Cara Berkendara Aman dan Nyaman Saat Puasa

Cara Berkendara Aman dan Nyaman Saat Puasa

– Saat berpuasa memang memiliki banyak sekali godaan, baik dari dalam diri ataupun dari eksternal. Nah misal nih saat kita berkendara di jalan raya apalagi kalau lagi padat-padatnya. Tentu gangguan akan semakin besar, sudah perut dalam kondisi kosong di tambah jalanan macet, emosi bisa tidak terbendung yang mengakibatkan batal puasa.

Dengan kondisi seperti itu, konsentrasi dalam berkendara pun cenderung akan berkurang dan membuat perilaku berkendara pengemudi menjadi tidak stabil dan berubah ubah. Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena berpotensi terjadinya kecelakaan apalagi dimana kondisi jalanan padat.

Cara Berkendara Aman dan Nyaman Saat Puasa

Berikut tips cara berkendara aman dan nyaman saat puasa

Agar terhindari dari hal tersebut, beberapa tips dari berbagai sumber saat puasa di bulan Ramadan. Simak ulasanya di bawah ini:

1. Pastikan kondisi mobil sehat

Cara berkendara aman dan nyaman saat puasa untuk hal yang pertama adalah memastikan kendaraan dalam kondisi sehat. Lalukan pengecekan singkat kondisi mobil sebelum memulai perjalanan. Pemeriksaannya meliputi sistem kelistrikan, air radiator, tekanan angin ban, aki mobil, dan lainnya.

2. Posisi berkendara

Item kedua adalah posisi berkendara yang tepat bukan hanya membuat pengemudi mampu segala kondisi, tapi juga menciptakan suasana rileks dan nyaman.

Untuk itu, atur posisi duduk senyaman mungkin. Duduk jangan terlalu tegak karena membuat tubuh cepat lelah. Sebaliknya, jangan terlalu rebah, sebab diyakini akan sulit mengantisipasi keadaan. Kemudian, usahakan pegang setir dengan rileks, seperti ibu jari tidak dimasukkan dalam setir.

3. Jaga kecepatan

Menjaga kecepatan kendaraan anda. Saat berkendara, usahakan selalu menjaga kecepatan mobil. Berkendaralah dengan kecepatan yang wajar, sebab kemampuan spasial (melihat jarak, membaca kecepatan) seorang pengemudi yang berpuasa biasanya tak maksimal. Reaksi pengemudi pun diyakini akan lebih lambat.

Read also  170 Alamat Showroom Mobil Banda Aceh

4. Jaga emosi

Hal penting lainnya adalah menjaga emosi saat berkendara. Selain menahan lapar dan haus, orang yang berpuasa juga dituntut menjaga emosinya. Termasuk dalam berkendara.

Umumnya, emosi muncul ketika kondisi jalan dalam keadaan macet atau diakibatkan karena perilaku pengemudi lain yang ugal-ugalan. Jika dalam situasi seperti ini, jangan mudah terpancing emosi.

Perlu diketahui, seseorang yang emosinya tengah tinggi cenderung melakukan kesalahan kecil, tapi berujung fatal. Contohnya adalah menyenggol mobil lain yang tak terlibat masalah ataupun lainnya.

Selain menjaga emosi, cara lain adalah mengatur mengemudi atau berkendara. Sebaiknya santun berkendara agar tidak mengganggu pengguna jalan lain.

5. Manfaatkan hiburan dalam kabin

Di , pengendara akan menjadi sangat cepat lelah dan mengantuk dengan mudah. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk memastikan radio atau in-car entertainment berfungsi dengan baik.

Mendengarkan hiburan seperti musik dalam kabin dapat membantu pengendara menstimulus untuk tetap jernih dan menjaga mood tetap baik. Sehingga dapat melepas stres di jalan, serta meminimalisir emosi saat berkendara.