5 Tips Menjaga Otak Tetap Sehat

Tips Menjaga Otak Tetap Sehat – Dunia adalah duni dimana para pekerja atau pelaku industri di tuntut untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam setiap proses yang mereka lakukan/ kerjakan. Oleh karena itu tentu otak kita berpikir keras tentang tantangan-tantangan yang mengakibatkan / otak kita kelelahan.

Perubahan di organ & otak Kita normal sejalan pertambahan umur. Tetapi, ada banyak hal yang dapat Kita perbuat utk menolong memperlambat penurunan memory & menurunkan risiko kena sindrom Alzheimer atau demensia yang lain. Dibawah merupakan lima info yang sangat di rekomendasikan dari pakar kesehatan:

 

1. Olahraga dengan teratur.

Tips yang pertama adalah ialah continue olahraga. Olahraga mempunyai sejumlah keuntungan yg kita ketahui, & aktivitas fisik yang teratur bermanfaat bagi otak. Berbagai studi penelitian menunjukkan bahwa orang yang aktif secara fisik cenderung mengalami penurunan fungsi mental dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

Kami percaya manfaat ini adalah hasil dari peningkatan aliran darah ke otak Anda selama berolahraga. Ini pun cenderung melawan banyak pengurangan natural didalam jaringan otak yg berlangsung semasa penuaan, yang pada dasarnya membalikkan sejumlah problem.

Tips menjaga otak tetap sehat
pixabay.com

Tujuan olahraga diatur beberapa kali per minggu selama 30-60 menit. Anda dapat berjalan, berenang, bermain tenis, atau aktivitas aerobik sedang lainnya yang meningkatkan detak jantung Anda.

2. Tidur yang cukup.

Tips menjaga otak tetap sehat yang kedua, tidur memberikan peran baik didalam kesehatan otak Anda. Terdapat banyak teori jika tidur membantu clean up protein yang tidak normal di otak Anda dan mengkonsolidasikan ingatan, yg menaikan memory dan kesehatan otak Kamu secara menyeluruh.

Read also  Menjadi Diri Sendiri
Tips menjaga otak tetap sehat
pixabay.com

Penting bagi Anda untuk mencoba tidur tujuh hingga delapan jam berturut-turut per malam, bukan tidur yang terfragmentasi dengan peningkatan dua atau tiga jam. Tidur berturut-turut memberi otak Anda waktu untuk mengkonsolidasikan dan menyimpan ingatan Anda secara efektif. Sleep apnea berbahaya bagi kesehatan otak Anda dan mungkin menjadi alasan mengapa Anda kesulitan untuk mendapatkan jam tidur yang berurutan. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda atau anggota keluarga mencurigai Anda menderita sleep apnea.

3. Makan makanan Mediterania.

Tips menjaga otak tetap sehat yang ketiga, Diet Anda memainkan peran besar dalam kesehatan otak Anda. Kita harus mempertimbangkan untuk mengikuti diet Mediterania, yang menekankan makanan nabati, biji-bijian, ikan dan lemak sehat, seperti minyak zaitun. Ini menggabungkan lebih sedikit daging merah dan garam daripada makanan khas Amerika.

Studi menunjukkan orang yang mengikuti diet Mediterania lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki penyakit Alzheimer daripada orang yang tidak mengikuti diet. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagian mana dari diet yang memiliki dampak terbesar pada fungsi otak Anda. Namun, kita tahu bahwa asam lemak omega yang ditemukan dalam minyak zaitun extra-virgin dan lemak sehat lainnya sangat penting bagi sel-sel Anda untuk berfungsi dengan benar, tampaknya mengurangi risiko penyakit arteri koroner, dan meningkatkan fokus mental dan memperlambat penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua. .

4. Tetap aktif secara mental.

Tips menjaga otak tetap sehat yang keempat, Otak Anda mirip dengan otot — Anda perlu menggunakannya atau Anda akan kehilangannya. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga otak tetap bugar, seperti mengerjakan teka-teki silang atau Sudoku, membaca, bermain kartu atau menyusun teka-teki jigsaw. Anggap saja ini melatih otak Anda. Jadi menggabungkan kegiatan yang berbeda untuk meningkatkan efektivitas.

Read also  Tips Memilih Obeng Bor Listrik

Saya tidak merekomendasikan program pelatihan otak berbayar yang di sediakan saat ini. Program-program ini sering membuat janji bahwa mereka tidak dapat menepati atau fokus pada keterampilan menghafal yang tidak berguna dalam kehidupan sehari-hari. Otak Anda bisa mendapatkan latihan yang sama baiknya dengan membaca atau menantang diri sendiri dengan teka-teki. Terakhir, jangan terlalu banyak menonton televisi, karena itu adalah aktivitas pasif dan tidak banyak merangsang otak Anda.

5. Tetap terlibat secara sosial.

Tips menjaga otak tetap sehat yang kelima, Interaksi sosial membantu menangkal depresi dan stres , yang keduanya dapat berkontribusi pada hilangnya ingatan. Cari peluang untuk terhubung dengan orang yang dicintai, teman, dan orang lain , terutama jika Anda tinggal sendirian. Ada penelitian yang menghubungkan kurungan isolasi dengan atrofi otak, jadi tetap aktif secara sosial mungkin memiliki efek sebaliknya dan memperkuat kesehatan otak Anda.

Itulah artikel tentang tips menjaga otak tetap sehat yang penting untuk kita ketahui dan pahami bersama. Baca juga artikel kesehatan lainnya di esehat.id