Berbagai Jenis Mata Bor, Ukuran Beserta Gambarnya

Berbagai Jenis Mata Bor, Ukuran Beserta Gambarnya

alwepo.com, Jenis Mata Bor – Saat anda melakukan pengeboran pastikan Anda harus tahu jenis bor yang Anda gunakan. Alih-alih mengebor hingga kedalaman dinding, gunakan mata bor kayu. Langkan sebenarnya tidak terpasang dengan rapi tetapi rusak karena kesalahan alat. Situasi seperti itu sering disebut sebagai “human error“.

datang dalam berbagai jenis, bentuk, dan ukuran, tergantung pada apa yang dibor. Hati-hati, jangan salah gunakan! Karena mata bor diproduksi dan dirancang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Biasanya, mata bor standar digunakan untuk mengebor kayu, logam, dan batu. Selain itu, bit logam yang dirancang khusus pada dasarnya juga dapat digunakan pada bahan lunak seperti kayu atau plastik.

Untuk menghasilkan produk yang memuaskan, setiap pekerjaan harus dilakukan seoptimal dan seakurat mungkin. Jika tidak, pekerjaan Anda mungkin tidak berguna. Misalnya, jika Anda memasang langkan, Anda perlu mengebor baut ke dinding sesuai dengan ukurannya.

Merk dan Terbaik

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana teknisi mengebor lubang di baja? Ya! Semua kebutuhan bahan bangunan dan konstruksi saat ini sedang booming. industri besi.

Apa merk dan jenis mata bor besi terbaik yang mereka gunakan pada besi, kuningan, aluminium, dan material lainnya? Biasanya ya, jenis bor terbaik yang umum ditemukan di pasaran adalah HSS atau HSS-Co (kobalt). Kenapa ada dua? Bedanya, HSS-Co lebih keras dan tahan lama dibandingkan HSS biasa.

Read also  Bor listrik: Jenis, Tips Memilih dan Harganya

Jenis Mata Bor Berdasarkan Media Materialnya

jenis mata bor berdasarkan media

1. Jenis Mata Bor Besi adalah bor yang biasa digunakan untuk mengebor benda yang terbuat dari besi atau logam. Jenis ini termasuk bor memutar, bor tengah dan mata bor lubang.

2. adalah mata bor yang biasa digunakan untuk mengebor benda-benda seperti beton, dinding dan batu. Jenis ini termasuk bit mansory dan bit inti.

3. adalah mata bor yang digunakan untuk mengebor benda yang terbuat dari kayu. Jenis ini termasuk bit dorong, bit countersunk, bit Forstner, bit router, bit datar, bit auger, dan bit pahat.

4. Jenis Mata Bor Kaca adalah bor yang dirancang khusus untuk mengebor benda yang terbuat dari kaca, keramik atau granit. Mata bor ini dibuat khusus agar tidak pecah saat proses pengeboran saat mengebor kaca atau keramik. Jenis ini termasuk bit kaca standar dan bit inti berlian.

5. adalah mata bor yang digunakan dalam proses pengeboran sumur atau lubang pondasi pada bangunan. Jenis ini termasuk drag bit, roller cone dan diamond bit.

Ukuran dan Jenis Mata Bor

Ukuran setiap mata bor akan berbeda tergantung dari jenis mata bor apa yang mau kamu pakai dan tergantung pada seberapa besar diameter benda kerja yang akan dilubangi. Karena, setiap jenis mata bor terdiri atas bermacam-macam ukuran mulai dari 2 mm – 15 mm.

1. Jenis Mata Bor Twist Bits

Jenis Mata Bor Twist Bits

Mata bor HSS, juga dikenal sebagai latihan twist bits, adalah mata bor yang digunakan secara horizontal dan vertikal dalam latihan duduk dan tangan. Ukuran yang tersedia pada m ini adalah 4 hingga 12 mm. Mata bor HSS selanjutnya diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu;

Read also  Mesin Frais: Bagian dari mesin frais yang berfungsi sebagai penjepit cutter adalah

Mata bor HSS yang juga dikenal dengan mata bor twist bits adalah mata bor yang baik secara horizontal maupun vertikal digunakan pada mesin bor duduk dan mesin bor tangan. Ukuran yang tersedia pada m ini adalah 4 sampai 12 mm. Mata bor HSS terbagi lagi menjadi tiga macam, yaitu;

Sambungan-sambungan di Dunia yang Gak Banyak Orang Tahu!

  • Reguler – Ini sangat ideal bagi mereka yang ingin menggunakannya untuk penggunaan sehari-hari seperti bahan kayu, plastik dan logam.
  • Titanium Nitride – Aplikasi bahannya sama seperti biasa, tetapi perbedaannya adalah bor ini memiliki lapisan titanium nitrida yang ditambahkan untuk membuatnya bertahan lebih lama dari bor biasa.
  • Cobalt – Terbuat dari campuran baja kecepatan tinggi dan kobalt, bor jenis ini lebih tahan terhadap suhu tinggi. Bor HSS-Co lebih khusus untuk membuat baja tahan karat, besi tuang, sambungan las dan kuningan.

2. Jenis Mata Bor Masonry Bits

Jenis Mata Bor Masonry Bits

Masonry Bits atau mata bor tembok adalah mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada dinding, beton atau batu. Ada bilah yang lebih tebal di ujung bor ini. Juga, karena terbuat dari bahan yang sangat keras dan dilapisi dengan tungsten karbida, selain memutar, menggunakan bor batu, Dapat juga digunakan untuk memukul, biasanya dengan bor pahat, bor SDS, bor palu, atau bor perkusi, karena dapat menahan banyak pukulan dari jenis bor ini. Bor jenis ini bervariasi dalam ukuran dari 4 hingga 15 mm.

3. Jenis Mata Bor Spur Bits

Jenis Mata Bor Spur Bits

Berfungsi untuk melubangi kayu, Spur Bits Atau mata bor kayu seperti yang biasa dikenal memiliki ujung yang menahan mata bor pada tempatnya sehingga tetap lurus ke permukaan kayu. Tujuan lain dari tip ini adalah agar pengguna dapat dengan mudah memposisikan bor pada posisi yang benar, sehingga menghasilkan hasil yang lebih halus dan presisi.

Read also  Jenis pahat mesin frais dan cara memilihnya

Satu hal yang perlu Anda jaga adalah menjaga ujung bor ini tetap tajam. Karena jika tumpul akan menghanguskan kayu bor. Bor taji memiliki pisau pengiris pada kelilingnya. Ukuran yang tersedia yang dapat Anda gunakan adalah 6 hingga 15 mm.

4. Jenis Mata Bor Countersink Bits

Jenis Mata Bor Countersink Bits

Countersink Bits atau Mata bor sekrup adalah bor yang biasanya digunakan sebagai tambahan untuk bor kayu. Ini untuk memberi kepala sekrup yang tajam permukaan yang rata. Ujung bor ini memiliki sudut 90° dan berfungsi sebagai pembuat lubang 45° di permukaan kayu. Bor ini berukuran pendek dan tidak cocok untuk lubang yang dalam.

5. Jenis Mata Bor Forstner Bits

Jenis Mata Bor Forstner Bits

Forstner Bit Atau yang lebih familiar dengan masyarakat umum, engsel mata bor adalah mata bor yang didesain sesuai dengan ukuran cetakan yang dibutuhkan untuk engsel sendok. Fungsinya untuk memudahkan pekerjaan para perajin dalam pembuatan furniture. Misalnya membuat lubang pada lemari agar tidak memerlukan pahat.

Untuk stabilitas dan hasil yang akurat, yang terbaik adalah mengoperasikan bor ini dengan bor kursi. Karena jika Anda mengoperasikannya dengan bor tangan, Anda hampir tidak dapat mengontrol stabilitas posisinya, dan kualitas hasilnya akan buruk.

 

Penutup

Di bawah ini adalah beberapa jenis bor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari bahkan di dunia industri. Jadi, setelah mengetahui banyak jenisnya, jangan salah gunakan lagi! Usahakan juga untuk mencocokkan benda kerja yang terbuat dari material yang akan dibor. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi rujukan dalam memilih jenis mata bor yang tepat untuk anda.