Cek Penyebab Mobil Sulit Distarter

Penyebab Mobil Sulit Distarter

Penyebab – Bagi sebagian orang apalagi dengan kondisi sekarang, punya mobil yang terparkir di rumah dan lama tidak di gunakan sangat rentan terhadap berbagai macam masalah. Salah satu problem yang kerap kali di alami adalah masalah starter atau mobil susah untuk di starter.

Terus apa saja penyebab mobil sulit di starter dikarenakan lama tidak digunakan? Berikut alwepo.com akan menguraikan beberapa hal yang bisa membantu anda menemukan penyebab mobil sulit di starter.

 

Penyebab Mobil Sulit Distarter
pixabay.com

1. Lakukan pengechekan aki

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui adalah mengecek kondisi aki mobil. Pasalnya, komponen ini merupakan bagian penting dari sistem kelistrikan sebuah kendaraan.

Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek kondisi level air aki serta memeriksa tegangan .

2. Check kondisi busi kotor atau rusak

Selain aki, busi juga bisa menjadi penyebab mobil sulit distarter, Busi adalah komponen penting yang berada dalam . Busi yang bermasalah berdampak pada starter yang sulit menyala.

Umumnya, permasalah pada busi disebabkan karena kondisi busi yang kotor atau ada kerusakan. Apabila kotor, ada baiknya busi dibersihkan dengan cara digosok menggunakan pembersih khusus. Namun, jika bermasalah karena disebabkan busi yang sudah rusak, lebih baik segera untuk menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Pemeriksaan Motor Starter

3. Apakah alternator mengalami kerusakan?

Ketiga, penyebab mobil sulit distarter adalah alternator atau dinamo ampere yang rusak. Alternator merupakan komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Bila bagian ini rusak, maka mobil pun pasti tak akan bisa menyala walau aki dalam kondisi baik.

Read also  200 Alamat Showroom Mobil Bandung

Umumnya, kerusakan alternator terjadi pada mobil-mobil yang telah berusia lebih dari 8 tahun. Bila menemui kerusakan pada bagian ini, penanganan yang dapat dilakukan ialah melakukan perbaikan di bengkel.

4. Check kondisi koil terlampau panas

Salah satu ciri koil bermasalah adalah suhu yang terlampau panas. Apabila mobil sulit dinyalakan, bisa jadi koil tidak berada dalam kondisi optimal.

Seperti diketahui, koil memiliki kegunaan untuk menggandakan tegangan listrik yang lebih besar ke aki. Arus listrik tersebut lalu akan mengalir ke busi dan menimbulkan percikan api.

5. Kerusakan sensor panas air

Water Temperature Sensor atau sensor suhu juga berpotensi membuat mobil susah distarter. Bila terjadi kerusakan pada sensor tersebut, maka sistem injeksi pun akan terganggu sehingga mobil tak bisa dinyalakan. Lakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan kondisinya.

 

Demikianlah beberapa cara melakukan pemeriksaan terhadap penyebab mobil sulit distarter. Semoga bisa membantu anda dalam menangani problem yang anda hadapi.