Dua Astronot Menambahkan Susunan Panel Surya Baru di Stasiun Luar Angkasa (ISS)

alwepo.com, Dua Astronot Menambahkan Susunan Panel Surya Baru di Stasiun (). Selama perjalanan ruang angkasa saat ini, dua astronot bekerja di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk memasang susunan surya baru sebagai bagian dari proyek yang sedang berlangsung untuk meningkatkan sistem tenaga stasiun. Pemasangan susunan surya baru merupakan bagian dari rencana yang lebih besar untuk meningkatkan sistem tenaga stasiun. Anda dapat menonton spacewalk secara langsung menggunakan video yang telah disediakan di bawah ini, atau Anda dapat melihatnya setelah itu jika Anda tidak dapat menontonnya saat sedang disiarkan langsung.

Dua Astronot Menambahkan Susunan Panel Surya Baru di Stasiun Luar Angkasa (ISS)
NASA

Astronot Josh Cassada dan Frank Rubio dari NASA sekarang sedang mengerjakan pemasangan susunan surya baru yang disebut sebagai International Space Station Roll-Out Array, atau iROSA. Mereka akan bekerja selama kurang lebih tujuh jam untuk memasang larik ke struktur pendukung yang dipasang selama perjalanan luar angkasa sebelumnya.

Kemampuan pembangkit stasiun akan ditingkatkan sebagai hasil dari peningkatan dengan penambahan susunan surya baru ke yang sudah ada. Array surya asli, yang merupakan panel besar berpasangan yang menonjol dari stasiun untuk mengumpulkan dari matahari, berusia hingga 20 tahun dan karenanya telah melampaui masa pakai 15 tahun mereka. Array surya baru akan memiliki umur 30 tahun. Namun, panel yang lebih tua tidak akan dilepas karena masih mampu menghasilkan listrik; namun, output mereka tidak dapat diandalkan seperti di masa lalu karena mereka telah kehilangan sebagian dari efisiensinya.

Array baru, yang akan diletakkan di atas panel yang ada dengan offset sehingga kedua set panel dapat berfungsi bersama, akan lebih kecil dari array lama karena kemajuan teknologi; meskipun demikian, susunan baru masih akan menghasilkan jumlah daya yang sama dengan susunan lama. IROSA, setelah dipasang, akan membentang hingga panjang penuh enam puluh kaki dan kemudian akan siap untuk bekerja mengumpulkan energi untuk sistem tenaga.

Read also  Di Temukan Kemungkinan Adanya Molekul Organik Di Bebatuan Mars
Dua Astronot Menambahkan Susunan Panel Surya Baru di Stasiun Luar Angkasa (ISS)
NASA

Hari ini, para spacewalker tidak hanya memasang iROSA, tetapi mereka juga akan menyelesaikan beberapa tugas pemeliharaan lainnya seperti melepaskan kabel untuk mengaktifkan kembali salah satu saluran daya. Menurut pembaruan terbaru yang diberikan oleh NASA, saluran tersebut telah dinonaktifkan “karena terjadi pemadaman listrik di sistem kelistrikannya”. “Dengan melepaskan kabel, kami akan dapat mengisolasi bagian yang tidak berfungsi dari susunan dan mengembalikan saluran hingga 75% dari kapasitas kerja biasanya,”

Cassada mengenakan pakaian luar angkasa bergaris merah, sedangkan Rubio mengenakan pakaian luar angkasa berwarna putih polos. Jika Anda sedang menonton video spacewalk dan bertanya-tanya siapa itu siapa, Anda bisa membedakan kedua astronot tersebut karena Cassada mengenakan pakaian antariksa bergaris merah, dan Rubio mengenakan pakaian antariksa berwarna putih polos.