Simulator Asteroid Launcher ini memungkinkan Anda menghancurkan sebuah kota

alwepo.com, Simulator Asteroid Launcher ini memungkinkan Anda menghancurkan sebuah kota. Hari ini, para astronom sedang memantau lebih dari 2.200 asteroid berbahaya yang lebih besar dari 0,6 mil (1 kilometer) di sekitarnya orbit Bumi. Sayangnya, jarang sekali ada yang akan lewat dengan cukup dekat untuk menimbulkan ancaman nyata.

Namun, itu juga berarti siapa saja yang tertarik untuk melihat apa yang terjadi jika batu angkasa besar tersebut terjadi mengenai planet kita harus puas dengan asteroid impact Chixculub 66 juta tahun yang lalu.

Masuk ke Asteroid Launcher (terbuka di tab baru), aplikasi web baru yang memberikan kesempatan bagi penggemar dampak asteroid untuk menjawab beberapa pertanyaan mereka. Teman-teman kami di PC Gamer menyebut aplikasi ini “informatif yang morbid” bagi pengguna.

Asteroid Launcher mudah digunakan. Anda dapat memilih dari beberapa komposisi batu angkasa yang berbeda – asteroid yang terbuat dari besi, batu, karbon, atau emas, atau komet – dan memilih diameternya (hingga 1 mil), kecepatan dampak, dan sudut dampak. Kemudian, Anda memilih titik nol di peta, di mana saja di dunia, dan tekan “Luncurkan Asteroid”.

Ada lebih dari satu cara dampak asteroid bisa membunuh. Asteroid Launcher menangkap beberapa di antaranya: tidak hanya ukuran krater, tapi juga ukuran bola api, gelombang shock, angin-angin yang merusak dan gempa bumi yang akan tersebar dari dampak.



 

Dampak yang di timbulkan

This Asteroid Launcher simulator lets you destroy your hometown
This image shows the effects of a 1600-foot asteroid hitting the Space.com offices in New York City, creating a 5.8-mile crater and a fireball nearly 9 miles across. (Image credit: Neal Agarwal)

 



Jadi, misalnya saya jatuhkan asteroid seperti 99942 Apophis, yang dijadwalkan akan lewat (tapi tidak menabrak) Bumi pada tahun 2029, tepat di atas pusat kota Los Angeles. (Maaf, L.A.)

Menurut Asteroid Launcher, dampak tersebut akan meninggalkan krater seluas 4,7 mil (7,5 kilometer) dan bola api akan membakar sebagian besar kota – yang meninggalkan lebih dari 5,5 juta orang tewas. Gelombang shock yang terjadi akan merusak telinga manusia sejauh Pomona atau Santa Clarita, 27 mil (43 km) jauhnya. Angin sekuat badai akan meruntuhkan pohon-pohon sejauh San Bernardino atau Ventura, 67 mil (108 km) jauhnya. Dan gempa bumi skala 6,9 akan mengguncang tanah sejauh Bakersfield atau San Diego, 119 mil (191 km) jauhnya.

Asteroid Launcher adalah karya dari coder Neil Agarwhal, yang mengandalkan aplikasi ini pada beberapa karya akademik ilmuwan yang bertujuan menghitung efek dampak asteroid. Aplikasi ini mirip dengan Nukemap, sebuah situs web yang dibuat oleh sejarawan ilmu pengetahuan Alex Wellerstein pada tahun 2012 yang menyimulasikan efek jatuhnya senjata nuklir di mana saja di dunia.



Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com