Fungsi, Manfaat dan Begini Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil Yang Benar

Cara menggunakan rem tangan mobil – Semua kendaraan pasti dilengkapi dengan fitur keamanan berupa rem. Rem akan menghentikan laju kendaraan supaya aman dikendarai. Ada dua jenis rem yang disediakan yaitu rem tangan mobil dan rem kaki.

Masing-masing rem tersebut memiliki fungsi berbeda yang wajib diketahui oleh pengendara. Ada yang berfungsi untuk membantu parkir, ada juga yang menghentikan laju kendaraan. Lalu apa fungsi ?

Fungsi Rem Tangan Mobil

Rem tangan merupakan sistem pengereman pada mobil yang berfungsi untuk menahan atau menghentikan laju kendaraan. Selain saat parkir, rem tangan mobil sering digunakan pada saat melintas di tanjakan atau turunan.

Tujuannya untuk menghentikan pergerakan mobil agar laju kendaraan mudah dikendalikan. Oleh karena itu, Sahabat harus paham bagaimana cara menggunakan rem tangan mobil agar rem tangan terap berfungsi dengan baik dan tidak mudah rusak.

Istilah lain yang digunakan untuk rem parkir. Hal ini benar saja karena mengingat fungsinya adalah menjaga agar kendaraan tetap diam ketika parkir. Khususnya saat berada di jalanan yang tidak rata seperti naik atau turun.

Fungsi rem tangan mobil juga tidak hanya sebatas itu saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai alternatif pengereman di saat darurat. Hanya saja Anda perlu tahu bagaimana cara penggunaannya yang benar.

Namun tetap perlu diperhatikan ketika Anda sedang menggunakan rem di area jalanan yang sangat menukik. Ban mobil tetap harus diganjal dengan batu supaya lebih aman, apalagi jika Anda akan berhenti dalam waktu lama.

cara menggunakan rem tangan mobil yang benar

Jenis Rem Tangan

Berdasarkan cara penggunaannya, rem tangan terbagi atas tiga jenis, apa saja?

1. Rem tangan stik

Rem tangan satu ini cukup mudah digunakan, karena bentuknya berupa stik yang dilengkapi dengan tombol pada bagian atas. Biasanya letak rem tangan stik ada di bagian tengah antara kursi pengemudi dan kursi navigator.

Mobil dengan transmisi manual atau otomatis banyak menggunakan rem tangan berupa stik. Cara menggunakannya, Sahabat hanya perlu menarik atau menurunkan tuas stik sembari ditekan tombol atasnya.

2. Rem tangan tombol

Model rem tangan tombol diciptakan untuk mempermudah penggunaan rem tangan. Cara menggunakannya cukup dengan menarik sedikit ke atas tuas yang ada di tombol maka mobil akan melakukan pengereman.

Biasanya rem tangan tombol memiliki bentuk yang kecil. Tidak banyak produsen mobil yang menggadopsi rem tangan satu ini.

3. Rem tangan pedal

Sama seperti rem tangan tombol, untuk tipe pedal termasuk rem tangan model baru. Meski begitu, letaknya sejajar dengan pedal gas. Cara menggunakannya pun bukan dengan tangan, melainkan diinjak sampai dalam.

Lalu injak sekali lagi untuk melepaskan cengkraman rem jika ingin ke posisi melaju. Mobil-mobil dengan transmisi otomatis cukup banyak yang pakai model rem tangan seperti ini.

Tipe Rem Parkir dan Mekanisme Cara Kerjanya

Rem tangan mobil dibagi menjadi dua tipe sesuai dengan cara kerjanya. Pertama adalah tipe roda belakang dan kedua tipe center brake. Soal cara kerjanya, kedua tipe rem ini sama sesuai dengan jenis rem di atas.

Saat rem ditarik, ditekan, atau diangkat, maka tarik akan dipindahkan ke rem menggunakan kabel rem parkir. Khusus untuk rem roda belakang terdapat kabel yang memiliki equalizer sehingga gaya pengereman bisa disamakan di kedua roda.

Penjelasan dari masing-masing tipe rem parkir ini adalah sebagai berikut.

Rem Roda Belakang

Pada saat Anda mengaktifkan tipe rem ini, maka bagian roda belakang yang akan berhenti terlebih dahulu. Tipe rem ini paling banyak digunakan untuk mobil penumpang atau mobil kecil.

Tipe ini memiliki beberapa bagian body yaitu rem tromol atau drum brake dan juga rem piringan atau disc brake.

Rem Center Brake

Tipe yang kedua ini letaknya pada bagian poros propeller dengan transmisi. Pada saat diaktifkan, maka pengereman terjadi di bagian tersebut. Biasanya kendaraan niaga atau mobil angkutan barang yang menggunakannya.

Model rem tangan mobil ini seperti rem tromol, hanya saja letaknya ada di antara transmisi dan poros propeller.

 

Kerusakan Apabila Rem Tangan Terlambat Digunakan

Cara penggunaan rem pada mobil wajib diperhatikan dan diterapkan dengan benar. Masih banyak pengemudi yang menyepelekan akan hal ini. Ujung-ujungnya sistem pengereman akan rusak dan Anda perlu mengeluarkan biaya lebih banyak.

Kelalaian yang sering terjadi seperti lupa menurunkan rem tangan ketika berkendara. Jika hal ini dilakukan terus menerus, dampak berikut ini akan terjadi.

Kampas Rem Aus

Masalah yang paling sering terjadi adalah kampas rem menjadi aus. Pengikisan kampas rem akan terjadi ketika kinerja rem semakin berat. Hal ini memang tidak terjadi secara langsung, namun dalam jangka waktu panjang.

Kampas Rem Copot

Selain aus, kampas rem tangan mobil juga mudah copot. Hal ini disebabkan roda dipaksa berputar padahal rem masih aktif. Oleh karena itulah tenaga mesin akan tertahan dan menekan kampas rem sehingga cepat copot.

Kampas Rem Menempel di Tromol

Saat posisi mesin masih aktif dan Anda memaksakan penggunaan rem tangan, maka peluang kampas menempel pada bagian tromol menjadi lebih besar. Sebab kondisi rem basah akan membuatnya mudah menempel.

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil

Nah setelah memahami apa saja hal-hal penting harus kalian pahami ketika ingin menggunakan rem tangan mobil seperti di atas otoflik.com sampaikan. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara menggunakan rem tangan mobil perlu kalian pahami, terutama bagi para pengguna mobil baru.

1. Cara Menggunakan Dijalan Menanjak / Menurun

Ketika berkendara menggunakan mobil jelas kita akan menemukan berbagai macam model medan jalan. Salah satunya adalah medan menanjak / menurun. Kondisi ini tentu harus benar-benar kita perhatikan agar mobil tidak los dan bergerak bebas.

Maka dari itu penggunaan rem tangan pun akan begitu membantu. Adapun cara menggunakan rem tangan pada kondisi jalan menanjak / menurun yang paling tepat yaitu aktifkan / lepas rem tangan dari posisi off ke on baru kemudian kalian lepaskan pedal gas.

Hal ini dilakukan agar konfigurasi pada sistem pengereman lebih stabil dan juga seimbang tanpa membahayakan penumpang.  Selain itu penggunaan dengan model tersebut juga akan membantu kabel hand brake / handrem tidak mudah putus.

2. Ketika Parkir Mobil dalam Waktu Lama

Cara menggunakan rem tangan mobil saat berada di halaman parkit sedikit berbeda dengan cara menggunakan ketika berada di medan jalan menanjak ataupun menurun. Karena biasanya pemakaian rem tangan saat berada di halaman parkir akan memakan waktu yang pendek.

Namun bagaimana ketika kita menggunakan rem tangan mobil untuk waktu yang panjang? Jika kalian merasa parkir mobil akan memakan waktu yang cukup lama, sebaiknya gunakan metode memasukkan gigi transmisi ke mode parkir (P) untuk jenis mobil matic.

Namun untuk mobil dengan sistem transmisi manual, sebaiknya gunakan rem tangan agar mobil tidak bisa bergerak bebas namun pastikan kalian juga memasukkan gigi ke posisi 1 untuk membantu menahan mobil agar tidak bebas bergerak ketika terjadi sesuatu pada sistem rem tangan baik itu kabel putus atau minyak rem bocor atau gunakan pengganjal ban.

3. Saat Menarik Tuas Rem Tangan

Kemudian cara menggunakan rem tangan mobil dengan baik dan benar yaitu ketika kalian akan menarik tuas rem tangan. Terkadang banyak sekali orang yang menggunakan rem tangan dengan menarik sekuat mungkin tuas tersebut.

Padahal bila dilakukan secara terus menerus hal ini akan cepat membuat sistem pengereman tangan cepat rusak. Mengingat pada umumnya sebagian besar pabrikan mobil hanay memberikan 5-7 klik saja penarikan tuas rem.

Atau jika kita arahkan ke sudut derajat, umumnya rem tangan sudah akan bekerja dengan maksimal pada kisaran sudut 45 derajat.

4. Khusus Jenis Rem Tangan Stik

Khusus untuk para pemilik mobil dengan jenis rem tangan stik, maka cara menggunakan rem tangan mobil secara tepat untuk jenis ini yakni pastikan saat menarik tuas rem kalian dengarkan bunyi klik.

Dimana seperti kami singgung sebelumnya, usahakan kalian hanya mendengar bunyi klik antara 4 – 7 kali. Bila kalian menarik tuas dan bunyi klik tersebut lebih dari yang disarankan maka bisa diartikan setelan rem tangan sudah mulai kendor dan harus segera diperbaiki.

 

Rem tangan mobil macet

Tidak dapat dipungkiri, rem tangan terkadang mengalami gangguan seperti macet hingga rem tangan mobil tidak berfungsi. Untuk itu, berikut adalah beberapa penyebab rem tangan mobil kamu macet.

Menarik tuas rem tangan terlalu kuat

Jika kamu terlalu kuat dalam menarik tuas rem tangan hingga melebihi batas gerigi didalamnya, hal itu bisa menyebabkan . Tariklah perlahan agar hal semacam itu tidak terjadi.

Tuas rem tidak kembali setelah ditarik

Hal tersebut bisa saja terjadi apabila kamu tidak memahami mekanisme kerjanya. Maka dari itu kamu wajib mengenali penyebab dari rem tangan mobil yang macet tersebut.

Menggunakan rem tangan dalam jangka waktu yang lama

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan rem tangan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika lokasi mobil parkir terdapat genangan air ataupun dalam kondisi banjir. Hal tersebut bisa memberi dampak karat lengket pada rem hingga sulit untuk dilepaskan.

Tidak dapat membedakan rem tangan transmisi manual maupun otomatis

Kendaraan roda empat seperti mobil memiliki dua jenis transmisi yakni manual dan otomatis.

Keduanya memiliki cara penggunaan rem tangan yang berbeda-beda. Penyebab rem tangan mobil macet tersebut bisa terjadi karena pengendara tidak paham dalam membedakan kedua transmisi itu, sehingga sering salah menggunakannya dan mengakibatkan sebagaimana mestinya.

Cara mengatasi rem tangan mobil yang macet

Setelah kamu mengetahui penyebab macetnya rem tangan di mobil kamu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya, yaitu:

Tarik perlahan rem tangan

Jika rem tangan sering macet karena pengendara terlalu kuat dalam menarik rem tersebut, solusinya adalah pengoperasian harus dilakukan perlahan.

Mengembalikan tuas rem yang tidak bisa ditarik

Untuk mengembalikan tuas rem tangan yang tidak bisa ditarik solusinya adalah gunakan tenaga ekstra. Angkat tuas rem dengan kuat dan dengan cepat turunkan tuas rem tersebut agar rem tangan kembali normal seperti biasanya.

Tidak menggunakannya dalam jangka waktu lama

Jika kondisi atau medan tertentu seperti jalan tergenang air banjir, maka tidak disarankan untuk menggunakan rem dalam waktu yang lama.

Pahami rem tangan manual dan otomatis

Pahami seputar rem tangan baik manual maupun otomatis. Mobil dengan transmisi manual menggunakan rem tangan yang mengandalkan tuas untuk pengoperasiannya, sedangkan pada transmisi otomatis sudah banyak menggunakan rem pedal yang pengoperasiannya diinjak begitu juga ketika melepasnya.

Perlu kamu ketahui, cara menggunakan rem tangan yang tidak tepat justru akan membuat rem tangan cepat rusak. Biaya yang harus dikeluarkan pun tidak sedikit. seperti halnya jika kabel rem rusak dan harus diganti.