Fusible Plug pada Boiler? Apa itu?

Fusible Plug pada Boiler? Apa itu?

Fusible Plug pada ?, Kecil-kecil cabe rawit

Sebagaimana postingan sebelumnya tentang Potensi Bahay dan Resiko yang bisa terjadi pada Boiler , Melihat potensi tersebut kemudian kita balik lagi melihat pengaman-pengaman pada boiler yang bisa di manfaatkan dan di maksimalkan untuk menjaga agar boiler kita bisa selalu aman untuk di operasikan.

 

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan boiler kita, sebagaimana yang sudah kita bahan di postingan sebelumnya. Namun dalam artikel sebelumnya penjelasan hanya sedikit dan kurang mendetail. Pada postingan kali ini akan kita bahas sedikit lebih dalam agar bisa lebih jelas.

 

Pertama  kita akan membahas tentang barang yang satu ini, yaitu Fusible Pluge

 Fusible Plug merupakan salah satu dari 13 alat pengaman yang wajib di miliki oleh Boiler.

 

Tentu kita mengetahui apa yang akan terjadi ketika Tekanan didalam Drum Boiler Tinggi kemudian airnya Low Level atau Kosong, di tambah lagi temperature terus naik.

 

Kondisi diatas adalah kondisi yang paling di takutkan dan paling dihindari dalam operasional Boiler, jika hal tersebut terjadi dan tidak adanya pengaman maka kemungkinan besar Boilernya akan Meledak. Apa…? Separah itukah. Iya Betul…

 

Oleh karena itu ketika kita baik sebagai seorang supervisor ataupun sebagi operator yang mengoparsikan boiler, sebelum mengoperasikan pastikan selalu melakukan safety drill boiler. Beberapa tujuan dari safety drill adalah:

Read also  Tips Memilih dan Tanda Filter Oli Mesin Mobil Harus Diganti dan Cara Menggantinya

1. Memastikan Low Low Level berfungsi dengan baik

2. Memastikan sight glass berfungsi dengan baik

3. Memastikan peralatan pengaman seperti interlock berfungsi

4. Memastikan semua peralatan-peralatan seperti , presure gauge, temperature gauge juga berfungsi dengan baik.

 

Ribet ya mengoperasikan Boiler, iya memang ribet banget banyak hal yang harus di perhatikan dalam operasionalnya. Kembali lagi ke Fusible Plug.

 

Taukah anda apa itu Fusible Pluge.?

 

Mungkin selama kita beraktifitas dengan boiler, part kecil mungil ini mungkin jarang kita lihat ataupun perhatikan. Sebagaimana gambar di bawah:

 

Fusible Pluge

 

Biasanya terpasang pada setiap beja tekan dengan tekanan kerja yang tinggi. Untuk boiler sendiri terpasang pada upper drum. Seperti problem yang di sampaikan di atas tadi.

 

Jika terjadi kegagalan fungsi dari feed water, kemudian interlock saat low water level tidak befungsi, bahan bakar di furnace masih banyak (tidak terkejar) untuk melakukan pengosongan bahan bakar, kemudian di tambah lagi drum dan superheater gagal berfungsi, tentu mengakibatkan tekanan terus meningkat di ikuti dengan peningkatan temperature. Maka untuk mencegah terjadinya peledakan Boiler yang dikarenakan meningkatnya temperature dan tekanan secara terus menerus, maka material penyusun dari Fusible Pluge akan meleh secara perlahan karena sudah memasuki titik leleh dari material penyusunnya (biasanya terbuat dari tembaga). Saat kondisi tersebut maka akan terjadi lubang pada ujung drum, kemudian akan membuang udara panas dari lubang tersebut.

 

penysuun%2Bfusible%2Bpluge

 

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pemasangan fusible pluge:

 

1. Tinggi serta tempatnya harus diatur sehingga dapat memberikan proteksi dini pada setiap bagian  dari boiler akibat kerusakan karena pemakaian langsung dari panas furnace boiler jika terjadi kekurangan air dan overheat.

Read also  Bagaiaman Cara Mencegah Boiler Agar Tidak Meledak?

2. Mempunyai bagian luar dengan material penyusun harus terbuat dari perunggu (bronze) atau gunmetal yang berjalur dengan conical central. Untuk dimensi diameternya tidak lebih dari 3/8, Untuk tekanan 100 psi atau biasanya kurang diameternya adalah ½.

3. Jalur tertutup oleh plug yang benar-benar tertutup oleh annular lining path dari fusiable alloy yang disusun sedemikian rupa sehingga plug ini akan benar-benar drop bila lining path meleleh.

4. Campuran penyusun harus sudah meleleh pada suhu tidak lebih dari F lebih besar dari suhu uap saturasi yang dapat disamakan bersama dengan tekanan kerja aman yang diijinkan oleh boiler tersebut sesuai dengan spesifikasi dan design pabrikannya.