8 Pemicu Kerusakan Pada Pompa Air dan Langkah Melakukan perbaikan

Kerusakan Pada Pompa Air – Ingin tahu pemicu kerusakan air dan langkah melakukan perbaikan? ialah alat/mesin yang cukup penting di kehidupan setiap hari. Perannya untuk mengisap air dari sumber/sumur dan membuangnya ke bak tempat penampungan.

Jika pompa air hancur benar-benar lah menyusahkan, ditambah ibu -tangga karena air benar-benar lah diperlukan pada proses beres-beres dan mengolah di dalam rumah. Tetapi mayoritas orang tidak ketahui pemicu kerusakan dan langkah membenahi pompa air.

Penyebab Kerusakan pompa air
tokopompaonline.com

 

Berikut 8 pemicu dan langkah melakukan perbaikan

Nah ini kali saya akan memberi sedikit info mengenai pemicu kerusakan dan langkah membenahi mesin pompa air. Jika anda tidak dapat melakukan perbaikan anda sebaiknya panggil tukang servis pompa air yang andal dan ekspert, berikut pemicu dan langkah perbaikannya:

1. Pemicu daya dorong pompa air kurang kuat dan langkah melakukan perbaikan.

Yang penting anda kenali ialah makin jauh maupun makin tinggi jarak menempuh aliran pipa maka semakin turun juga debet air yang sanggup dikeluarkan oleh pompa air. Karena ada beban kemampuan air pada sisi pipa dorong hingga membuat performa pompa air turun.

Penyebab kerusakan pompa air ialah keadaan mesin atau dinamo telah menurun karena factor umur maupun hal-hal lain nya. Untuk langkah melakukan perbaikan, anda bisa menukar dengan pompa air yang baru atau anda bisa menggulung ulangi dinamo pompa air itu.

2. Pemicu pompa air kerap di pancing dan langkah melakukan perbaikan.

Kerap kali pompa air harus di pancing dulu saat di nyalakan, menyusahkan sekali bukan. Penyebab kerusakan pada pompa air ialah ada kebocoran pada aliran hirup atau juga bisa pada mesin sehingga anda harus pastikan lebih dulu di mana kebocoran nya.

Read also  Alamat Service Pompa Air Jogja

Untuk langkah membenahi nya, nyalakan dulu mesin pompa airnya check apa pada bagian seal mesin adakah bocor atau mungkin tidak. Jika tidak ada bocor coba periksa valve di pipa hirup, jika tidak ada bisa juga ditegaskan klep bawah memiliki masalah. Angkat pipa pada lubang sumur lalu terlepas klep bawah dan membersihkan.

3. Pemicu pompa air kerap mati hidup dan langkah melakukan perbaikan.

Pompa air kerap mati hidup benar-benar mengusik bukan, disamping itu dapat menambahkan bill listrik jadi lebih besar. kok dapat? Ya sudah pasti dapat pada saat pompa hidup karena itu daya akan di sedot semakin besar karena itu bill akan jadi lebih besar.

Pemicu pompa air kerap mati hidup biasa nya ada kebocoran pada lajur pipa toko, keran atau lajur toko yang lain. Langkah melakukan perbaikan,check semua lajur toko ada yang bocor atau mungkin tidak kemudian seting ulangi automatis pompa dengan memutar baut kecil pada automatis pompa.

4. Pemicu pompa air tidak dapat keluarkan air dan langkah melakukan perbaikan.

Kerusakan pada Pompa air berupa pompa dihidupkan tapi tidak keluar air walaupun juga telah di pancing tetap tidak keluar air. Pemicunya, bisa jadi klep bawah mampet pasir atau sumur kering karena umumnya ada wilayah tertentu jika musim kemarau karena itu sumur pompa akan kering.

Langkah membenahi nya, check keadaan mesin pompa masih bagus atau mungkin tidak lalu check sumur pada kondisi kering atau mungkin tidak. Jika sesudah di check kondisi semua bagus coba angkat pipa pada sumur sampai klep bawah. Lantas terlepas klep bawah dan membersihkan, jika bagus karena itu pasang lagi jika sudah hancur karena itu harus di tukar.

Read also  Alamat Service Pompa Air Bandung

5. Pemicu pompa air bersuara kasar dan langkah melakukan perbaikan.

Kerusakan pada pompa air berupa Suara pompa air memang berisik tapi ini berisik sekali, itu kata konsumen setia saya. Sesudah saya check rupanya memang suaranya benar-benar kasar, pemicunya ialah bearing pada mesin telah hancur.

Langkah melakukan perbaikan ialah membuka sisi mesin pompa lalu terlepas bearing yang hancur dan tukar sama yang baru. Untuk ukuran bearing setiap mesin pompa berbeda tapi tak perlu kebingungan ada kok code nya di bearing jadi tinggal di pas kan saja code nya.

kerusakan pada pompa air 2
pompair.com

6. Pemicu seal pompa air bocor dan langkah melakukan perbaikan.

Kerusakan Pada Pompa air kerap kali rembes air pemicunya ialah seal mesin yang sobek atau telah kendur. Biasa itu muncul karena factor umur atau penggunaan yang lumayan lama.

Langkah melakukan perbaikan, membuka sisi kepala pompa lalu terlepas kipas hirup dan terlepas sisi seal pompa. Sesudah lepas karena itu tukar dengan seal yang baru.

7. Pemicu pompa air shot bodi dan langkah melakukan perbaikan.

Kerusakan pada pompa air lainnya adalah shot bodi, umumnya listrik di dalam rumah akan padam atau MCB listrik akan turun pada saat pompa di nyalakan. Check sisi dinamo terbakar atau mungkin tidak, jika tidak terbakar coba periksa kumparan dinamo dengan multi mtr.

Check dengan multi mtr. satu ke kabel dinamo satu kembali ke bodi mesin, jika ada kendala atau jarum ave bergerak karena itu dinamo telah shot bodi. Langkah melakukan perbaikan, tukar mesin pompa baru atau juga bisa dinamo di gulung ulangi.

8. Pemicu pompa air mati total dan langkah melakukan perbaikan.

Kerusakan pada pompa air berupa mati keseluruhan di nyalakan tapi masih tetap tidak bisa hidup, check apa power listrik masuk. Pakai multi mtr. dan seting kebagian volt ac, lalu check apa voltase listrik ada atau konstan jika multi memberikan angka 220 v memiliki arti listrik normal.

Read also  9 Tips Memilih Pompa Air Yang Benar dan Harga Pompa Air Pilihan

Check kebagian mesin membuka kotak box listrik pada pompa lalu check apa power masuk ke mesin. Jika power masuk check kebagian kapasitor ukur tahanan kapasitor masih bagus atau mungkin tidak, jika tidak bagus karena itu tukar kapasitor itu.

Demikian artikel mengenai pemicu dan langkah melakukan perbaikan. Mudah-mudahan berguna untuk kita, jika ada anjuran dan kritikan kan silakan komentar di kotak kometar.