Taukah Kamu Planetary Gear Pada Transmisi Otomatis?

Taukah Kamu Planetary Gear Pada Transmisi Otomatis?

Planetary Gear – Pada kendaraan bagian transmisi adalah salah satu bagian dari komponen mesin pemindah tenaga yang berperan dalam mengatur peralihan kecepatan dan torsi yang dihasilkan oleh mesin supaya sesuai keperluan dan kebutuhan anda.

Salah satu tipe tranmisi yang kerap dipakai ialah transmisi otomatis. Di transmisi otomatis ada beragam tipe, salah satunya tipe dari pemakaian transmisi automatis ialah transmisi dengan gabungan planetary. Elemen pada transmisi automatis dengan roda gigi planetary () berlainan dengan transmisi manual.

Fungsi Planetary Gear

Berikut bagian utama pada transmisi automatis, diantaranya:

  1. Torque converter
  2. Planetary gear unit
  3. Hydraulic kontrol unit

Pada artikel ini, kita akan mengulas berkaitan elemen pada transmisi otomatis planetary gear set, dimulai dari fungsinya, elemen, dan proses kerja. Pemahaman dari planetary gear sendiri ialah mekanisme roda gigi yang tersusun dari gigi luar dan gigi pusat. Mekanisme sepintas serupa dengan mekanisme tata surya, karena terpasang seperti planet yang mengelilingi matahari sesuai lajurnya. Dengan putaran sepertu itu, segera dapat hasilkan peristiwa turun-naiknya kecepatan sebuah kendaraan.

Planetary Gear 2

Peranan dari planetary gear satu diantaranya untuk menaik-turunkan kecepatan mesin kendaraan. Karena ada elemen berikut hingga dapat gerakkan mesin yang mempunyai berat beban seperti mobil, dengan mengeluarkan tenaga yang enteng. Peranan lain dari planetary gear ini supaya kendaran bisa maju dan mundur.

Read also  Cara Mudah Memperbaiki Otomatis Kipas Radiator

 

Bagian Planetary Gear

Berikut keterangan dari elemen planetary gear set :

1. Sun Gear

Sun gear ini sebagai pusat formasi gear pada planetary gear set. Mode gear yang dipakai yaitu spur gear. Sun gear ini mempunyai ukuran kecil dan terletak ada di tengah atau kutub dan umumnya mempunyai jumlah gigi yang sedikit daripada “partnernya” lainnya. Gigi pada sun gear ini bertautan dengan planetary pinion gear.

2. Planetary Pinion Gear

Letak dari planetary pinion gear formasinya melingkari sun gear. Elemen ini terpasang lebih satu buah dan bergantung dari kendaraan yang dipakai. Elemen ini dipadukan oleh planetary carrier dalam rangkaiannya. Pada umumnya pada kendaraan, ada 3 biji, namun jika memerlukan tenaga semakin dapat sampai 5 biji.

3. Ring Gear/Annulus Gear

Terletak ada pada garis paling luar unit, yang melingkari planetary pinion gear dan sun gear. Elemen ring gear mengikat semua elemen yang berada di dalam. Jumlah gigi pada ring gear semakin banyak dibanding elemen lain dikarekan pekerjaan yang dipunyai banyak juga.

 

Sesudah ketahui elemen yang ada di planetary gear set, Anda harus tahu bagaimana proses kerjanya. Dalam masalah ini, semua elemen bisa bekerja dan beradaptasi dengan “pekerjaan” yang didapatkan. Berikut penjelesan dari kerja planetary gear berdasar keadaan transmisi :

1. Deselerasi (Pelambatan)

Di saat sun gear ditahan atau stasioner dan ring gear diputar karena itu planetary gear yang berputar-putar. Hingga sekarang ini perputaran di antara ring gear dan planetary gear bisa menjadi sama arah dan kutub output akan kurangi kecepatannya (deselarasi) supaya perputaran sama dengan kutub input cukup dengan perputaran planetary gear.

Read also  Rem Hidrolik: Fungsi, Komponen dan Cara Perawatannya

2. Direct Coupling

Saat ring gear dan sun gear tersambung dan berputar-putar bersama, karena itu planetary gear akan turut berputar-putar dengan arah yang serupa dan kecepatan pemutaran di antara ring gear dengan planetary carrier yang serupa.

3. Akselerasi/ Pemercepatan

Saat sun gear ditahan dan planetary carrier diputar, karena itu planetary gear akan berputar-putar mengeliling. Pada sekarang ini, perputaran di antara ring gear dan planetary gear jadi sama arah dan mengakibatkan perputaran pada kutub output jadi lebih cepat.

4. Gerak mundur/ Reverse

Di saat planetary carrier ditahan dan sun gear diputar, karena itu ring gear akan berputar-putar dengan arah yang bersimpangan dengan arah perputaran sun gear. Sehinggaa, pada sekarang ini sun gear berperan sebagai input dan ring gear sebagai output. Karena perbedaan ratio roda gigi di antara ring gear dengan sun gear semakin besar ring gearnya, karena itu mengakibatkan kecepatan pemutaran akan direduksi atau diperlambat (ring gear berputar-putar lebih lamban daripada sun gear).

 

Itulah artikel tentang planetary gear yang sangat penting pada sistem transmisi otomatis kendaraan anda. Semoga Bermanfaat!