Cara Mengatasi Turbin Tiba-Tiba Trip


Turbin uap adalah mesin yang mengubah energi uap menjadi energi mekanik.

Prinsip kerja turbin uap adalah memanfaatkan energi tekanan dan entalpi uap yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar fosil atau sumber energi alternatif.

 

Proses Kerja Turbin Uap

Proses kerja turbin uap dimulai dengan pemanasan air menjadi uap yang dilakukan dalam boiler. Uap yang dihasilkan kemudian dialirkan melalui pipa menuju ke turbin. Dalam turbin, uap mengalir melalui suatu ruang yang berbentuk silinder dan memutar blade-blade rotor yang terpasang pada poros.

Gerakan blade-blade rotor ini memutar poros dan menghasilkan energi mekanik. Energi mekanik ini kemudian diteruskan ke generator untuk menghasilkan listrik. Setelah mengalir melalui blade-blade rotor, uap akan melewati condenser dan kembali menjadi air yang kemudian dialirkan kembali ke boiler untuk proses pemanasan.

Turbin uap memiliki beberapa tipe, seperti turbin uap kecil, turbin uap tengah, dan turbin uap besar. Setiap tipe memiliki kapasitas dan efisiensi yang berbeda, dan dipilih berdasarkan kebutuhan aplikasi dan jenis pembangkit listrik yang akan dibangun.

Turbin uap sangat penting dalam industri pembangkit listrik, karena menjadi salah satu sumber utama energi listrik di seluruh dunia. Kelebihan turbin uap antara lain memiliki efisiensi tinggi, dapat bekerja secara stabil dan bertahan lama, dan memiliki sumber bahan bakar yang sangat melimpah.

Turbin%2B2

Turbin Triveni

Turbin Triveni adalah jenis turbin uap yang dikembangkan oleh perusahaan manufaktur mesin Triveni Engineering and Industries Ltd, India. Turbin Triveni dikenal sebagai solusi pembangkit listrik yang handal, efisien, dan memiliki fitur-fitur canggih.

Turbin Triveni memiliki kapasitas daya yang bervariasi, mulai dari beberapa megawatt hingga ratusan megawatt. Turbin ini dapat dipakai untuk berbagai aplikasi, seperti pembangkit listrik tenaga uap, pabrik tekstil, pabrik kertas, pabrik makanan, dan lainnya.

Kelebihan dari turbin Triveni antara lain memiliki desain yang ergonomis dan kompak, memiliki tingkat efisiensi yang tinggi, memiliki fitur-fitur canggih seperti sistem kontrol digital dan teknologi diagnostik, memiliki kualitas dan ketahanan yang baik, dan memiliki layanan purna jual yang baik dan responsif.

Turbin Triveni dibuat dengan menggunakan material berkualitas tinggi dan memenuhi standar internasional, sehingga memastikan kualitas dan ketahanan yang baik dalam jangka panjang. Perusahaan Triveni Engineering and Industries Ltd juga memiliki tim ahli dan berpengalaman dalam bidang turbin uap, sehingga dapat memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi harapan konsumen.

 

Turbin Triveni Tiba-Tiba Trip

Karena beberapa hal seperti tekanan Boiler Drop, Temperature Drop atau problem lainnya yang mengakibatkan Turbin tiba-tiba trip.
Kondisi seperti ini harus di hadapi dengan kondisi tenang dan jangan tergesa-gesa, operator yang bertugas tentu juga harus selalu waspada dengan kondisi seperti ini.
Jika Turbin Trip pastikan dulu gensetnya di hidupkan untuk membantu penerangan dan suplai listrik untuk Pabrik.
Kemudian ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh operator ketika turbin trip (Turbin Triveni):
1. Tutup Handwheel sampai rapat (Putar ke kanan)
2. Hidupkan Auxilary Oil Pump secara manual (Apabila posisi AUTO tidak hidup) atau gunakan hand pump secara manual

3. Kembalikan Knob Load Limit Governor ke angka NOL
4. Kembalikan Speed Limit Setting Indikator  ke angka NOL dengan cara memutar knob speed setting ke kiri lalu kembalikan Hand Trip ke posisi TRIP
5. Tutup Valve steam Inlet dan Exhaust
6. Buka Valve By Pass dan semua valve Drainase
Demikian beberapa hal yang harus dilakukan operator ketika turbin tiba-tiba trip. Setelah kembali normal baik suplai steam atau yang lainnya, Turbin bisa di start secara normal kembali.


Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com

Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code:
Close