Penyebab Motor Matic Mati Mendadak

Penyebab Motor Matic Mati Mendadak

Motor Matic Mati Mendadak – Banyaknya mereka yang menggunakan motor matic bukan sekedar hanya penggunaan yang mudah. Akan tetapi fitur yang dimiliki oleh motor matic sendiri cukup lengkap. Kompartement lengkap, luas dan juga mudah diakses menjadi keunggulan dari motor matic yang mungkin tidak bisa di dapat dari jenis motor lain. Di sendiri ada setidaknya cukup banyak tipe dan jenis , seperti Honda Beat, Scoopy, Genio, atau lainnya.

Tetapi pernah tidak, ketika Anda menggunakan motor matic tiba-tiba mesin mati mendadak saat dilepas tuas gasnya? Jika Anda pernah mengalami hal ini, tentu akan mengganggu Anda di perjalanan nantinya. Lalu apa dan tidak bisa di starter? Berikut kami akan bahas dan bagaimana cara mengatasi .

Motor Matic Mati Mendadak

Beberapa Penyebab Motor Matic Mati Mendadak

Mesin Mengalami Overheat

Penyebab pertama bisa disebabkan oleh kondisi mesin yang panas atau overheat. Sebab kondisi mesin yang panas akan mengakibatkan motor matic Anda bisa mati mendadak. Penyebab mesin mengalami overheat diantaranya adalah tersumbatnya aliran sirkulasi oli di dalam mesin. Kondisi seperti ini menyebabkan ring piston akan begesekan dengan liner boring tanpa adanya pelumas. Akibatnya suhu mesin akan langsung memanas dan menyebabkan mesin mati mendadak.

Karburator Terkena Air

Tidak hanya karena mesin saja, kondisi karburator yang terkena air juga menjadi penyebab motor matic mati mendadak. Sebab, fungsi karburator sendiri sebagai pencampur udara dan bahan bakar untuk diteruskan ke ruang bakar. Jadi, ketika terdapat air di dalam karburator akan menyebabkan pembakaran terganggu sehingga mesin motor matic. Untuk itu, di musim hujan sekarang ini Anda harus lebih rajin untuk mengecek karburator melalui celah tali gas yang pelindungnya (karet) sudah getas.

Read also  PT Jebsen & Jessen Indonesia

Penggunaan Bahan Bakar yang Salah

Kondisi bahan bakar yang memiliki oktan rendah terkadang membuat mesin motor mengalami penyumbatan pada bagian klep atau juga dibagian selang yang menuju ke karburator atau injeksi. Ada baiknya selalu gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi contohnya seperti pertamax atau lainnya.

Komponen Pengapian Mati

Penyebab berikutnya yang seringkali membuat mesin motor matic tiba-tiba mati mendadak yakni adanya komponen pengapian yang mati. Apabila terjadi hal seperti ini, otomatis mesin motor Anda tidak bisa dihidupkan.

Tutup Tangki Tertutup

Saat kondisi ventilator pada tutup tangki tertutup, hal itu akan menyebabkan aliran bahan bakar ke karburator motor menjadi tidak lancar. Sehingga pembakaran tidak terjadi dengan sempurna, karena adanya campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang pembakaran.

Settingan Bahan Bakar Salah

Berkendara di jalan dan tiba-tiba motor mati mendadak? Kondisi ini memang sangat merepotkan apalagi jika Anda berada di tempat yang minim bengkel. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena setingan bahan bakar yang salah pada bagian karbu atau injeksi.

Apabila setingan tersebut dibiarkan, akibatnya motor akan sering mogok. Oleh karena itu untuk mendapatkan setingan terbaik, kami sarankan agar Anda segera membawa motor matic Anda ke bengkel agar di atur atau di setting oleh montir yang berpengalaman.

Filter Udara Kotor

Dan penyebab terakhir motor matic mati mendadak adalah filter udara yang kotor, dimana saat kondisi ini, tidak menutup kemungkinan tarikan gas lebih berat dan mesin motor akan mudah mati. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda selalu cek bagian filter udara pada motor matic dan membersihkannya dengan menggunakan angin bertekanan.

 

Read also  Hyundai Gelontorkan Dana Rp146 Triliun Untuk Pengembangan EV dan Robotika Di Amerika Serikat

Itulah artikel tentang bagaimana cara mengatasi motor matic mati mendadak, hal ini perlu kita ketahui untuk menjaga agar perjalanan kita aman dan nyaman. Pastikan untuk melakukan servis ruitn baik dilakukan sendiri ataupun di bengkel motor terdekat.Selalu safety firs, dan seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan.