Jenis Pembangkit Tenaga Listrik

Pembangkit Tenaga Listrik

Pembangkit tenaga listrik adalah salah satu cabang dari teknik yang berhubungan dengan konversi berbagai bentuk energi menjadi energi listrik. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang tenaga panas, tenaga air, dan tenaga nuklir. Di pembangkit listrik tenaga panas, batu bara, solar, bensin, gas alam, dan minyak tanah digunakan sebagai bahan bakarnya. Energi kimiawi dari bahan bakar ini diubah menjadi energi mekanik dan kemudian energi mekanik diubah menjadi energi listrik. Di pembangkit listrik tenaga air, energi potensial air diubah menjadi energi mekanik sebagai tenaga poros dan kemudian energi mekanik diubah menjadi energi listrik. Demikian pula, dalam kasus energi nuklir, tenaga nuklir digunakan untuk menghasilkan panas yang dibutuhkan untuk menghasilkan uap superheated dan kemudian energi panas tersebut diubah menjadi energi mekanik dan kemudian energi mekanik diubah menjadi energi listrik.

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS (TERMAL)

Pembangkit listrik termal dapat berbasis batubara atau berbasis gas. Pada pembangkit listrik berbasis batubara, batubara digunakan sebagai bahan bakar dan energi panasnya ditransfer ke air untuk mengubahnya menjadi uap superheated. Energi panas uap diubah menjadi tenaga poros melalui ekpansi (baca: pemuaian) uap dalam turbin uap. Poros turbin uap dikopel dengan generator dan kemudian menghasilkan listrik. Uap buang dari turbin uap dikondensasi dalam kondensor menggunakan air pendingin. Kondensor bekerja seperti penukar panas dimana energi panas dari steam (uap) ditransfer ke air pendingin dan steam terkondensasi berupa air yang kemudian dipompa ke boiler. Air pendingin diedarkan kembali ke menara pendingin untuk dilepaskan panasnya.

image 1%2B%25281%2529
Adapun pada pembangkit listrik berbasis gas atau pembangkit listrik tenaga gas, udara dikompresi menjadi tekanan tinggi dan energi panas ditambahkan ke udara tekan menggunakan ruang bakar dengan cara membakar bahan bakar secara langsung di udara tekan atau perpindahan panas tidak langsung ke udara terkompresi. Udara bertekanan tinggi dan suhu tinggi diekspansi dalam turbin gas yang dikople (digabungkan) dengan generator pembangkit listrik karena putaran poros. Gas buang dari turbin dilepaskan ke atmosfer dalam kasus turbin gas siklus terbuka dan disirkulasi ulang ke kompresor dalam kasus turbin gas siklus tertutup.

image 2%2B%25281%2529

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR

Prinsip pembangkitan listrik untuk pembangkit listrik tenaga air adalah sama dengan pembangkit listrik termal; satu-satunya perbedaannya adalah bahwa daya poros ke turbin dihasilkan oleh tekanan dan energi kinetik air dalam kasus pembangkit listrik tenaga air dan adapun dalam kasus pembangkit li

image 3

Read also  Klasifikasi Turbine

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR

Di pembangkit listrik tenaga nuklir, energi nuklir dilepaskan dari bahan radioaktif akibat reaksi fisi yang kemudian digunakan untuk memanaskan air dan mengubahnya menjadi uap superheated. Pembangkit listrik ini prosesnya mirip dengan pembangkit listrik tenaga uap seperti yang dibahas di paragraf sebelumnya. Masalah utamanya adalah kehati-hatian dalam penanganan bahan bakar radioaktif yang digunakan dalam reaktor nuklir. Radiasi dari bahan bakar nuklir sangat berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu, diperlukan perisai lengkap reaktor nuklir. Setelah penggunaan bahan bakar nuklir, pembuangan limbah nuklir merupakan masalah besar kedua di pembangkit listrik tenaga nuklir. Biaya instalasi PLTN sangat tinggi tetapi biaya operasional dan biaya produksi per unit listrik sangat irit.