Tips Menjaga Kebugaran Setelah Lembur atau Kerja Malam

TIPS Menjaga Kebugaran setelah kerja lembur malam hari

Tips agar bayi tidur nyenyak dan pulas

1. Tidur

     Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk menjaga metabolisme tubuh. Setiap orng membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda sesuai dengan kebugaran tubuh dan kesegaran pikiran. Semakin sehat tubuh dan pikiran maka waktu tidur yg di butuhkan biasanya tidak terlalu banyak sekitar 4-5 jam. Perlu diingat waktu tidur juga sangat memepengaruhi kesehatan kita. Jika waktu kita tidur berlebih biasanya dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan diantaranya sakit kepala dan badan terasa lemas.
       Bagi yang sering begadang/ kerja malam atau lembur sampai pagi hari, kebutuhan waktu tidur yang dibutuhkan sekitar 5-7 jam. Kekurangan atau kelebihan waktu tidur biasanya dapat menyebabkan sakit pusing dan dapat mengganggu kebugaran tubuh.
Jangan Lupa membaca doa sebelum tdur ya…
Ada beberapa hal yang harus dihindari diantaranya:
– Kebiasaan begitu pulang kita tidak langsung istirahat tapi mengerjakan hal-hal yang membuat rasa kantuk hilang sehingga tidur kesiangan
– Setelah pulang pagi usahakn jangan langsung mandi karna akan terjadinya gangguan syaraf yang menyebabkan gejala pusing atau lemas. Kalau mau mandi usahakan setelah istirahat 30 menis sd 1 jam biar bisa lebih fresh tapi biasanya akan susah tidur. Jadi harus pintar melihat kondisi tubuh kita.

2. Makanan

       Tidak bisa dipungkiri makanan merupakan kebutuhan pokok yang melingkupi kehidupan kita sehari-hari. Berbagai jenis makanan mulai dari yang alami sampai sintetis. Kita harus berhati-hati dalam memilih makanan ataupun dalam menjmyajikan makanan terlebih lagi makanan yang di beli di tempat-tempat  umum.
       Untuk anda yang melakukan aktifitas sampai pagi hari sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan yang berat-berat seperti lemak tinggi, berminyak dll. Karna jenis makanan tersebut akan mengakibatkan kelelahan pada organ pencernaan kita karna tubuh yang kurang istirahat. Sebaiknya perbanyak makanan dan minuman seperti buah-buahan, sayuran, susu dan yang lebih utama lagi perbanyak minum air putih. Dengan memperbanyak meminum air putih akan membantu menjaga metabolisme tubuh anda setelah seharian beraktifitas. Tapi harus diketahui jangan terlalu banyak meminum air pada waktu yang bersamaan krna dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Terlalu banyak minum air akan dpt menyebabkan rasa lemes dan males. Jadi konsumsilah air sesuai dengan kebutuhan anda.
Jangan Lupa membaca doa sebelum makan ya..
Beberapa hal yang harus dihindari adalah
– Jangan makan sebelum tidur karna anda akan memaksa pencernaan anda untuk beraktifitas di saat perut anda butuh istirahat.
– Kalau bangun tidur jangan langsung makan ya, sebaiknya baca doa bangun tidur dan usahakan meminum air putih. Karna selama aktifitas tidur banyak keringat yang keluar nah perlu di seimbanhkan dengan minum air.

3. Liburan

       Setelah seminggu beraktifitas pasti anda terbebani dengan tugas kantor, tekanan dari atasan kelelahan fisik dll. Nah yang anda perlukan aadalah liburan. Liburan itu gak usah mahal-mahal yang penting adalah bagaimana merubah suasana hati anda bisa lebih tenang dan fresh. Ajaklah keluarga minimal sekali sebulan. Berilah waktu waktu berharga untuk keluarga anda pada Kegiatan seperti ini karna akan sangat berpengaruh terhadap kondisi psikologis anda baik dalam semangat kerja, menjalani aktifitas, menjaga keharmonisan keluarga anda.

4. Belajar

“Belajar Dari Semenjak Lahir Hingga Akhir Hayat”
Kata bijak tersebut merupakan hala yang harus menjadi perhatian buat anda sekalian. Usahan waktu anda, anda manfaatkan utk hal-hal positif seperti membaca, berdiskusi ataupun mengahadiri pengajian. Karna akan membantu mengurangi tingkat stress anda setelah berjam-jam larut dengan aktifitas kerja anda. Disela-sela waktu kosong anda gunakanlah untuk mempelajari hal-hal yang baru atau membuat hati anda tenang. Belajar tidak harus di kelas tapi di amanpun kita bisa belajar yang penting ada kemauan dan mengisi waktu luang walaupun hanya 15 menit. Terlebih lagi apabila anda menyempatkan diri anda untuk menghadiri kajian-kajian ilmu tentu akan sangat bermanfaat untuk diri kita.
Demikian beberapa tips yang bisa saya sharingkan kepada temen-temen semua semoga bermanfaat dan tetep menjadi insan yang mulia.
Kalau kita bisa menjadi Insan yang mulia Insya Allah keluarga kita dan lingkungan kita akan menjadi makmur dan tentram terlebih akan.
Read also  ADAB-ADAB YANG BERKAITAN DENGAN MASJID