Definisi Dan Peran Penting CFO Dalam Perusahaan

Definisi Dan Peran Penting CFO Dalam Perusahaan

?, – CFO merupakan salah satu pemimpin yang keberadaannya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan. Posisi ini tidak terlalu populer karena sistemnya bekerja di belakang meja.

Berbeda dengan CEO, yang merupakan wajah perusahaan yang begitu populer di mata publik. Namun, bagi Anda yang sudah lama bekerja, terutama di perusahaan besar, pasti tidak asing dengan posisi tersebut.

Dari aspek tugas dan tanggung jawab, ia lebih fokus pada keuangan dan pertumbuhan perusahaan. Tugas ini juga mencakup perencanaan, analisis dan pemantauan pengeluaran dan pendapatan.

Anda berwenang untuk melacak dan mengelola aset likuid, investasi, dan kondisi keuangan umum Anda. Oleh karena itu, posisi ini hanya diisi oleh orang-orang yang berpengalaman dan terampil dalam menangani keuangan.

apa itu cfo

Pahami Apa Itu CFO

kepala perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola keuangan. Selain itu, beliau bertugas menyiapkan perencanaan keuangan, memantau arus kas dan menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan.

Berdasarkan analisis kekuatan finansial, Anda dapat merumuskan kebijakan untuk perkembangan ke depan. Dalam skala yang lebih kecil, perannya hampir sama dengan bendahara dalam suatu organisasi.

Jabatannya berbeda dengan CEO (Chief Executive Officer). Dalam hal tanggung jawab, ruang lingkup pekerjaan CEO lebih luas. CFO semata-mata berkaitan dengan pengelolaan keuangan, sehingga harus dilaporkan kepada Direktur Jenderal.

Sementara itu, CEO bertanggung jawab untuk mengelola sistem keuangan dan manajemen perusahaan. Keduanya tentu pemimpin struktural, namun ada perbedaan yang sangat signifikan dalam fungsinya.

Read also  Modulus Elastisitas: Pengertian, Kegunaan dan Contoh Perhitungan

Jika perusahaan bergerak di bidang keuangan, maka ia menjabat sebagai pemimpin tertinggi. Namun, posisi Anda akan berbeda untuk jenis lain, yaitu Anda hanya akan menjadi yang kedua dalam struktur kepemimpinan.

Tugas lainnya CFO memberikan arahan mengenai tujuan keuangan, sasaran, dan anggaran. Anda juga akan mengawasi aktivitas manajemen kas, membiayai investasi, mengelola risiko, dan menangani merger dan akuisisi.

Beberapa orang yang mengisi posisi ini juga harus mengelola investasi dan menjadi dewan direksi. Oleh karena itu, dalam mengambil suatu keputusan harus dipertimbangkan dengan matang karena akan mempengaruhi departemen lain.

Secara umum, untuk meningkatkan profitabilitas Anda akan bekerja dengan manajer proyek. Selain itu, ia terlibat langsung dalam berbagai proyek keuangan untuk mengumpulkan modal dan kemudian memberikan dukungan kepada tim pemasaran.

cfo adalah

Lihatlah 4 Tugas Utama CFO

CFO adalah pemimpin struktural yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan. Tugas dan peran dijelaskan secara rinci di bawah ini.

Sebagai katalis

Dalam hal ini yang berperan adalah mengatur keuangan agar pengeluaran menjadi paling efisien, sekaligus hasil yang maksimal. Selain itu, memastikan sumber daya yang berkualitas untuk mendukung operasional perusahaan.

Tanggung jawab lainnya adalah menjalin hubungan baik dengan mitra yang dapat mendatangkan keuntungan. Bahkan, Anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan diplomasi.

Sebagai administrator

siapa direktur keuangan? dalam sebuah perusahaan anda harus bisa menjadi seorang administrator, yaitu mengetahui, memelihara dan mendaftarkan semua aset. Ini berarti memastikan bahwa aset perusahaan memiliki dampak positif terhadap perkembangan.

Anda harus bisa mengambil keputusan yang tepat jika ada aset yang tidak menguntungkan. Selain itu, Anda diharuskan melaporkan keuangan kepada CEO, termasuk struktur permodalan, cara mengelola pengeluaran dan pendapatan..

Read also  Dari Sebutir Brondolan Buah Kelapa Sawit

Pemberi strategi

CFO dan tugas selanjutnya adalah memberikan dan saran terkait strategi bisnis. Oleh karena itu, Anda harus mampu menganalisis secara akurat strategi mana yang akan memberikan keuntungan.

Juga, dapat memprediksi keberhasilan strategi yang diterapkan pada suatu proyek. Orang yang menempati posisi ini harus memahami dunia bisnis dan memiliki rekam jejak yang baik dalam mengelola perusahaan.

Sebagai operator

CFO selanjutnya sebagai operator yang melakukan berbagai tugas operasional. Contohnya seperti mengurus pajak, catatan keuangan dan prakiraan.

Kegiatan sehari-hari bertanggung jawab atas fungsi akuntansi, keuangan, pengendalian internal dan perbendaharaan. Juga, lakukan manajemen risiko untuk mengamankan semua aset.

Kualifikasi untuk menjadi CFO

Dalam dunia bisnis, jika Anda menginginkan posisi ini, Anda harus multifungsi dan memiliki keterampilan dalam manajemen keuangan. Umumnya, persyaratan minimum adalah memiliki gelar master dalam administrasi bisnis atau MBA.

Bagi Anda yang lulusan magister akuntansi atau keuangan, Anda berpeluang untuk merasakan posisi ini. Juga dengan akuntan publik dan administrasi bersertifikat.

Mereka biasanya memiliki setidaknya 10 tahun pengalaman di bidang keuangan atau akuntansi. 5 di antaranya menduduki posisi manajerial. Pemahaman yang kuat tentang GAAP dan prinsip akuntansi pajak juga harus solid.

Hal lain yang harus dikuasai adalah keterampilan analitis dan komunikasi. Keterampilan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan, terutama saat menyampaikan istilah keuangan dan tujuan strategis kepada semua pemegang jabatan penting.

Misalnya, anggota dewan, CEO dan C-Suite. Anda harus memiliki visi dan misi yang sesuai dengan tren dan kondisi pasar saat ini. Ini sangat penting ketika menerapkan rencana bisnis.

Anda harus memahami bisnis yang Anda jalankan dan mampu berkolaborasi dengan semua departemen di organisasi tempat Anda bekerja. Oleh karena itu, keterampilan kepemimpinan yang kuat juga diperlukan.

Read also  Krisis Minyak Goreng Menghantui Thailand

Di sisi lain, Anda harus berani mengambil risiko yang mungkin terjadi dan mencoba hal baru untuk mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu, posisi keuangan perusahaan akan terus membaik.