Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan Serta Pemasangan Atap Baja Ringan Yang Harus Di Perhatikan

Halo sobat alwepo, berjumpa kembali dengan artikel yang lebih ringan. Kali ini kami akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan. Yuk simak info lengkapnya di bawah ini

Seringkali saat mencermati suatu konstruksi yang tengah dibangun khususnya yang tengah menginstal rangka atap, terlihat struktur rangka baja ringan berwarna perak digunakan untuk struktur penyangga atap, tidak digunakan kayu seperti biasanya. Itulah konstruksi rangka yang semakin banyak digunakan bukan hanya pada besar seperti pembangunan pabrik, gedung, gudang dan juga digunakan juga pada -rumah tinggal, gedung sekolah, ruko, dan lain-lain.

Beda dgn baja konvensional, baja kualitas tinggi yg mempunyai sifat ringan dan tipis, namun mempunyai manfaat setara baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel).

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Baja Ringan

Rangka atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan dan konstruksi. Meskipun tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa. Kekuatan tarik dan tegangan ini untuk mengkompensasi bentuknya yang tipis. Ketebalan baja ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4mm – 1mm.

kelebihan dan kekurangan baja ringan

Perhitungan kuda-kuda baja ringan amat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak kuda-kuda semakin pendek. Misalnya untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda-kuda bisa dibuat setiap 1,4m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda-kuda menjadi 1,2m. Inilah kelebihan dan kekurangan baja ringan:

Kelebihan Baja Ringan :

  • Karena bobotnya yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah.
  • Baja ringan bersifat tidak membesarkan api.
  • Tidak bisa dimakan rayap.
  • Pemasangannya relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu.
  • Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin.
Read also  Cara Mengganti Oli Mesin Mobil (Lakukan Sendiri di Rumah!)

Kelemahan Baja Ringan :

  • Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon.
  • Karena strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan.
  • Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil.

kelebihan dan kekurangan baja ringan

Dilihat dari sudut lain, benarkah rangka atap baja ringan itu sahabat alam?

Karena salah satu kelebihan baja adalah tidak dimakan rayap, ya bisa dikatakan memang benar bahwa rangka atap baja ringan adalah sahabat alam. Seperti diketahui rayap merupakan serangga perusak kayu yang cukup ditakuti diseluruh dunia. Kemampuan makan seekor  rayap bisa mencapai 2,5 kali berat tubuhnya setiap hari. Selain masalah rayap, penggunaan rangka atap baja ringan yang semakin lumrah tentu saja bisa mengurangi volume pemakaian kayu untuk bahan .

 

Pemasangan Kerangka Atap Baja Ringan Yang Harus di Perhatikan

Selain kelebihan dan kekurangan baja ringan, berikut beberapa hal penting dalam penempatan rangka atap baja ringan yang perlu jadi perhatian:

1. Tentukan Bentuk Atap Rumah

Tentukan bentuk atap adalah hal yang perlu Anda lihat, karena bentuk atap bukan hanya memberi seni semata-mata tetapi juga mempunyai nilai fungsionalnya masing – masing dan tehnik penempatan atap dan rangka atap akan berbeda.

2. Tentukan Material Atap Rumah

Material atau tipe atap rumah berbagai macam dari yang berat sampai. Bila atap yang dipakai lumayan berat karena itu beban yang perlu didukung oleh rangka baja ringan berat dan ini akan memengaruhi ketebalan baja ringan yang dipakai dan yang jadi lebih rapat. Tetapi bila terlampau ringan karena itu atap jadi benar-benar rapuh di saat didera angin ribut, hujan lebat, terinjak atau terbentur benda keras. Untuk material atau tipe atap dari baja ringan, minimal ketebalan baja ringan yang direferensikan berdasar SNI untuk bangunan perumahan ialah di 0,25 mm.

Read also  Cari Tahu, Begini Cara Membayar Denda Pajak Secara Online dan Offline

Bila berat tipe atap baja ringan 5 kg/m2 dan berat tipe atap keramik 45 kg/m2, karena itu optimal jarak kuda-kuda yang diperlukan tipe atap baja ringan ialah 1200 mm dengan ketebalan baja ringan saluran C 0.75 mm. Dan optimal jarak kuda-kuda yang diperlukan untuk tipe atap keramik ialah 600 mm dengan ketebalan baja ringan channel C 0.75 mm.

3. Tentukan Tipe Baja Ringan dan Ketebalan Baja Ringan

Tipe baja ringan dan ketebalan baja ringan untuk rangka atap rumah berdasar SNI memakai Saluran C dengan minimal ketebalan baja ringan di 0,75mm dan Reng dengan minimal ketebalan baja ringan di 0,45mm. Bila ketebalan baja ringan Anda di bawah minimal ketetapan SNI karena itu jarak kuda kuda baja ringan harus dibikin lebih rapat di 60 cm agar meredam beban. Dengan jarak yang makin dekat tentu saja material baja ringan yang diperlukan akan makin banyak hingga membuat ongkos material Anda membesar.

4. Sudut Kemiringan Atap

Saat sebelum memasangkan rangka atap baja ringan, Sahabat Builders harus ketahui derajat kemiringan atap sama sesuai keperluan Anda. Karena makin miring atap akan makin luas atap yang hendak dipakai. Dan kemiringan atap yang bagus ialah 25 derajat atau 30 derajat.

5. Jarak kuda kuda baja ringan

Untuk menempatkan rangka atap baja ringan, Sahabat perlu menyiapkan gambar kerja yang berbentuk denah bangunan secara detail untuk tentukan jarak kuda kuda baja ringan dan keperluan kuda kuda yang hendak digunakan. Jarak kuda kuda baja ringan yang aman dalam membuat rangka atap baja ringan memiliki jarak tidak lebih dari 1200 mm.

6. Mekanisme Kesatuan Rangka Atap Baja Ringan

Mekanisme kesatuan penting dalam memasangkan rangka baja ringan, karena kunci kemampuan rangka atap baja ringan berada pada integratif setiap tangkai baja ringan yang tersambung dengan ikatan rangka baja ringan lainnya. Saat terjadi kekeliruan kecil pada satu rangka baja ringan, maka berpengaruh ke semua atap. Bila satu sisi tidak teraplikasi sempurna, hal tersebut dapat berpengaruh fatal dengan robohnya semua bangunan.

Read also  Variasi Lisplang Baja Ringan Lengkap Dengan Perkiraan Harga

 

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan baja ringan, beserta beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika melakukan pemasangan atap baja ringan