Fungsi Dan Cara Menggunakan Aux Tape Mobil

Aux Tape Mobil – AUX merupakan sebuah metode konektivitas atau cara untuk menghubungkan smartphone ke head unit mobil agar dapat memutar lagu atau MP3 dari smartphone dan diputar di dalam mobil melalui head unit mobil anda. Metode AUX merupakan metode lama karena head unit mobil saat ini sudah berkembang untuk cara konektivitas smartphone ke head unit.

Fungsi dan Cara Menggunakan Aux Tape Mobil

Fungsi AUX Tape Mobil

Fungsi AUX pada tape mobil juga perlu bagi mobil yang tidak memiliki perangkat bluetooth ataupun sebaliknya jika handphone memiliki kendala pada bluetooth. Menggunakan mobil sehari-hari tidak akan lengkap tanpa mendengarkan lagu atau bahkan podcast.

Namun selain hanya dapat digunakan untuk menjadi media penghubung antara jack audio dari HP ke tape mobil. Bila kita lihat lebih luas, fungsi jack aux sendiri lebih banyak. Termasuk diantaranya untuk mengakomodasi sinyal audio untuk:



  • Pemutar MP3/MP4
  • Headphone & headset
  • Mikrofon
  • Speaker
  • Dan perangkat audio lainnya, termasuk perangkat audio cukup tradisional.

Jelasnya dengan adanya perangkat koneksi audio tradisional ini dapat membuat kalian lebih fleksibel ketika ingin memutar lagu dari HP / pemutar MP3 ke tape mobil.

Selain itu kabel aux juga bisa menjadi solusi ketika head unit atau tape mobil digunakan masih belum memiliki fitur bluetooth.



Kelebihan & Kekurangan Aux Pada Tape Mobil

Meski antara bluetooth dan juga jack aux pada mobil punya fungsi yang sama yaitu sebagai penghubung sinyal audio. Akan tetapi kedua media koneksi ini juga punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Oleh karena itu setelah kalian paham dengan fungsi aux pada tape mobil seperti kami sampaikan di atas. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan aux pada tape mobil perlu juga untuk kalian ketahui.

Kelebihan

  • Mampu mengirim sinyal audio dengan kualitas bagus tanpa ada penurunan kualitas suara / distorsi.
  • Penggunaan jauh lebih praktis.
  • Ketika kabel aux mengalami kerusakan mudah diperbaiki.
  • Mudah di jumpai karena cukup banyak penjual menawarkan jack aux.
  • Mendukung banyak perangkat / pemutar lagudengan koneksi jack berukuran 3.5 mm.

Kekurangan

  • Apabila tidak suka ribet, mungkin pemakaian kabel aux bisa di anggap sulit karena tak semudah bluetooth yang hanya tinggal kita koneksikan saja dari perangkat HP.
  • Jika kabel aux cukup panjang dan punya kualitas kurang bagus dapat mempengaruhi kualitas sinyal audio.

Cara Menggunakan Aux Tape Mobil

Cara menggunakan aux tape mobil sebenarnya cukup mudah bila kita bandingkan dengan perangkat bluetooth. Namun bagi yang belum pernah menggunakannya tentu hal ini akan di anggap cukup sulit.



Jadi untuk dapat membantu setiap pengguna yang mungkin belum pernah sama sekali menggunakan media jack ini. Berikut akan kami jelaskan cara menggunakan aux tape mobil.

  1. Pertama silahkan siapkan terlebih dahulu perangkat akan kalian hubungkan ke tape mobil menggunakan jack aux seperti HP atau pemutar MP3 lainnya.
  2. Jika sudah colokkan ujung kabel aux (Male) ke lubang 3.5 mm pada HP atau pemutar MP3.
  3. Setelah itu ujung jack aux satunya kalian colokkan ke lubang 3.5 mm terdapat pada tape mobil.
  4. Apabila sudah terhubung, langkah selanjutnya kalian cukup posisikan input pada tape mobil ke metode aux.
  5. Bila sudah kalian pun dapat langsung memutar lagu dari HP / pemutar MP3 dan mendengarkannya di speaker tersambung ke tape mobil.

Cara Menghubungkan Smartphone dengan Bluetooth

Cara satu ini bisa sebagai alternatif apabila di perangkat audio mobil kalian tidak terdapat fitur AUX. Apalagi teknologi audio di mobil sudah banyak menggunakan teknologi ini. Berikut caranya :

  1. Hidupkan bluetooth di smartphone kalian.
  2. Buka menu pengaturan, lalu pilih bluetooth visible.
  3. Hidupkan perangkat audio pada mobil.
  4. Cek smartphone kalian, pastikan bluetooth terhubung dengan baik.
  5. Setelah itu, putar lagu MP3 sesuai keinginan kalian.

Cara Menghubungkan Smartphone dengan USB

Cara selanjutnya mungkin dapat dijadikan sebagai cara cadangan apabila anda tidak memiliki kabel AUX atau konektivitas bluetooth terganggu. Mungkin cara ini bisa menjadi solusi terbaik. Berikut langkah – langkahnya :

  1. Pastikan port USB cocok dengan sistem audio di mobil.
  2. Jika cocok maka hubungkan keduanya.
  3. Pastikan port USB mengidentifikasi perangkat smartphone kamu.
  4. Setelah smartphone kamu terhubung, lalu buka menu penyimpanan.
  5. Pilih USB Mass Storage atau USB Connection Mode.
  6. Jika sudah, tinggal pilih lagu sesuai keinginan kamu.

Menghubungkan smartphone ke tape di mobil dapat dilakukan beberapa cara. Menggunakan AUX di mobil memang sangat mudah dan sangat gampang. Selain itu kami juga menyajikan cara menghubungkan smartphone dengan tape pada mobil selain menggunakan AUX. Setelah mengetahui cara menggunakannya, silahkan kalian praktekan sendiri di mobil kesayangan anda.

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com