ruangan melalui atap fiber yang transparan.

Atap yang satu ini juga memiliki beberapa ukuran yang berbeda beda, namun ukuran yang dimiliki atap jenis ini umumnya dapat mencapai hingga 12 meter. Selain itu, ketebalan yang dimiliki atap fiber berkisar antara 1 mm hingga 2 mm. Harga atap baja ringan per lembar yang satu ini akan terbilang lebih murah, jika anda membelinya dalam jumlah banyak sekaligus.

atap baja ringan fiber

4. PVC/ Vinyl

Jenis atap baja ringan yang tak kalah unggul dengan yang lainnya adalah atap PVC/ Vinyl. Atap yang satu ini terbuat dari bahan dasar plastik yang dikeraskan. Meskipun bahan dasar plastiknya dikeraskan, atap PVC ini masih memiliki sifat lentur. Hal tersebutlah yang menjadikan atap satu ini mudah untuk dibentuk pada atap suatu bangunan.

Bagi anda yang menyukai rumah dengan konsep hemat , atap PVC/ Vinyl ini dapat anda gunakan sebagai pilihannya. Pasalnya, atap yang satu ini bisa membuat cahaya matahari masuk kedalam ruangan hunian anda secara maksimal. Meskipun begitu, cahaya matahari yang masuk akan tetap aman, karena atap PVC memiliki perlindungan dari sinar UV yang berbahaya.

atap baja ringan pvc

Read also  Fungsi, Kelebihan dan Daftar Harga Besi Hollow

5. Zincalume

Zincalume merupakan jenis atap berikutnya yang cocok untuk digunakan pada baja ringan. Sekitar 45 persen seng dan 55 persen alumunium merupakan bahan baku utama dari atap zincalume. Komposisi akurat dan memanfaatkan yang tinggi juga diterapkan dalam pembuatan atap jenis ini. Harga atap baja ringan per lembar yang satu ini juga terbilang cukup murah dan terjangkau.

Karena dibuat dengan komposisi akurat dan menggunakan teknologi tinggi, menjadikan atap zincalume memiliki kualitas yang baik. Selain itu, jenis atap baja yang satu ini dinilai memiliki ketahanan yang ampuh terhadap suhu tinggi. Hal tersebutlah yang menjadikan atap jenis ini tidak mudah untuk mengalami korosi.

atap baja ringan zincalume

6. Galvanis

Jenis atap yang cocok digunakan pada baja ringan selanjutnya adalah galvanis. Atap yang satu ini diciptakan melalui proses galvanisasi atau pelapisan dengan seng. Tak hanya itu saja, atap yang satu ini juga di finishing menggunakan coating 2 persen aluminium dan 98 persen seng. Finishing menggunakan bahan bahan tersebut bertujuan untuk melindunginya terhadap korosi.

Harga atap baja ringan per lembar yang satu ini berkisar antara Rp 50 hingga 300 ribu sesuai dengan jenis, ketebalan, dan ukurannya ukurannya. Karena atap yang satu ini sangat populer, menjadikannya cukup mudah untuk ditemukan dipasaran, contohnya saja seperti toko bangunan terdekat hingga toko online.

harga atap baja ringan per lembar

Itulah deretan informasi mengenai harga atap baja ringan per lembar  yang cocok untuk digunakan pada baja ringan. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat memberikan anda wawasan baru mengenai jenis jenis atap baja ringan beserta harganya. Sehingga, anda tidak akan kebingungan lagi saat ingin membelinya.