Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Keluar Asap


alwepo, AC mobil keluar asap seringkali disalahartikan sebagai tanda adanya masalah pada mesin, padahal ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan keluarnya asap dari AC mobil. Penyebab ini dapat diatasi dengan langkah-langkah yang tepat.

Di bawah ini, team alwepo akan membahas penyebab umum AC mobil keluar asap dan cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Keluar Asap

1. Kotornya Evaporator

Evaporator, yang juga dikenal sebagai filter AC, merupakan komponen penting dalam sistem AC mobil. Evaporator biasanya terletak di bawah dashboard mobil, meskipun lokasinya dapat berbeda tergantung pada jenis dan merek mobil. Evaporator yang kotor dapat menyebabkan saluran udara dingin tersumbat, yang pada gilirannya dapat menyebabkan pembentukan gumpalan es dan menyebabkan AC Mobil keluar asap.

Cara Mengatasi: Bersihkan evaporator dengan lembut menggunakan sikat atau kuas, dan pastikan untuk mengganti filter AC jika perlu.

2. Pulley Macet

Pulley adalah part yang terdapat dalam tali kipas dalam sistem AC mobil. Setiap pulley dilengkapi dengan bearing yang membantu perputaran tali kipas. Jika tali kipas bergeser secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan AC Mobil keluar asap.

Cara Mengatasi: Bersihkan evaporator dengan lembut menggunakan sikat atau kuas, dan pastikan untuk mengganti filter AC jika perlu.

3. Kebocoran pada Sistem Freon AC

Freon adalah komponen krusial dalam sistem AC mobil, berperan sebagai zat kimia utama dalam proses pendinginan. Kebocoran pada sistem freon dapat menyebabkan AC Mobil keluar asap dan bahkan dapat mengeluarkan zat beracun. Oleh karena itu, keluarnya asap dari AC mobil bukan selalu disebabkan oleh masalah mesin mobil, dan kebocoran freon harus diwaspadai.

Cara mengatasi: Temukan sumber kebocoran, perbaiki atau ganti komponen yang bocor, dan isi ulang freon jika diperlukan.

4. Kelebihan Air pada Kotak Pemanas

Jika asap yang keluar dari AC tidak memiliki bau, kemungkinan besar terjadi karena kelebihan air dalam kotak pemanas. Hal ini dapat mengakibatkan asap keluar dari AC ketika terkena udara. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dipanggil kontraktor HVAC, sementara pemilik mobil harus memastikan pipa pembuangan AC bersih dari air atau benda kecil yang dapat menghalangi aliran udara.

Cara mengatasi: Panggil kontraktor HVAC untuk menangani masalah ini dan pastikan pipa pembuangan AC bersih.

5. Udara Dingin Bersentuhan dengan Udara Panas

Penyebab lain keluarnya asap dari AC mobil adalah interaksi antara udara dingin dan udara panas, yang dapat menghasilkan uap air yang kemudian berubah menjadi asap. Tingkat kelembaban ruangan juga dapat memengaruhi intensitas keluarnya asap dari AC.

Cara mengatasi: Atur suhu AC agar lebih sejuk dan periksa kelembaban ruangan.

 

Biaya servis AC mobil dapat bervariasi tergantung pada tipe mobil dan jenis kerusakan. Bengkel AC mobil biasanya akan memeriksa mesin AC terlebih dahulu sebelum menentukan biaya servis. Pastikan untuk membawa mobil Anda ke bengkel servis AC terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Merawat AC mobil dengan baik sangat penting agar AC tetap berfungsi optimal dan dapat memberikan kabin yang nyaman. Semoga Bermanfaat!

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com

Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code:
Close