Seberapa Kali anda Mencoba, Thomas Alpha Edison Mencoba 1000 Kali

thomas alva edison

Thomas Alpha Edison Mencoba sampai 1000 kali, berpa kali anda mencoba?????

Kita tau sejarah sang penemu bola lampu yaitu Thomas Alpha Eidison. Kecintaan akan dunia Ilmu pengetahuan dan hobby akan ekperimen maka ia berusa dan mencoba untuk mencapai sebuah mimpi yaitu membuat penerang tanpa menggunakan minyak. Sungguh mimpi yang tidak pernah terbayangkan oleh orang-orang pada zamannya, tapi begitulah orang yang mempunyai kemauan yang besar, yang memiliki impian dan cita-cita. Ada beberapa pelajaran yang sangat sederhana kita tulis tapi sangat besar manfaatnya, diantaranya:

1. Mimipi, ya betul dia ingin mewujudkan mimpinya tersebut. Sehingga setelah ia menciptakan bola lampu tersebut dia kemudian ingin memperkenalkannya kepada dunia sampai akhirnya dia mendirikan Perusahaan Edison Electric, yang kemudian bergabung dengan General Electronic yang merupakan salah satu perusahaan terbesar didunia.

2. Hobby dan rasa cinta, kecintaan akan ilmu pengetahuan membuatnya tidak pernah berputus asa untuk mewujudkannya. Kamu tau gak hobby dan rasa cinta yang membau menjadi satu, yaitu anda akan melakukan apapun untuk mewujudkannya itu tentu karna dia cinta ilmu fisika, maka dia belajar dan mencoba sampai akhirnya dia menemukan sendiri ilmu itu.

3. Rasa ingin tau, ini yang paling menarik dari setiap proses yang dilakukan yaitu semakin dia mencoba kemudian dia mendapatkan sesuatu yang baru, ide yang baru, teori yang baru dan kesimpulan yang baru dan seungguh disetiap eksperimennya itu selalu mendapatkan sesuatu yang baru. Dari sesuatu yang baru itu kemudian ia mendapatkan inspirasi yang baru dan sunggu ini bisa memakan waktu yang lama, harta yang banyak dan bisa jadi kita tidak akan pernah merasakannya karna bisa jadi akan dilanjutkan dan diteruskan oleh generasi kita. Itulah hakekat perjuangan.

Read also  Banyakin Istighfar dan Sedekah

“Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa banyak anda mencoba?????? 10, 20, 30, 40, 50, 100, atau 1000 kali seperti Thomas Alpha Edison???”

Dalam hidup ini ada banyak masalah kemudian bagaimana anda akan memperbaiki masalah tersebut, mencobanya dan melakukannya.

Ini adlah salah satu contoh dari permasalahn yang saya hadapi yaitu masalah di tempat saya kerja yaitu masalah Hydro cyclone yaitu losis atau kehilangan yang banyak dari proses pemisahan yang dilakukan. Kamu tau berapa kali saya mencoba dan mengkalibrasi??? Untuk setting vortex Hydrocyclone itu mungkin hampir setiap hari, mengkalibarsi diameter cone, yang besarnya berbeda-beda, potong vortex finder, pasang adjusting cone, sampai kemarin saya menghilangkan atau minus produksi sampai 50 ton, bayangkan kemana hilangnya, tapi ini adalah resiko dari sebuah ilmu pengetahuan dan uji coba, try and error. Sampai akhirnya mendapatkan komposisi yang pas untuk Hydrocyclone itu sendiri walaupun hasil yang iharapkan belum sempurna, tapi proses control yang kita inginkan bisa tercapai, Alhamdulillah. Disini saya mau tambahkan bahwa kita harus mengikuti Ikh tiar Kita dengan Berdoa Kepada Allah, karna Dia yang memiliki pengetahuan tentang semuanya, tentang alam semesta ini termasuk masalah yang sedang kita hadapi.

By: alwepo
Email: alwepo@gmail.com