Mengenal Lebih Jauh Tentang External Combustion Engine Beserta Contohnya

External Combustion Engine – Bagi anda yang telah lama berkecimpung di dunia , tentu saja istilah menjadi salah satu hal yang tidak asing. Bahkan salah satu hal yang perlu untuk anda tahu. Bagi yang ingin mengenal istilah otomotif satu ini lebih lanjut, berikut simak ulasannya untuk anda.

contoh motor bakar yang termasuk external combustion engine adalah

Apa Itu External Combustion Engine

Sebelum membahas istilah ini lebih lanjut, anda perlu tahu lebih dulu tentang motor bakar. Motor bakar sendiri merupakan salah satu jenis motor yang mana memakai energi panas atau thermal dari proses pembakaran. Dimana menggunakan campuran udara yang berasal dari karburator dan juga campuran bensin untuk melakukan proses kerja mekaniknya.

Selain itu, di dalam proses pembakaran yang terjadi pada motor bakar ini, ternyata juga bisa terjadi setelah beberapa atau komponen telah terpenuhi. Adapun beberapa komponen yang harus terpenuhi adalah bahan bakar dan juga adanya panas atau api. Selain itu, oksigen atau udara juga perlu terpenuhi untuk melakukan proses pembakaran di dalam motor bakar.

Dengan adanya energi panas atau thermal tersebut yang telah dihasilkan selama proses pembakaran ini, maka hal itu nantinya akan langsung diubah menjadi energi mekanik putaran pada roda oleh motor bakar tersebut. Untuk itu, sebelum anda ingin tahu tentang contoh motor bakar yang termasuk external combustion engine adalah, maka kenali dulu pengertian motor bakar ini.

Setelah itu, barulah bisa beralih pada motor bakar yang termasuk external combustion engine. Dimana untuk jenis motor bakar satu ini memang memiliki letak pembakaran yang terjadi di luar silinder atau mesin. Oleh karena itu, untuk proses pembakarannya sendiri yakni membutuhkan tempat tersendiri.

Read also  Apa itu ABS? Simak Penjelasan Lengkap Tentang ABS atau Air Lock Braking System

Sehingga nantinya untuk hasil pembakarannya, energi panas atau thermal tersebut tidak akan langsung berubah menjadi energi gerak. Melainkan, akan terlebih dahulu diproses melalui media penghantar. Sebut saja seperti poros engkol dan juga piston. Barulah kemudian bisa diubah menjadi energi mekanik pada flywheel.

 

Hal yang Perlu Dimiliki Pada

Sebelum membahas lebih lanjut tentang contoh motor bakar yang termasuk external combustion engine adalah, maka anda bisa tahu hal hal yang biasanya dimiliki pada mesin pembakaran luar. Adapun hal hal tersebut diantaranya adalah dapat memakai semua bentuk bahan bakar. Yang mana hal ini dapat menjadi salah satu keuntungan tersendiri.

Sehingga external combustion engine ini bisa menggunakan semua bahan bakar yang tersedia. Selain itu, anda juga tidak perlu menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang bagus. Hal ini dikarenakan mesin pembakaran luar ini juga bisa untuk memakai bahan bakar yang memiliki mutu rendah.

Selain itu, mesin pembakaran luar ini juga sangat cocok digunakan untuk melayani beban beban yang besar di dalam sebuah poros. Dan tentunya external combustion engine ini sangat cocok untuk digunakan pada daya yang tinggi. Salah satu contoh motor bakar yang termasuk external combustion engine adalah mesin uap.

 

Contoh Dari Motor Bakar

Ada beberapa contoh dari motor bakar jenis mesin pembakaran luar ini. Adapun diantaranya adalah mesin ketel uap, torak uap dan juga turbin uap. Dimana untuk ke semua mesin ini terpisah dari tuas penggerak. Sehingga nantinya akan mampu untuk menghasilkan energi gerak pada mesin mesin tersebut.
Bisa dikatakan contoh yang paling terlihat adalah pesawat yang memiliki tenaga uap. Hal ini dikarenakan untuk pelaksanaan dari pembakaran tersebut dapat dilakukan di luar mesin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika mesin pembakaran luar merupakan salah satu proses pembakaran bahan bakar yang terjadi di luar motor itu sendiri.

Read also  Syarat - Syarat Instalasi Listrik Dalam Dunia Industri

Dengan begitu, panas yang dihasilkan oleh pesawat tenaga uap ini memang tidak akan langsung diubah menjadi tenaga gerak. Melainkan juga akan melewati media penghantar terlebih dahulu. Barulah kemudian, energi tersebut dapat diubah menjadi tenaga mekanik untuk menjalankan mesin.

Pada motor yang memiliki mesin pembakaran di luar, maka bahan bakarnya akan dibakar pada ruang pembakaran sendiri. Itulah mengapa ketel pada mesin satu ini bisa menghasilkan uap. Setelah itu, uap uap yang telah dihasilkan tersebut akan bisa berguna untuk menggerakkan berbagai sudut sudut yang ada pada ruang turbin.

Sehingga motor tersebut nantinya tidak akan digerakkan oleh gas yang terbakar. Melainkan justru digerakkan oleh uap air. Kemudian, untuk pengertian dari mesin uap tersebut adalah motor yang menggunakan energi panas di dalam uap air itu sendiri. Sehingga nantinya akan bisa mengubah menjadi energi mekanis.

Adapun mesin uap tersebut biasanya akan digunakan di dalam kapal laut dan juga pompa lokomotif. Sehingga peranan dari mesin pembakaran luas ini memang sangat penting di dalam sebuah revolusi industry. contoh motor bakar yang termasuk external combustion engine adalah mesin uap yang dulunya digunakan pada reaktor nuklir.
Sebab, tanpa menggunakan mesin uap, maka kinerja dari reaktor nuklir pun nantinya tidak akan berguna. Sehingga nantinya juga tidak akan bisa untuk menghantarkan . Untuk itu, dapat dikatakan jika tanpa menggunakan mesin uap, maka reaktor nuklir tidak akan lebih dari sebuah tungku panas biasa.

Untuk mesin uap sendiri memang tidak perlu atau tidak butuh bahan bakar khusus. Hal yang terpenting adalah mampu menggunakan bahan bakar apa saja, asalkan mampu menghasilkan panas. Sebab, panas tersebut nantinya akan berguna untuk mengubah air menjadi uap. Sehingga diperlukan kadar oksigen yang cukup dalam proses tersebut.

Read also  Fungsi dan Manfaat Corrective Maintenance

Namun, perlu anda ketahui ketika membahas contoh motor bakar yang termasuk external combustion engine adalah mesin uap ini, ternyata benda ini tidak akan membakar oksigen. Sehingga kadar oksigennya akan dibutuhkan hanya dalam proses pembakaran bahan bakarnya saja.

Akan tetapi, oksigennya sendiri pun tidak terbakar. Tentu saja dengan sistem kerjanya tersebut, membuat mesin uap dinilai lebih terbebas dari polusi dibandingkan dengan menggunakan mesin lain. Dibalik keuntungannya tersebut, ternyata ketika menggunakan mesin uap, anda pun juga perlu untuk membutuhkan ruangan mesin yang terbilang cukup besar.

Tidak hanya ruangan untuk menyimpan mesinnya saja yang besar. Akan tetapi, ruangan untuk menyimpan bahan bakarnya pun juga perlu cukup besar. Sehingga meskipun ramah lingkungan dan bebas polusi, mesin uap ini cenderung kurang disukai karena memakan banyak tempat. Terutama mesin mesin yang kompak, sebut saja mobil.

 

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang external combustion engine atau yang lebih mudah disebut dengan mesin pembakaran luar. Dengan mengetahui istilah otomotif satu ini, tentunya akan bisa untuk menambah pengetahuan anda. Ada kelebihan yang terdapat dari jenis mesin pembakaran ini, diantaranya adalah ramah lingkungan dan bebas dari polusi. Akan tetapi, anda pun juga perlu tahu bahwa mesin ini memiliki ruangan yang cukup luas sehingga dapat dikatakan menjadi kurang efisien.