Variasi Lisplang Baja Ringan Lengkap Dengan Perkiraan Harga

Halo sobat alwepo, berikut kami akan membahas tentang Variasi Lisplang Baja Ringan. Bagi anda yang sudah terbiasa dengan urusan renovasi atau membangun tentu pernah mendengar lisplang. Lisplang sendiri yakni papan yang pemasangannya berada di atas  bangunan. Lisplang sendiri memiliki banyak fungsi baik dari segi maupun estetika. Nah berikut variasi lisplang baja ringan yang harus anda ketahui.

Variasi Lisplang Baja Ringan

Apa Itu Lisplang?

Lisplang juga dikenal dengan nama lis maupun tepi atap yang digunakan untuk memperindah sebuah bangunan. Keberadaannya menjadi papan tepi guna melindungi atap dari hujan maupun sinar matahari. Hal ini karena saat hujan, bisa saja air tidak jatuh langsung ke bawah. Tetapi akan merembes melalui tepi atap dan jika dibiarkan bisa menyebabkan kebocoran.

Agar rembesan tidak langsung mengenai usuk juga renang, maka dibutuhkan lisplang ini. Lisplang sendiri sebenarnya tidak hanya dibuat dari baja ringan saja. Jenisnya bisa dibedakan dari bahan yang digunakan. Anda bisa menemukan lisplang kayu yang menjadi tepi atap paling tua di Indonesia. Banyak digunakan pada rumah rumah tradisional di Bali dan Jawa.

Anda juga yang menggunakan lis beton yang sangat cocok untuk hunian dengan gaya modern. Anda bisa memilih yang polos atau motif yang sesuai dengan kebutuhan anda. ada juga lisplang yang dibuat dari bahan metal, baja ringan hingga GRC. Semuanya tentu akan memiliki kelebihan dan kekurangannya. variasi lisplang baja ringan juga dibedakan dalam beberapa jenis.

 

Fungsi Dari Lisplang Baja Ringan

Sebelum anda mengetahui variasinya, anda harus tahu manfaat dari bahan satu ini. Dengan memasang lisplang pada bagian atas, akan membuat bangunan menjadi lebih rapi. Susunan rangka juga akan menjadi lebih kokoh, karena dikunci oleh baut sehingga tak mudah bergeser. Fungsi lainnya sebagai dudukan atap yang lebih kokoh dan tahan lama. 

Read also  Gejala Listrik Statis: Contoh, Penerapan, Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan begitu mampu melindungi rumah dari berbagai hewan yang bisa saja menyusup dari atap. Apabila melihat dari sisi estetiknya, kehadiran bahan ini akan membuat atap menjadi lebih rapi dan manis. Bahkan dalam pembangunan rumah adat di Indonesia juga menggunakan lisplang. Hanya saja pada rumah adat akan ada hiasan atau ukiran khusus.

Kendati memiliki banyak fungsi, namun pemasangan lisplang bukanlah hal yang wajib. Lisplang harus disesuaikan dengan tinggi juga lebar rumah. Apabila merusak pemandangan sebaiknya tidak perlu digunakan. Terbuat dari bahan yang kuat dan awet, anda juga akan menemukan beberapa variasi lisplang baja ringan yang bisa anda pilih untuk rumah atau bangunan anda.

 

Kelebihan dari

  1. Lebih Ramah Kantong

Anda harus tahu jika ada beberapa keunggulan dari menggunakan lisplang dari baja ringan. Kita tidak memungkiri jika biaya untuk renovasi atau membangun rumah tidaklah sedikit. Jika anda ingin sedikit menekan budget tetapi kualitas tidak mengecewakan, lisplang dari baja ringan bisa jadi pilihan. Karena harganya terbilang lebih terjangkau dibanding kayu.

Bukan tanpa alasan, kayu tentu semakin langka yang membuat harganya mengalami fluktuasi yang tinggi. Sementara untuk baja masih mudah untuk dicari dan harganya juga belum mengalami fluktuasi. Sangat disarankan untuk yang ingin menghemat budget. Bahan ini juga lebih ringan dan mudah untuk didapatkan, tentu setelah anda mempelajari kekurangannya.

  1. Anti Karat dan Anti Rayap

Tidak hanya ramah  kantong, anda juga bisa menghindari lisplang dari serangan rayap dan karat. Baja memiliki sifat yang akan bebas dari pengrusakan tersebut. Material logam ini juga anti karat sehingga anda tak perlu khawatir jika terkena panas atau hujan. Perawatannya juga akan lebih mudah dibandingkan dengan bahan yang lainnya.

  1. Memiliki Sifat yang Lentur

variasi lisplang baja ringan tidak hanya anti rayap dan anti karat, tetapi juga lebih lentur. Terutama jika dibandingkan dengan baja konvensional. Tegangan tarik pada baja ringan terbilang tinggi, bisa mencapai 550 Mpa. Sementara untuk baja konvensional hanya kisaran 300 Mpa. Hal ini menjadikan baja ringan mampu menyerap yang lebih besar.

  1. Lebih Tahan Lama

Ada banyak alasan mengapa banyak yang memilih bahan baja ringan untuk bagian atap. Salah satunya yang mendasari adalah bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Daya tahannya ini dipengaruhi sifatnya yang tidak mudah lapuk atau mengalami penyusutan. Kendati lentur, bahan ini juga akan tetap mampu menjaga kestabilan bangunan anda.

  1. Mudah Dalam Pemasangannya

Tidak hanya harganya yang ramah untuk dompet, kelebihan lainnya juga memiliki pemasangan yang mudah. Dengan begitu biaya pemasangan juga akan lebih terjangkau. Waktu pengerjaan juga akan lebih cepat, sehingga anda bisa segera menempati bangunan. Rangka baja ringan mudah untuk dipasang, tetapi jangan sampai salah ukuran.

Read also  Special Service Tool: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

 

Model Lisplang Baja Ringan 

Secara umum variasi lisplang baja ringan dibedakan menjadi dua yakni lisplang vertikal dan juga horizontal.

  • Lisplang Baja Ringan Vertikal

Untuk yang vertikal akan dipasang secara tegak lurus dan mengikuti dinding batanya. Pemasangannya tidak akan mengikuti patokan potongan reng atau profil kanal c baja ringan miring. Pemasangannya sendiri cukup simpel dan hanya membutuhkan sekrup.

Hanya saja untuk model ini akan kekuatannya kurang, karena memang hanya pada satu titik tumpuannya. Tetapi tetap bisa dijadikan pilihan jika memang sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Lisplang Baja Ringan Horizontal/ Diagonal

Atau bisa juga memilih model Lisplang Diagonal yang dipasang dengan cara tegak lurus dengan mengikuti reng juga . Untuk memasangnya memang cukup rumit dan membutuhkan khusus. Pertama tama harus membuat dudukan terlebih dahulu untuk memasang lisplang di ujung profil. Dudukan ini bisa dibuat dari apa saja yang sekiranya tangguh.

Kemudian silahkan memasang skrup 2 buah atau 2 baris pada setiap profil yang melintang. Jarak antar sekrup sekitar 20 hingga 40 cm, tetapi teknik ini sangat kuat. Sehingga akan lebih tahan lama serta kokoh. Anda bisa memilih sesuai dengan lahan yang anda miliki atau sesuai ukuran kebutuhan anda. Saat ini juga sudah banyak jasa pemasangan lisplang yang akan membantu anda.

Harga variasi lisplang baja ringan sendiri beragam, tergantung dari bahan yang digunakan dan ukurannya. Saat ini juga sudah banyak yang menyediakannya secara online. Sehingga anda bisa membandingkan harga dari satu toko dengan yang lainnya. Dalam pemasangan lisplang baja ringan, ukuran menjadi hal yang harus benar benar diperhatikan.

Agar anda bisa mendapatkan yang berkualitas, dalam membelinya anda sebaiknya tidak tergesa gesa. Bisa juga berdiskusi dengan tukang yang akan membantu untuk memasangkannya. Dengan begitu anda bisa menemukan lisplang yang pas dan sesuai. Akan semakin mudah jika tukang yang memilihkannya, karena ukurannya bisa disesuaikan. 

Read also  Kenapa Perlu Menjaga Kualitas Steam Turbine.?

Masing masing rumah atau bangunan akan memiliki kebutuhan yang berbeda. Sehingga anda wajib mengukur dan mempertimbangkan dengan matang. Begitu juga dengan pemilihan lisplang yang dibutuhkan. Pastikan anda juga membeli di tempat yang kualitasnya sudah terbukti. Dengan begitu bangunan menjadi tahan lama dan anda juga bisa hemat dana.

Itulah beberapa hal pembahasan tentang variasi lisplang baja ringan yang bisa membantu anda dalam menentukan pilihan untuk mewujudkan rumah atau hunian yang anda impikan. Jangan lupa komen dan berkunjung kembali untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.