Coating Mobil: Pengertian, Fungsi Dan Cara Coating Mobil

Coating mobil adalah salah satu cara untuk memperbaiki atau mempercantik mobil. Tentu kita menginginkan mobil terlihat cantik dan mengkilap agar selalu indah di pandang.

Coating juga terkadang dilakukan ketika telah selaesai melakukan perbaikan body mobil.

Pengertian Coating Mobil

Coating mobil adalah sebuah lapisan yang diaplikasikan pada permukaan cat mobil untuk melindungi dan mempercantik mobil. Ada beberapa jenis coating yang dapat digunakan untuk mobil, diantaranya adalah ceramic coating, polymer coating, dan wax coating.

Masing-masing jenis coating memiliki manfaat dan kelebihan yang berbeda-beda. Ceramic coating dapat melindungi cat mobil dari kerusakan akibat sinar UV dan kotoran, serta membuat mobil terlihat lebih berkilau. Polymer coating memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ceramic coating, sedangkan wax coating hanya digunakan untuk memberikan kilau pada cat mobil, namun tidak memiliki efek perlindungan yang tinggi.

2018 Mercedes Benz S-Class (3)

Fungsi Coating Mobil

Fungsi coating mobil adalah untuk melindungi dan mempercantik mobil. Coating mobil dapat menambahkan lapisan pelindung pada cat mobil sehingga terhindar dari kerusakan akibat sinar UV, kotoran, air, dan debu. Selain itu, coating juga dapat membuat cat mobil terlihat lebih berkilau dan memperbaiki tampilan mobil secara keseluruhan.

Jenis coating yang tepat akan bergantung pada kebutuhan dan kondisi mobil Anda. Pastikan untuk membaca dan memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis coating sebelum memutuskan untuk mengaplikasikannya pada mobil Anda.

Jenis-Jenis Coating

Ada beberapa jenis coating yang dapat digunakan pada mobil, diantaranya adalah sebagai berikut:

Ceramic coating

Jenis coating ini mengandung partikel keramik yang dapat melindungi cat mobil dari kerusakan akibat sinar UV dan kotoran, serta membuat mobil terlihat lebih berkilau. Ceramic coating juga dapat memperpanjang umur cat mobil dan mengurangi frekuensi pemolesan.

Polymer coating

Jenis coating ini mengandung partikel polimer yang dapat melindungi cat mobil dari kerusakan, namun memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ceramic coating. Polymer coating juga dapat memperbaiki tampilan mobil secara keseluruhan dan membuatnya terlihat lebih berkilau.

Wax coating

Jenis coating ini hanya digunakan untuk memberikan kilau pada cat mobil, namun tidak memiliki efek perlindungan yang tinggi. Wax coating biasanya digunakan sebagai lapisan pelindung tambahan setelah menerapkan ceramic atau polymer coating pada mobil.

Glass coating

Jenis coating ini dapat melindungi kaca mobil dari kerusakan akibat sinar UV dan debu. Glass coating juga dapat membuat kaca mobil terlihat lebih bersih dan jernih.

Wheel coating

Jenis coating ini dapat melindungi velg mobil dari kerusakan akibat debu dan air, serta membuat velg mobil terlihat lebih berkilau. Wheel coating juga dapat memperbaiki tampilan velg mobil secara keseluruhan.

Bahan dan Peralatan Coating Mobil

coating mobil

Beberapa bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk menerapkan coating pada mobil adalah sebagai berikut:

  1. Coating mobil: Anda akan membutuhkan coating mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mobil Anda. Pastikan untuk membaca dan memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis coating sebelum memutuskan untuk mengaplikasikannya pada mobil Anda.
  2. Cleaner: Anda akan membutuhkan cleaner khusus untuk membersihkan permukaan mobil sebelum menerapkan coating. Cleaner ini dapat berupa shampoo mobil atau cleaner khusus untuk coating.
  3. Handuk kering atau blower: Anda akan membutuhkan handuk kering atau blower untuk mengeringkan permukaan mobil setelah dibersihkan dengan cleaner.
  4. Alat aplikasi coating: Anda akan membutuhkan alat aplikasi coating seperti kuas, roller, atau alat aplikasi lainnya sesuai dengan petunjuk dari pembuat coating.
  5. Kain lembut atau microfiber: Anda akan membutuhkan kain lembut atau microfiber untuk mengelap permukaan mobil setelah coating diterapkan dan mengering.
  6. Cleaner untuk coating: Anda akan membutuhkan cleaner khusus untuk membersihkan permukaan mobil setelah coating diterapkan dan mengering. Cleaner ini digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa coating yang tidak terserap pada permukaan mobil.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menerapkan coating pada mobil, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan permukaan mobil dengan menggunakan shampoo mobil atau cleaner khusus untuk menghilangkan kotoran, debu, dan minyak yang menempel pada mobil.
  2. Keringkan permukaan mobil dengan menggunakan handuk kering atau blower untuk menghilangkan kelembaban yang ada pada permukaan mobil.
  3. Aplikasikan coating pada permukaan mobil dengan menggunakan kuas, roller, atau alat aplikasi lainnya sesuai dengan petunjuk dari pembuat coating.
  4. Biarkan coating mengering selama waktu yang ditentukan oleh pembuat coating, biasanya sekitar 30-60 menit.
  5. Setelah coating mengering, lap permukaan mobil dengan menggunakan microfiber atau kain lembut untuk menghilangkan sisa-sisa coating yang tidak terserap.
  6. Bersihkan kembali permukaan mobil dengan menggunakan cleaner khusus untuk menghilangkan sisa-sisa coating yang tidak terserap.
  7. Keringkan kembali permukaan mobil dengan menggunakan handuk kering atau blower.
  8. Selesai! Anda telah berhasil menerapkan coating pada mobil Anda.

Harga Coating Mobil

Harga coating mobil bervariasi tergantung pada jenis coating yang Anda pilih, ukuran mobil, dan tempat penerapan coating. Secara umum, harga coating mobil dapat berkisar antara Rp500.000 hingga Rp10.000.000 atau lebih tergantung pada kondisi dan kebutuhan mobil Anda. Anda dapat mengecek harga coating mobil pada toko-toko mobil atau bengkel-bengkel yang menawarkan layanan coating mobil. Pastikan untuk meminta penawaran harga dari beberapa tempat sebelum memutuskan untuk menerapkan coating pada mobil Anda.

Demikianlah penjelasan tentang coating mobil. Jangan lupa membaca artikel lainnya di alwepo.com. Semoga Bermanfaat.!