Prinsip Kerja Turbine Uap


Kerja Turbine Uap

Prinsip Kerja Turbine Uap

 

Prinsip Kerja Turbine Uap

Prinsip Kerja Turbine uap adalah komponen konversi energi utama dalam sebuah pembangkit listrik tenaga termal. Turbin uap berfungsi untuk mengubah energi  panas dari uap menjadi energi mekanik (putaran) sebagai penggerak generator untuk menghasilkan energi listrik. Biasanya turbin uap langsung terkopel dengan generator sehingga sering disebut steam turbine generator.

Prinsip kerja dari turbine uap yaitu uap masuk ke dalam turbin melalui nosel. Nosel tersebut berfungsi mengubah energi panas dari uap menjadi energi kinetis. Tekanan uap pada saat keluar dari nosel lebih kecil dari pada saat masuk ke dalam nosel, akan tetapi sebaliknya kecepatan uap keluar nosel lebih besar dari pada saat masuk ke dalam nosel. Uap yang memancar keluar dari nosel diarahkan ke sudu-sudu turbin yang berbentuk lengkungan dan dipasang disekeliling rotor turbin. Uap yang mengalir melalui celah antara sudu turbin itu dibelokkan mengikuti arah lengkungan dari sudu turbin. Perubahan kecepatan uap ini menimbulkan gaya yang mendorong dan kemudian memutar poros turbin yang menghasilkan energi mekanik.

Pada pembangkit listrik tenaga termal biasanya menggunakan turbin bertingkat yaitu dipasang lebih dari satu baris sudu gerak agar dapat memanfaatkan energi kinetis secara optimal. Sebelum memasuki baris kedua sudu gerak, maka antara baris pertama dan baris kedua sudu gerak dipasang satu baris sudu pengarah (guide blade) atau sudu tetap yang berguna untuk mengubah arah kecepatan uap, agar uap tersebut dapat masuk ke baris kedua sudu gerak dengan arah yang tepat.

Kecepatan uap saat meninggalkan baris sudu gerak yang terakhir harus dapat dibuat sekecil mungkin, agar energi kinetis yang yang digunakan untuk mendorong sudu turbin dapat dimanfaatkan secara optimal. Dengan demikian efisiensi turbin menjadi lebih tinggi dikarenakan energi yang tidak termanfaatkan relatif kecil.

Turbin uap digunakan sebagai penggerak mula pada pembangkit listrik tenaga termal, seperti untuk menggerakkan pompa, kompresor dan mesin-mesin lain.

Jika dibandingkan dengan penggerak generator listrik yang lain, turbin uap mempunyai kelebihan antara lain:

1. Penggunaan panas yang lebih baik.

2. Pengontrolan putaran yang lebih mudah.

3. Tidak menghasilkan loncatan bunga api listrik.

4. Uap bekasnya dapat digunakan kembali untuk proses.

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com

Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code:
Close