PT Jebsen & Jessen Indonesia

Logo PT Jebsen & Jessen Indonesia
sumber: jebsen & jessen

Halo sobat alwepo, kali ini kita akan mereview PT ya. Ternyata Jebsen & Jessen ini sudah hadir di Indonesia sekitar 40 tahun dengan menjalankan 6 unit bisnisnya. Dan semenjak tahun 2015 Jesen & Jebsen memutuskan untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu strategi perusahaan di Asia Tenggara. (Chairman Jebsen & Jessen South East Asia (SEA), Heinrich Jessen).

Jebsen & Jessen Indonesia Group, perusahaan multinasional yang bergerak di bidang manufaktur, rekayasa, tambang, dan distribusi, memaparkan hasil kerja dan pengembangan inovasi teknologinya di Indonesia. Sebelum lebih jauh, baca juga Review PT Trakindo.

Perusahaan ini memiliki sejumlah perusahaan patungan, antara lain MHE-Demag (bersama Demag Cranes and Components ), JJ-Lurgi Engineering (bersama Air Liquide), JJ-Lapp Cable (bersama Lapp Holding Asia), dan JJ-Pun (bersama Serge Pun & Associates Group).

Pada bulan Mei 2011, pimpinan perusahaan ini mengisyaratkan bahwa perusahaan ini menyiapkan dana akuisisi sebesar SGD 250 juta untuk mendukung strategi pertumbuhannya

Logo PT Jebsen & Jessen Indonesia
sumber: jebsen & jessen

Daftar Isi

Sejarah

  • Grup ini didirikan pada tahun 1963 di Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia, serta memulai sejarahnya dari Jebsen & Co, sebuah kemitraan perdagangan yang didirikan di Hong Kong pada tahun 1895. Jabatan puncak di perusahaan ini sekarang dipegang oleh keturunan pendiri Jebsen & Co, yakni Jacob Jebsen (1870–1941) dan Heinrich Jessen (1865–1931).
  • Setelah didirikan pada tahun 1963, Jebsen & Jessen (SEA) beroperasi di Singapura dan Malaysia, kemudian mendirikan kantor di seantero Asia Tenggara. Pada tahun 1971, perusahaan ini telah mempekerjakan lebih dari 600 orang dan memperdagangkan produk farmasi, rekayasa, dan fotografi, serta peralatan dan perabot rumah.
  • Pada awal dekade 1970-an, perusahaan ini mengakuisisi agen merek jam tangan mewah, dan juga menjalin perjanjian dengan Demag AG pada tahun 1972 untuk dapat memperdagangkan kerekan dan derek. Pada tahun 1976, perusahaan ini mendirikan Jebsen & Jessen Packaging.
  • Pada tahun 1982, Jebsen & Jessen (SEA) Pte Ltd resmi didirikan sebagai perusahaan induk, dengan tiga departemen, yakni Rekayasa, Manufaktur, dan Perdagangan & Industri. Pada tahun 1986, MHE-Demag resmi menjadi joint venture 50/50 antara Jebsen & Jessen (SEA) dan Demag. Pada hari jadinya yang ke-25 di tahun 1988, grup ini telah memiliki lebih dari 30 anak usaha dan mempekerjakan 1.000 orang.
  • Pada tanggal 1 Maret 1992, JJ-Lurgi dibentuk sebagai joint venture 50/50 Jebsen & Jessen (SEA) dan Lurgi AG. Chairman saat ini, Heinrich Jessen bergabung sebagai manajer lingkungan, kesehatan, dan keselamatan pada tahun 1995.
  • Pada tahun 2004, grup ini menjalin joint venture 50/50 dengan Lapp Kable asal Jerman untuk membentuk JJ-Lapp Cable. Pada tahun 2004, grup ini memperoleh sertifikasi ISO 14001 dan OHSAS untuk semua anak usahanya.
  • Pada tahun 2010, grup ini mengembangkan eksistensi regionalnya dengan membuka kantor di Kamboja.[6] dan pada bulan Juli 2011, grup ini masuk ke Myanmar melalui joint venture 50/50 dengan Serge Pun & Associates Group (SPA Group), untuk membentuk JJ-Pun (S) Pte Ltd.
  • Pada tanggal 28 Mei 2012, grup ini mengumumkan akuisisi terhadap Halcyon Offshore, sebuah penyedia jasa kelautan dan lepas pantai.
  • Pada bulan Maret 2014, Jebsen & Jessen Ingredients menjalin joint venture 50/50 dengan Muntons asal Britania Raya untuk dapat memproduksi bahan baku makanan yang mengandung malt.
  • Pada bulan Januari 2015, MHE-Demag mengakuisisi Demag Cranes & Components Australia.
  • Pada bulan Maret 2015, JJ-Lapp Cable resmi mengakuisisi 100% saham PT JJ-Lapp Cable SM (JJSMI), setelah lima tahun menjalin joint-venture dengan PT Sinarmonas.
  • Pada bulan Oktober 2015, grup ini mendivestasi divisi komunikasi[13] dan perawatan kesehatannya.
  • Pada bulan Juni 2016, JJ-Muntons membuka fasilitas produksi malt khusus baru seluas 3.000 meter persegi di Chonburi, Thailand.
  • Pada bulan November 2016, MHE-Demag membuka pabrik derek terbesar di Asia Tenggara di Malaysia.
  • Pada bulan Januari 2018, grup ini dan saudarinya, Jebsen Group di Tiongkok mengumumkan pendirian joint venture 50/50 di Tiongkok antara Jebsen & Jessen Ingredients (JJING) dan Jebsen Industrial Specialty Ingredients & Solutions Business (JI-SI&S).
Read also  Fungsi Airbag Dan Komponen Airbag

Jumlah Karyawan

Jebsen & Jessen telah memiliki 7.100 karyawan di 23 negara dengan omset sebesar €3 miliar dan total asset mencapai €2,1 miliar pada tahun 2017 lalu. (swa.co.id)

Pengembangan Bisnis di Indonesia

PT Jebsen & Jessen Indonesia

“Indonesia memiliki perekonomian yang besar. Kami melihat kemungkinan besar Indonesia akan tetap menjadi penggerak utama untuk pengembangan perekonomian kawasan,” ujarnya. Lebih jauh, Heinrich menyebut Indonesia juga diramalkan berpotensi menempati posisi 7 terkuat dunia pada 2030 nanti.

Rencana Jebsen & Jessen dalam menjadikan Indonesia sebagai poros bisnisnya di Asia Tenggara, direalisasikan dengan investasi perluasan pabrik untuk menyuplai kebutuhan kabel dalam negeri dan juga penguatan ke wilayah ASEAN.

Selain itu, Indonesia juga didapuk sebagai pusat aktivitas produksi life science dan design manufacture and service, semisal pembuatan crane untuk peralatan pengangkatan. “Untuk mendukung hal ini, kami juga melakukan investasi di sektor manajerial SDM dan teknisi yang jumlahnya 850 karyawan. Kami buka kantor layanan di 32 titik di Indonesia, ini menunjukkan komiten dan betapa pentingnya Indonesia untuk kami,” kata Heinrich (Chairman Jebsen & Jessen South East Asia (SEA), Heinrich Jessen).

Adapun fokus bisnis yang kini tengah dikembangkan Jebsen & Jessen di Indonesia meliputi sektor tambang, kecantikan, coating & ink, makanan dan minuman, serta infrastruktur.

Teknologi Kabel

JJ-LAPP didirikan sebagai perusahaan patungan antara Jebsen & Jessen Group dan LAPP Holding Asia, anak perusahaan LAPP Group di Jerman, untuk menjadi penyedia solusi kabel dan konektivitas terkemuka di ASEAN. Kami memberikan nilai kepada pelanggan kami dengan melokalisasi inovasi Jerman, memproduksi produk-produk berkualitas tinggi kami di Indonesia, dan melengkapinya dengan rangkaian produk yang bersumber dari merek-merek terkenal di dunia. Hal ini memungkinkan kami untuk menyediakan berbagai solusi yang memaksimalkan laba atas investasi bagi pelanggan kami.

Read also  Alat Berat

Melayani di seluruh ASEAN, tim kami berkomitmen untuk membangun kemitraan berbasis kepercayaan dengan pelanggan kami dan membantu mereka mencapai kesuksesan bisnis yang mereka inginkan. Kami bangga telah melayani sektor Otomasi Gedung, Otomasi Industri, Energi Terbarukan, Pabrikan Peralatan Asli, Transportasi, dan Otomotif dengan solusi kabel dan konektivitas sejak tahun 1980.

Industri di Layani:

  • Komunikasi data
  • Otomatisasi bangunan
  • Otomatisasi industri
  • Otomatisasi proses
  • Otomatisasi pabrik
  • Energi terbarukan
  • OEM
  • Angkutan
  • Otomotif

Ingredients

Jebsen & Jessen, menawarkan rangkaian produk bahan kimia dan ilmu hayati untuk aplikasi pertanian, industri, dan manufaktur. Tim penjualan teknis dan layanan pelanggan kami menghubungkan teknologi dari lebih dari 100 mitra pemasok di seluruh dunia untuk menghadirkan beberapa solusi industri paling inovatif kepada pelanggan kami.

  • Coating & Resins
  • Plastics & Rubber
  • Performance Chemicals
  • Food
  • Feed
  • Farmasi & Perawatan Pribadi

 

Life Sciences

JJ-Lurgi Engineering adalah perusahaan patungan antara Jebsen & Jessen Pte Ltd dan Air Liquide Global Engineering & Construction Solutions. Sinergi dari akar Jerman yang diangkat oleh generasi baru keahlian internal yang berbasis di Asia membuat tetap selaras dengan kebutuhan klien.

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, kami memproduksi produk yang sangat dapat disesuaikan yang sesuai dengan kebutuhan klien, mengurangi pemborosan dan biaya. Sampai saat ini, kami telah berhasil mengirimkan lebih dari 300 pabrik proses di seluruh dunia.

Di Indonesia, JJ memiliki tim ahli teknik purna jual yang berdedikasi untuk memberikan bantuan yang cepat dan profesional kepada pelanggannya.

  • Ekstraksi biji minyak
  • Penyulingan Minyak Goreng
  • Modifikasi Lemak
  • Oleokimia
  • Metil Ester (Biodiesel)

 

Kemasan

40 tahun berkembang untuk memenuhi kebutuhan kemasan yang berubah di kawasan ini. Kami telah mengembangkan keahlian mendalam dalam memecahkan masalah pelanggan kami dengan solusi inovatif mulai dari pengemasan komponen pemenang penghargaan hingga busa EPS untuk konstruksi.

Read also  Cara Pengelasan atau Welding yang Baik dan Benar

Kami mengembangkan solusi khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami, bekerja dengan berbagai bahan termasuk: busa, PP Danpla, bubur kertas, kayu, PP, PE dan PET. Kami diakui oleh industri dan penghargaan pelanggan untuk pendekatan inovatif kami terhadap desain.

  • Layanan desain kemasan pemenang penghargaan.
  • Lima fasilitas manufaktur bersertifikat ISO & OHSAS.
  • Merek global sebagai pelanggan setia selama lebih dari 30 tahun.
  • Aplikasi inovatif terkemuka EPS dalam konstruksi.

Jebsen & Jessen Packaging telah membuat langkah strategis ke pasar Indonesia dengan mengakuisisi 60% saham PT Indo Tirta Abadi (ITA), produsen kemasan minuman terkemuka di Indonesia. Perjanjian jual beli ditandatangani pada 31 Januari 2020 antara Jebsen & Jessen dan pemegang saham ITA saat ini.

Memulai operasi pada tahun 2003 dengan mesin produksi tunggal, ITA telah berkembang pesat selama bertahun-tahun untuk menjadi pemimpin industri. Ini memiliki portofolio produk botol PET, preform PET dan penutup HDPE, dan klien yang menampilkan produsen minuman global dan lokal terkemuka seperti Danone (Aqua), Coca-Cola, Sosro, Nestle dan Yeo’s.

Perusahaan ini mempekerjakan 500 orang dan memiliki omset pada 2019 sebesar S$42 juta. Perusahaan ini menjalankan dua pabrik produksi bersertifikat ISO9001 dan FSSC 22000 (Sistem Manajemen Keamanan Pangan) menggunakan mesin cetak mutakhir – fasilitas utama di Tangerang dan yang lebih kecil di Gempol, di pinggiran Surabaya.

 

Teknologi

Di Jebsen & Jessen Technology Indonesia, mereka menyatukan aplikasi, layanan, dan aktivitas berbasis teknologi untuk memberikan hasil bisnis kepada para pelanggannya. Di Indonesia, mengkhususkan diri dalam peralatan dan solusi turnkey di dua bidang utama— Pompa dan Turf & Irigasi.

Di Pumps, mereka melayani basis pelanggan yang beragam dengan layanan penyediaan air dan bangunan komersial dan domestik, solusi untuk bisnis agro dan minyak & gas serta pabrik pengolahan. Solusi Turf & Irigasi, yang mencakup manajemen perawatan rumput dan irigasi pertanian, digunakan di lapangan golf, taman, stadion, dan fasilitas umum lainnya di seluruh negeri.

JJ adalah distributor tunggal Avant di Indonesia, loader multiguna terkemuka yang dapat membantu meningkatkan efisiensi biaya Anda untuk infrastruktur pedesaan.

  • Pompa

Perusahaan menyediakan solusi dan teknologi pemompaan cairan berkualitas tinggi.

  • Turf & Irigasi

Peralatan pemeliharaan rumput & sistem irigasi untuk lapangan golf, taman, stadion, lansekap dan pertanian.

 

Penutup

PT Jebsen & Jessen Indonesia merupakan salah satu perusahaan multinasional yang mengembangkan bisnisnya di Indonesia dengan melihat potensi besar Indonesia menjadi salah satu Negara yang memiliki potensi besar untuk menjadi negara yang akan berkembang pesat di masa depan.