Pengertian dan Jenis Jasa Konstruksi

pengawas jasa konstruksi

Jasa Konstruksi – Kali ini team alwepo.com akan membahas tentang . Jasa Konstruksi merupakan Kebutuhan akan konsumsi yang menawan dan yang megah ataupun sesuai dengan yang kita impikan merupakan salah satu kebutuhan manusia pada zaman sekarang ini. Teknik konstruksi dan Jasa Konstruksi merupakan hal yang sangat keterkaitan dan tidak dapat di pisahkan.

Pengertian Jasa Konstruksi

Teknik konstruksi-merupakan salah satu bidang ilmu yang membahas tentang struktur atau rangka atau bangunan dari suatu unit, suatu bangunan atau system. Menurut Undang-undang Jasa Konstruksi (UUJK), sedangkan yang dimaksud dengan Jasa Konstruksi adalah layanan jasa konsultansi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi, dan layanan jasa konsultansi pengawasan pekerjaan konstruksi.

Jasa konstruksi

Kategori Jasa Konstruksi

Sesuai dengan undang-undang No.18 tahun 1999 yang bisa Anda lihat di situs web resmi BPK Republik :

Perencana Konstruksi

Perencana Konstruksi bertugas memberikan layanan jasa perencanaaan dalam konstruksi yang meliputi rangkaian kegiatan atau bagian-bagian dari kegiatan. Mulai dari studi pengembangan sampai dengan penyusunan dokumen kontrak kerja konstruksi, mereka yang mendapat tugas ini biasanya disebut sebagai Konsultan Perencana.

design engineer jasa konstruksi
pixabay

Pelaksana Konstruksi

Pelaksana Konstruksi bertugas memberikan layanan jasa pelaksanaan dalam pekerjaan konstruksi yang meliputi rangkaian kegiatan atau bagian-bagian dari kegiatan mulai dari penyiapan lapangan sampai dengan penyerahan akhir hasil pekerjaan konstruksi, yang umumnya disebut Kontraktor Konstruksi.

pelaksana konstruksi
pixabay

Pengawasan Konstruksi

Pengawas Konstruksi berrtugas memberikan layanan jasa pengawasan baik sebagian atau keseluruhan pekerjaan pelaksanaan konstruksi. Mulai dari penyiapan lapangan  sampai dengan penyerahan akhir konstruksi, mereka yang bertugas di posisi ini biasanya disebut sebagai Konsultan Pengawas

Read also  Penjelasan Lengkap Tentang Torque Converter (Coupling Fluida)

pengawas konstruksi

Jenis Jasa Konstruksi

Merujuk pada UU No. 18 Tahun 1999 yang mengatur tentang jasa konstruksi, terdapat beberapa jenis jasa konstruksi:

Perencana Konstruksi

Perencana konstruksi, yaitu penyedia jasa orang (perorangan) atau badan usaha yang dinyatakan ahli dan profesional di bidang perencanaan jasa konstruksi, serta mampu mewujudkan pekerjaan dalam bentuk dokumen perencanaan bangunan atau bentuk fisik lain. Umumnya, perencana konstruksi ini disebut Konsultan Perencana (Team Leader). Ruang lingkup kegiatannya meliputi kegiatan survei, perencanaan umum, studi kelayakan proyek, perencanaan operasi, studi pengembangan hingga penyusunan dokumen kontrak kerja konstruksi dan pemeliharaan.

Pelaksana Konstruksi

Pelaksana konstruksi, yaitu penyedia jasa yang memberikan layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi yang meliputi rangkaian kegiatan atau bagian-bagian dari kegiatan, mulai dari penyiapan lapangan sampai dengan penyerahan akhir hasil pekerjaan konstruksi. Pelaksana konstruksi disebut dengan Kontraktor Konstruksi yang menjadi kepala proyek atau manager proyek. Ruang lingkup kegiatannya meliputi rangkaian kegiatan dari penyiapan lapangan sampai dengan penyerahan akhir hasil pekerjaan konstruksi. Singkatnya, kontraktor bertugas untuk mengerjakan suatu hasil perencanaan menjadi bentuk bangunan atau bentuk fisik lain.

Pengawas Konstruksi

Pengawas konstruksi, yaitu penyedia jasa orang (perorangan) atau badan usaha yang dinyatakan ahli dan profesional di bidang pengawasan jasa konstruksi, serta mampu melaksanakan pekerjaan pengawasan sejak awal pelaksanaan pekerjaan konstruksi sampai selesai dan diserahterimakan. Pengawas konstruksi disebut sebagai Konsultan Pengawas (Supervision Engineer).

 

Jasa Pelaksana Konstruksi

Dalam suatu proyek konstruksi biasanya akan melibatkan beberapa pekerjaan konstruksi yang terintegrasi untuk dapat mewujudkan suatu bangunan, dimulai dari pekerjaan arsitektural, sipil, elektrikal hingga tata lingkungan. Terdapat enam bidang jasa pelaksana konstruksi yang meliputi:

Teknik Arsitektur

Read also  Gejala Listrik Statis: Contoh, Penerapan, Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ruang lingkup kerjanya meliputi arsitektur bangunan berteknologi sederhana, menengah, tinggi, arsitektur interior bangunan, arsitektur lanskap (termasuk perawatannya), bangunan komersial, fasilitas olah raga di luar gedung, perumahan tunggal, perumahan multi hunian, pekerjaan pemasangan instalasi aksesori bangunan, pekerjaan dinding, pekerjaan jendela kaca, kayu, logam beserta berbagai perawatannya.

Teknik Mekanikal

Ruang lingkup kerjanya meliputi pengerjaan instalasi tata udara (AC), instalasi minyak/gas/geotermal, instalasi industri, konstruksi lift dan eskalator, perpipaan, insulasi dalam bangunan, konstruksi alat angkut, instalasi fasilitas produksi, serta jasa penyedia peralatan kerja konstruksi.

Teknik Elektrikal

Ruang lingkup kerjanya meliputi pengerjaan instalasi , instalasi pembangkit tenaga listrik, instalasi pembangkit tenaga listrik energi baru, sinyal dan telekomunikasi kereta api, telekomunikasi sarana bantu navigasi udara dan laut, sentral telekomunikasi, penangkal petir, dan bangunan pemancar radio, transmisi tenaga listrik, jaringan distribusi tenaga listrik, instalasi kontrol dan instrumentasi, termasuk perawatan.

Teknik Sipil

Ruang lingkup kerjanya meliputi pembangunan jalan raya, jalan layang, , jalur kereta api, landasan pesawat terbang, terowongan, jalan bawah tanah, drainase kota, saluran pengendalian banjir, jaringan pengairan/irigasi/bendungan/ prasarana sumber daya air, struktur bangunan gedung, konstruksi tambang dan pabrik, pekerjaan penghancuran bangunan, penyiapan dan pengupasan lahan, pemacangan, pelaksanaan pondasi, pembetonan, konstruksi baja, pengaspalan dan perawatannya.

Teknik Tata Lingkungan

Ruang lingkup kerjanya meliputi tata ruang kota, analisa dampak lingkungan (Amdal), teknik lingkungan, pengembangan wilayah, pengolahan serta perpipaan air bersih dan perpipaan limbah, perpipaan minyak, perpipaan gas, pekerjaan pengeboran air tanah, reboisasi dan perawatannya.

Demikianlan penjelasan tentang jasa konstruksi, semoga bermanfaat.