Berbagai Warna Asap Knalpot Mobil dan Identifikasinya

asap mobil hitam
Warna Mobil – Pada beberapa kasus saat mobil dipanaskan di pagi hari atau saat mesin dingin knalpot ngebul putih. Sebenarnya fenomena seperti ini umum terjadi, apalagi jika mesin mobil tersebut dalam kondisi yang dingin atau memang jarang digunakan. Team alwepo.com akan membahas tentang beberapa warna asal knalpot dan beberapa analisa penyebabnya.
Beberapa pemilik mobil terkadang tidak mengetahui penyebab kondisi tersebut. Tetapi asap knalpot dengan warna dan intensitas tertentu dapat mengidentifikasikan masalah yang terdapat di mesin mobil tersebut.
1. Warna Asap Putih
Jika anda melihat asap putih keluar dari knalpot saat pagi hari yang dingin, itu adalah hal yang normal dan akan hilang dengan sendirinya setelah mesin telah panas. Saat di pagi hari atau di daaerah yang cukup dingin tentu saja akan menyebabkan suhu mobil menjadi dingin termasuk di bagian saluran pembuangan gas (knalpot) mobil, asap putih yang keluar dari knalpot tersebut merupakan uap air. Tetapi, jika asap putih keluar terus meskipun mesin sudah panas, bisa jadi itu menandakan  telah terjadinya kerusakan pada komponen dalam mesin.
warna asap knalpot putih
2. Warna Asap Hitam
Jika pada mobil dengan sistem bahan bakar tipe konvensional / karburator dan melihat asap hitam keluar dari knalpot, artinya rasio bahan bakar dengan udara terlalu rich dan karburator perlu dilakukan penyetelan, atau pelampung karburator tidak bekerja dengan baik sehingga mesin mengalami kebanjiran bahan bakar. Rasio yang terlalu rich juga dapat terlihat dari permukaan dalam knalpot yang dipenuhi dengan endapan karbon.
Warna Asap Knalpot Hitam
3. Warna Asap Biru Muda / Biru Tua
Asap warna kebiruan adalah pertanda mobil membakar oli mesin. Hal ini terjadi karena adanya oli yang masuk ke ruang bakar, hal tersebut dapat diakibatkan oleh kerusakan pada bagian mekanisme katup atau keausan pada ring piston.
4. Warna Asap Abu-Abu
Asap berwarna abu-abu pada mobil bertransmisi otomatis merupakan tanda-tanda kebocoran dan adanya pembakaran cairan transmisi. Umumnya hal ini juga ditandai dengan cairan transmisi berwarna gelap dan berbau seperti terbakar. Pada mobil berusia tua, transmission vacuum modulator yang sudah rusak juga dapat menyebabkan tersedotnya cairan transmisi ke dalam mesin sehingga terbakar dan menimbulkan asap abu-abu.
Read also  Penyebab Motor Matic Mati Mendadak