Pengertian Serta Perbedaan Tap Dan Snei

Pengertian Serta Perbedaan Tap Dan Snei – ketika menghadapi permasalahan dengan ulir yang rusak, baik pada ulir dalam (ulir mur) ataupun pada ulir luar (ulir baut). Tap dan snei merupakan dua alat kerja bantu yang sering digunakan untuk mengatasi permasahalan tersebut.

Tap dan snei

Ia bener, kali ini team alwepo.com akan membahas tentang tap dan snei, contoh penggunaannya misal pada baut sleg, baut dol, atau ulir baut yang rusak akibat kesalahan pemasangan atau kesalahan pengencangan. Langkah yang paling umum dilakukan pertama kali untuk mengatasi masalah baut sleg atau dol ini yaitu memperbaikinya dengan menggunakan tap dan snei.

 

Pengertian Tap Dan Snei

Tap (Thread Tap)

fungsi snei dan tap

Tap (Thread Tap) berbentuk seperti baut panjang yang pada bagian ulirnya terdapat 3 atau 4 buah parit memanjang. Tap adalah alat yang digunakan untuk membuat ulir dalam dengan tangan. Dalam hal ini disebut saja “tap tangan” untuk membedakan penggunaannya dengan yang dipakai mesin. Bahannya terbuat dari baja karbon atau baja suat cepat (HSS) yang dikeraskan.

Setiap satu set, tap terdiri dari 3 buah yaitu :

  • Tap no.1 (Intermediate tap), mata potongnya tirus digunakan untuk pengetapan langkah awal, kemudian
  • Tap no. 2 (Tapper tap) untuk pembentukan ulir.
  • Tap no. 3 (Botoming tap), digunakan untuk penyelesaian

 

Untuk menggunakan thread tap diperlukan handle tap (Tap Stock Handle). Bagian persegi pada bagian pangkal tap, dipasangkan dan dijepit kuat pada handle tap sehingga memungkinkan mekanik/operator memberikan tekanan yang kuat dan merata pada sistem tuas untuk memastikan bahwa sudut cut thread adalah 90 derajat terhadap komponen yang sedang dikerjakan.

Tap memiliki beberapa macam ukuran dan tipe sesuai dengan jenis ulir yang dihasilkan apakah itu Ulir Metrik ataupun Ulir Withworth. Berikut arti huruf dan angka yang tertera pada Tap (hal ini juga berlaku pada Sney). 

Alat Bantu yang dipakai untuk menggunakan tap, supaya dalam pemakainannya lebih mudah. Dibutuhkan kunci pemegang tap atau tangkai tap.

Pemegang tap bentuknya ada 3 macam, yaitu :

  • 1. Tipe batang
  • 2. Tipe penjepit
  • 3. Tipe amerika

 

Snei (Thread Die)

 

fungsi tap dan snei

 

Snei adalah alat bantu perkakas kerja bangku yang diperuntukkan untuk membuat ulir luar (membuat ulir luar pada baut). Snei biasanya terbuat dari bahan HSS (Baja Cepat Tinggi). Bahan sney tersebut dibuat dari karbon baja sayat cepat (HSS). 

Bentuk snei umumnya bulat dengan lubang dibagian tengah (seperti mur) yang di desain untuk memotong dan membuat ulir. Dalam pemakaiannya snei tersebut dijepit dengan bantuan sney yang dilengkapi dengan tangki. Sedangkan bentuk snei ada 2 macam sebagai berikut.

  • 1. Sney belah bulat
  • 2. Sney segi enam

 

Untuk menggunakan snei, kita juga membutuhkan Handle snei (Die Stock Handle). Snei, dipasangkan di tengah-tengah handle yang berbentuk bulat kemudian di kencangkan dengan baut yang ada di sisi-sisi dari dudukan snei tersebut.

 Handle snei digunakan untuk menahan thread die dengan kuat agar mekanik (operator) dapat memberikan tekanan yang merata dan tuas tidak miring.

Perbedaan Tap (Thread Tap) Dan Snei (Thread Die)

Dari penjelasan diatas, maka bisa kita simpulkan tentang perbedaan tap dan snei yaitu Tap digunakan untuk membuat ulir dalam (ulir mur), sedangkan snei digunakan untuk membuat ulir luar (ulir baut) Tap berbentuk seperti baut, sedangkan snei berbentuk seperti mur

Jadi, ketika terjadi kerusakan pada ulir baut, maka kita mengunakan snei untuk memperbaikinya sedangkan jika kerusakan ulir terjadi pada mur atau lubang baut, maka menggunakan tap adalah pilihannya.

 

Itulah artikel tentang tap dan snei yang bisa membantu kita memahami dan mengetahui fungsi, kegunaan serta perbedaan masing-masing dari alat tersebut. Kunjungi juga situs seputar di noakmech.com.