Apa Itu Blower? dan Review Harga Blower di Berbagai Daerah

Apa itu Blower – Secara umum gambaran blower adalah mirip seperti kipas (fan) tapi perbedaannya adalah pada titip semburan yang diinginkan oleh masing-masing alat tersebut dan besarnya semburan yang di hasilkan oleh masing-masing alat tersebut. Tetapi pada intinya adalah terdiri dari bagian inlet dan outlet.

Apa Itu Blower? dan Review Harga Blower di Berbagai Daerah

Pengertian Blower

Blower adalah alat yang di gunakan untuk mendapatkan tekanan dan semburan yang tinggi sesuai dengan kebutuhan menuju arah tertentu sesuai dengan fungsi yang diinginkan.

 



Sistem Kerja

Blower memiliki sistem kerja dengan memanfaatkan putaran dari rotor atau impeller. Pada proses perubahan energi tersebut, udara akan terdorong dan terbentuk pergerakan vortek (melingkar). Desain dari bentuk blower sendiri memng di bentuk sehingga terjadi penumpukan udara atau turbulensi udara dengan kompresi yang tinggi atau volumenya bertambah secara terus menerus. Kemudian akhirnya udara keluar melalui bagian suction (output) dengan kecepatan tinggi ataupun rendah.

Perlu diingat bahwa ada beberapa jenis blower yang memiliki design dengan keluaran high pressure atau low pressure. Sehingga pengguna memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan.



Apa Itu Blower? dan Review Harga Blower di Berbagai Daerah

Fungsi Blower

FUngsi blower sendiri tergolong banyak sekali, baik untuk industri kecil ataupun besar dan bahkan sering di gunakan di rumah untuk keperluan tertentu seperti pengering rambut, pengering tangan penyedot debu dll. Beberapa fungsi blower sebagai berikut:

1. Menurunkan Temperature atau Kelembaban Udara

Fungsi blower yang pertama ialah dapat digunakan untuk menurunkan kadar kelembaban air yang ada di udara. Diketahui, udara yang mempunyai tingkat kelembaban tinggi dapat mengakibatkan korosi dan karat pada logam tertentu. Blower yang digunakan untuk menurunkan kelembaban ini hendaknya memiliki desain khusus yang tahan terhadap korosi serta karat. Dengan memanfaatkan benda ini maka kondisi tersebut pun dapat dihindari.



2. Menghilangkan Bau

Fungsi Blower yang kedua adalah mampu menghilangkan bau bauan tidak sedap yang ada pada suatu ruangan. Bau-bau tertentu seringkali mengganggu indera penciuman bila tidak disingkirkan. Misalnya saja pada pabrik pengolahan yang pastinya akan menimbulkan bau khas dalam prosesnya. Bau zat tertentu dapat membuat pernafasan para pekerja menjadi sesak. Blower menghisap udara yang tidak sedap kemudian memindahkannya pada tempat lain yang diinginkan.

3. Membersihkan Debu dan Kotoran

Manfaat Blower yang ketiga juga bermanfaat untuk membersihkan kotoran berupa debu-debu halus yang menempel. Contohnya saja penggunaan blower pada bidang industri seperti makanan, obat-obatan dan lain-lain. Dengan demikian, bahan-bahan yang digunakan pun lebih bersih dan steril dari partikel pengganggu yang sulit dibersihkan menggunakan cara lainnya. Hal ini dikarenakan blower mampu mengangkat partikel kecil namun berat. Selain digunakan dalam bidang industri besar, pemakaian blower juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kehidupan sehari-hari. Misalnya adalah untuk membersihkan debu pada perabot rumah tangga, lantai sampai dengan barang-barang elektronik yang ada.

4. Membantu Menyaring Udara

Pernah kan kita melihat di ruangan kantor di pasang blower mengarah ke atas atau keluar ruangan. Nah salah satu tujuannya untuk menghilangkan udara yang buruk ke luar sehingga tergantikan dengan udara yang lebih bagus.

5. Moving Material

Karena fungsi blower bisa menghisap dengan hisapan yang tinggi, maka memindahkan material yang kecil ataupun besar bukanlah hal yang harus di perdebatkan. Karena dalam dunia industri penggunaan blower untuk memindahkan material ke tempat yang diinginkan.

Adapun cara untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan pipa-pipa tertentu. Nantinya, partikel yang berbentuk seperti bubuk ataupun granula akan dipindahkan melalui pipa tersebut dari satu wadah ke wadah lain. Blower sendiri akan dimanfaatkan untuk menghembuskannya dengan kuat sehingga bahan di dalam pipa dapat berpindah.

 

Jenis-Jenis Blower

Blower tersendiri mempunya banyak jenis dan biasanya design bentuknya di sesuaikan dengn kebutuhan penggunaan dan fungsi yang di harapkan dari blower sendiri.

1. Sentrifugal

Tipe sentrifugal didesain sebuah impeller. Tipe ini secara khusus dapat meningkatkan tekanan dan volum gas secara efektif. Pemakaian yang paling umum adalah pada aerasi kolam dan pemberian oksigen untuk paru-paru artifisial.

2. Positive Displacement

Positive displacement adalah varian yang secara khusus didesain untuk meningkatkan tekanan dan velositas fluida dengan memberikan tekanan. Tujuan tersebut diwujudkan dengan mendesain inlet yang lebar dan outlet yang sempit.

Rotary root adalah contoh sub varian positive displacement. Pada tipe tersebut, digunakan dua rotor yang berputar pada arah yang berbeda sehingga mampu menghasilkan volum udara yang tinggi.

3. Helical Screw Blower

Tipe helical screw (sering dibandingkan dengan root blower) didesain dengan beberapa buah cuping atau daun kipas di rotor yang jumlahnya 2 buah. Pergerakan diatur sedemikian rupa sehingga kedua rotor dapat bekerja dengan sinkron. Tipe ini sangat hemat digunakan dan bisa bekerja dalam gerakan yang lebih cepat dibanding tipe root.

4. High Speed Type

Sebagaimana namanya, high speed type memanfaatkan gerakan yang sangat cepat sehingga bisa digunakan untuk beberapa keperluan yang agak berat (heavy duty). Tekanan yang dihasilkan bisa mencapai 25 psi, sehingga melebih tipe yang lain. Sementara kecepatannya bisa mencapai 15.000 meter kubik per jam.

5. Regeneratif

Tipe ini dapat didesain menggunakan semacam baling-baling yang bila terus berputar akan mampu mendorong udara bergerak maju. Udara tersebut selanjutnya bergerak lagi ke belakang baling-baling. Tipe ini ideal digunakan bila Anda memerlukan keluaran udara dengan volum tinggi dan tekanan rendah.

6. Axial Industrial Blower

Tipe axial akan menciptakan aliran udara bervolume besar dengan tekanan rendah. Penggunaannya sangat beragam, namun umumnya digunakan untuk pendinginan mesin-mesin industri hingga mesin komputer rumahan.

 

Harga Blower

Apa Itu Blower? dan Review Harga Blower di Berbagai Daerah

Harga blower sendiri sangat bervariasi sekali, mulai dari yang puluhan ribu hingga ratusan juta sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Berikut kami sajikan beberapa refrensi harga Blower Elektrik yang bisa menjadi rujukan anda:

 

Harga Blower Elektrik

Nama ProdukLokasi Harga
Blower Elektrik 4 inch / Mesin Blower Keong / Electric BlowerKOTA JAKARTA BARAT925,000
OPOLAR Cordless Air Duster Blower Dust Cleaner Wireless ElectricKOTA SURABAYA727,500
?READY STOCK?Blower Air Duster / Jet Cleaner Cordless / Handheld Air Duster / pet blower / Blower Kipas / Listrik Tegangan Tinggi / Isi Ulang / Kapasitas Besar / Portabel / Gerinda Cordless / anasonic cordless ironKAB. TANGERANG375,000
Blower Elektrik Angin Model Keong TW Westco 2" Inch Electric BlowerKOTA JAMBI225,000
Blower Elektrik 2 inch / Mesin Blower Keong / Electric BlowerKOTA JAKARTA BARAT220,000
Blower booster cba sprayer elektrik penyemprotKAB. KENDAL220,000
MOLLAR BL-500 Electric Blower - Mesin Tiup Listrik pengering bulu hewanKOTA SURABAYA220,000
Blower Elektrik 2 inch / Mesin Blower Keong / Electric BlowerKOTA JAKARTA BARAT220,000
Blower booster cba sprayer elektrik penyemprotKAB. KENDAL220,000
Elektrik blower 2 inch NANKAI mesin blower keong 2"KOTA BANDUNG219,000
Mesin Blower Mailtank Sh-22 Electric Blower 680WKAB. TANGERANG218,000
Blower Keong 2" Sumura Blower Duduk ElektrikKOTA SURAKARTA (SOLO)215,000
Blower Keong 2" Sumura Blower Duduk ElektrikKOTA SURAKARTA (SOLO)215,000
NRT-PRO NORITA Mesin Blower Keong Duduk 2 Inch Elektrik ElectricKOTA JAKARTA BARAT215,000
BLOWER BOOSTER SPRAYER ELEKTRIK MEREK ABCKAB. TUBAN210,000
moswel electric blower 2"KOTA SURABAYA205,000
BLOWER BOSTER SPRAYER ELEKTRIKKAB. TUBAN195,000
? COD + Spot + Garansi Lokal 1 Tahun? Kamolee Cordless Electric Blower 18V DUB185 2 in 1 Isi Ulang 20000rpm Blower Cordless Baru [Kompatibel dengan Baterai Makita 18V]KOTA JAKARTA BARAT182,400
[COD+ Pengiriman Lokal] Kamolee Cordless Brushless Electric Blower 18V DUB185 2 In 1 20000rpm Isi Ulang Blower Tanpa Kabel Baru 2 Mode Sakelar Mode Tiup Dan Mode Vakum Termasuk Aksesori Dan Baterai Serta Pengisi Daya Kompatibel Dengan Baterai Makita 1KOTA JAKARTA BARAT171,000
JLD VARIABEL SPEED ELECTRIC HAND BLOWER MESIN TIUP ANGIN LISTRIK 450 WATT J0023KOTA JAKARTA BARAT169,900
Mesin Hand Blower Ryu RBL25-1 / Mesin Blower Tangan Blower Angin Ryu RBL 25-1 Electric Blower RYU TORA Mesin blower udara dan vacumKAB. TANGERANG156,900
QST Express Heat Gun Electric Hot Air Vinyl 230V 300W - QST-220KOTA SEMARANG51,600
CHARGER 1,7A SPRAYER MSA ELEKTRIKKOTA TANGERANG24,000

 

Demikianlah penjelasan tentang apa itu blower. Semoga bisa menjadi refrensi yang bermanfaat untuk anda. Untuk harga lebih jelas bisa langsung pergi ke toko terdekat.

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com