Perpindahan Panas / Heat Transfer Pada Boiler (Bag. 1)

radiations%2Bzone
PERPINDAHAN PANAN / HEAT TRANSFER PADA BOILER
1. KONDUKSI

Perpindahan panas secara konduksi adalah proses perambatan panas secara berhubungan langsung / bersinggungan ( direct contact ) dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang lebih rendah suhunya.
Konduksi dapat diketemukan pada benda padat dimana dalam hal ini tidak ada konveksi. Rumus dasar perpindahan panas secara konduksi dapat ditulis dalam bentuk kecepatan perpindahan panas :
Kecepatan perpindahan panas =   Daya penggerak di bagi Tahanan
2. KONVEKSI
Perpindahan panas secara konveksi adalah perpindahan panas dari fluida – fluida dengan perantara benda padat secara berhubungan langsung, dimana fluida – fluida tersebut dalam keadaan bergerak. Perpindahan panas secara konveksi dan konduksi yang terjadi sekaligus atau secara serentak dinamakan perpindahan panas secara konveksi.
3. RADIASI
Perpindahan panas secara radiasi adalah perpindahan panas melalui ruang oleh gelombang elektromagnetik dari benda yang bersuhu tinggi diteruskan ke benda bersuhu rendah. Pada benda yang homogen kecepatan gelombang elektromagnetik ini sama dengan kecepatan cahaya sampai gelombang elektromagnetik tersebut dipantulkan atau diserap.
Read also  Limbah Padat dan Pengolahannya