Hose Hidrolik Alat Berat

Hose Hidrolik Alat Berat

Selang atau hydraulic hose adalah salah satu komponen sistem hidrolik , yang berfungsi sebagai saluran oli hidrolik sesuai dengan yang dibutuhkan seluruh bagian unit untuk menggerakkan aktuator. Masa pakai selang hidrolik dipengaruhi oleh cuaca, paparan sinar matahari, bahan kimia, kondisi pengoperasian, atau kegagalan dalam penggunaan atau penyimpanan.

Lapisan

Selang terdiri dari lapisan empat komponen utama, yaitu selang bagian dalam, bantalan kawat, lapisan penguat dan penutup. Lapisan dalam disebut inner tube atau lapisan yang mengangkut cairan dan membuatnya mengalir.

Lapisan kedua adalah lapisan penguat yang tujuannya untuk memberi kekuatan pada selang. Lapisan penguat bisa berupa kapas, bahan sintetis atau benang. Bahan katun dan sintetis biasanya ditenun, sedangkan benang dapat ditenun atau dipilin. Beberapa stoking memiliki banyak lapisan yang diperkuat dengan bahan berbeda yang terdiri dari kapas dan benang.

Lapisan ketiga adalah bantalan, bantalan berfungsi sebagai lapisan pengurang gesekan. Lapisan padding mengurangi kemungkinan kaku benang, yang dapat merusak ban dalam. Lapisan terakhir adalah cover atau penutup. Tutup atau penutup ini melindungi selang dari luar dan dari kerusakan lingkungan atau cuaca. Penutupnya terbuat dari kawat baja, plastik atau kain.

Lapisan Hose Hidrolik

Tips Pemasangan Hidraulic Hose

Ada beberapa tips cara pemasangan hidraulic hose yaitu :

1. Pemasangan hose jangan terlalu tegang karena hose di pengaruhi oleh suhu, tekanan, aliran dan kontraksi dari luar, yang bisa mengakibatkan hose rusak/bocor.

2. Radius bengkokan slang hidrolik jangan terlalu kecil karena mengakibatkan aliran turbulen karena membentuk sudut yang kecil.

3. Dalam pemasangannya, slang hidrolik tidak boleh terlalu tegang harus di beri celah, agar hose ada tempat untuk mengembang pada waktu suhu tinggi, dan ada ruang untuk hose menyusut pada suhu rendah.

4. Ikat atau pasang clem pada slang hidrolik yang sudah terpasang agar slang tidak tersentak dan bergerak bila mendapat beban yang tinggi.

Mengganti Hose Hidrolik

  • Ketika mengganti sebuah hose, hose yang baru harus memenuhi beberapa kondisi. Kondisi-kondisi ini meliputi ukuran hose, pressure kerja maksimum, rentang temperatur operasi, kompatibilitas , radius bengkokan maksimum, dan kondisi-kondisi lingkungan. Hose yang baru harus memenuhi bahkan boleh melebihi spesifikasi yang hose yang lama.
  • Hose yang baru harus memiliki ukuran yang sama dengan hose yang lama agar dapat beroperasi dalam sistem hidrolik sesuai spesifikasi rancangan. Hose-hose yang lebih kecil dapat mengendalikan aliran yang kecil dan hose yang lebih besar dapat mengendalikan aliran yang lebih besar. Apabila hose terlalu kecil maka ia dapat mengurangi kapasitas aliran sehingga meningkatkan temperatur dalam sistem hidrolik. Begitu juga hose yang terlalu besar dapat memperlambat respon waktu sistem.
  • Sistem-sistem hidrolik dirancang untuk beroperasi pada pressure yang spesifik. Hose harus dapat bertahan terhadap pressure yang konstan dan pressure kejut. Menggunakan hose yang baru di atas pressure kerja maksimum hose yang lama akan meningkatkan potensi bagi kerusakan. Pressure kerja maksimum sama dengan ¼ kali pressure burst (ledakan) minimum.
  • Tube bagian dalam dari hose memiliki suatu rentang frekuensi yang tetap dimana ia harus bekerja dan hanya dapat mengalirkan fluida yang spesifik. Liner-liner dari hose-hose yang berbeda seringkali juga terbuat dari bahan-bahan yang berbeda pula. Menggunakan hose di luar rentang temperatur spesifiknya atau menggunakan fluida yang tidak cocok akan mengurangi umur pemakaian hose.
  • Radius bengkokan minimum hose mengacu pada bengkokan yang terbesar yang dapat diperbolehkan pada saat penggunaan. Jika dibengkokkan lebih jauh, hose dapat rusak (atau kaku) dan dapat mengurangi umur pemakaian. hose adalah faktor utama yang mempengaruhi radius bengkokan minimum. Radius bengkokan minimum akan menimbulkan masalah besar jika hose itu pendek.
  • Faktor yang terakhir adalah kondisi-kondisi lingkungan dimana hose itu akan digunakan. Bahan untuk cover hose dirancang agar dapat digunakan dalam aplikasi-aplikasi tertentu. Memaparkan hose pada temperatur yang tinggi atau dalam kondisi-kondisi sekitar yang keras, diluar disain operasi dapat menyebabkan kerusakan hose lebih awal.
  • Hose sebaiknya diganti jika sudah terpelintir, kaku, pecah, atau penyok.
Read also  Kenapa Perlu Menjaga Kualitas Steam Turbine.?

Jenis Hose Hidrolik

Berikut ini merupakan jenis-jenis hose yang terdapat pada sistem hidrolik berdasarkan standar SAE (Society of Automotive Engineer).

1. Hose SAE 100R1

Hose SAE 100R1 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air, dengan temperatur kerja hose ini berada pada kisaran suhu -40°C hingga 100°C.

a). Hose SAE 100R1 Tipe A

Hose SAE 100R1 Tipe A terdiri atas tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak, tulangan anyaman berupa kawat tunggal, dan penutup karet sintetis yang tahan minyak dan kondisi lingkungan sekitar.

b). Hose SAE 100R1 Tipe AT

Hose SAE 100R1 Tipe AT memiliki Konstruksi yang serupa dengan Hose SAE 100R1 Tipe A, namun memiliki penutup (cover) yang dirancang untuk menghubungkan dengan fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose tersebut.

2. Hose SAE 100R2

Hose SAE 100R2 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air, dengan temperatur kerja hose ini berada pada kisaran suhu -40°C hingga 100°C. Hose ini terdiri atas tabung dalam (inner tube) yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dan cover berupa karet sintetis yang tahan minyak dan cuaca. Tulangan kawat baja menyesuaikan dengan jenis hose, seperti beberapa tipe di bawah ini.

a). Hose SAE 100R2 Tipe A

Hose SAE 100R2 Tipe A Tipe memiliki dua kepang kawat penguat.

b). Hose SAE 100R2 Tipe B

Hose SAE 100R2 Tipe B memiliki satu kepang kawat penguat dan dua lapisan spiral.

c). Hose SAE 100R2 Tipe AT

Hose SAE 100R2 Tipe AT hampir serupa dengan Hose SAE 100R2 Tipe A, namun memiliki cover yang dirancang untuk dipasang pada fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose.

Read also  Jasa Rental Alat Berat Kupang

d). Hose SAE 100R2 Tipe BT

Hose SAE 100R2 Tipe BT hampir serupa dengan Hose SAE 100R2 Tipe B, namun memiliki cover yang dirancang untuk dipasang pada fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose.

3. Hose SAE 100R3

Hose SAE 100R3 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air, dengan temperatur kerja hose ini berada pada kisaran suhu -40°C hingga 100°C. Konstruksi tabung dalam hose ini terbuat dari karet sintetis tahan minyak, memiliki dua kepang benang dan cover berupa karet sintetis tahan minyak dan lingkungan.

4. Hose 100R4

Hose 100R4 digunakan pada aplikasi bertekanan rendah dan vakum, dengan cairan hidrolik berbasis minyak dan air dalam kisaran suhu kerja pada -40° hingga 100°C. Tabung dalam hose ini terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan sebuah penguat yang terdiri dari lapisan serat tekstil yang dianyam atau dikepang spiral dengan cover berupa karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan kondisi lingkungan.

5. Hose SAE 100R5

Hose SAE 100R5 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak dan air, dengan kisaran temperatur kerja -40° hingga 100°C. Tabung dalam terbuat dari karet sintetis tahan minyak yang diperkuat dengan dua kepang serat tekstil yang dipisahkan oleh kawat baja berkekuatan tinggi yang dikepang. Semua kepang dipadukan dengan senyawa berupa karet sintetis tahan minyak dan jamur.

6. Hose SAE 100R6

Hose SAE 100R6 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerj -40° hingga 100°C. Hose ini terdiri atas tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan satu lapisan anyaman serat tekstil yang sesuai, dan memiliki cover karet sintetis tahan minyak dan lingkungan.

7. Hose SAE 100R7

Hose SAE 100R7 merupakan hose termoplastik yang digunakan untuk cairan hidrolik berbahan dasar sintetis, minyak, dan air, dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 93°C. Hose ini terdiri atas tabung dalam termoplastik yang tahan terhadap cairan hidrolik yang diperkuat dengan serat sintetis. Hose ini memiliki Cover termoplastik yang tahan terhadap fluida dan lingkungan.

8. Hose SAE 100R8

Hose SAE 100R8 merupakan hose termoplastik tekanan tinggi yang digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak bumi dan air sintetis dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 93°C. Hose ini terdiri atas tabung dalam yang terbuat dari bahan termoplastik yang tahan terhadap cairan hidrolik dan diperkuat dengan serat sintetis dengan cover terbuat dari bahan termoplastik yang tahan terhadap fluida dan lingkungan.

9. Hose SAE 100R9

Hose SAE 100R9 digunakan untuk cairan hidraulik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 100°C. Terdapat beberapa jenis Hose SAE 100R9 yaitu :

a). Hose SAE 100R9 Tipe A

Hose SAE 100R9 Tipe A terdiri atas tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan empat lapisan kawat spiral yang dibungkus dengan arah bergantian dan cover yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dan lingkungan.

b). Hose SAE 100R9 Tipe AT

Hose SAE 100R9 Tipe AT memiliki konstruksi yang serupa dengan Tipe A, namun memiliki cover yang dirancang untuk dipasang pada fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose.

Read also  Jasa Rental Alat Berat Bogor

10. Hose SAE 100R10

Hose SAE 100R10 digunakan untuk cairan hidroulik berbasis minyak dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 100°C.

a). Hose SAE 100R10 Tipe A

Tipe ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis yang tahan minyak, dengan empat lapisan spiral yang terbuat dari dari kawat berat (heavy wire) yang dibungkus dengan arah yang bergantian, Cover terbuat dari karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan lingkungan.

b). Hose SAE 100R10 Tipe AT

Tipe ini memiliki konstruksi yang serupa dengan Hose SAE 100R10 Tipe A, namun memiliki cover yang dirancang untuk dipasang pada fitting tanpa melepas cover atau bagian apa pun pada hose.

11. Hose SAE 100R11

Hose SAE 100R11 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 100°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis yang tahan minyak dengan enam lapisan spiral yang terbuat dari kawat berat (heavy wire) yang dibungkus dengan arah yang bergantian, Cover terbuat dari karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan lingkungan.

12. Hose SAE 100R12

Hose SAE 100R12 digunakan dengan cairan cairan hidrolik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 121°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan empat lapisan spiral dari kawat berat yang dibungkus dengan arah bergantian, Cover terbuat dari karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan lingkungan.

13. Hose SAE 100R13

Hose SAE 100R13 digunakan dengan cairan cairan hidrolik berbasis minyak dan air dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 121°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis tahan minyak dengan beberapa lapisan spiral dari kawat berat yang dibungkus dengan arah bergantian, Cover terbuat dari karet sintetis yang tahan terhadap minyak dan lingkungan.

14. Hose SAE 100R14

Hose SAE 100R14 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak bumi, sintetis, dan air dengan temperatur kerja berkisar -54° hingga 204°C.

a). Hose SAE 100R14 Tipe A

Tipe ini terdiri dari tabung bagian dalam yang terbuat dari politetrafluorethylene (PTFE) yang diperkuat dengan anyaman tunggal terbuat dari baja tahan karat tipe 303XX.

b). Hose SAE 100R14 Tipe B

Tipe ini memiliki konstruksi yang serupa dengan Tipe A, namun pada bagian permukaan memiliki sifat konduktif-elektrik untuk mencegah terjadinya penumpukan muatan elektrostatik.

15. Hose SAE 100R15

Hose SAE 100R15 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak bumi dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 121°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis yang tahan minyak, beberapa lapisan spiral dari kawat berat dibungkus dengan arah bergantian. Cover hose ini terbuat dari karet yang tahan minyak dan lingkungan.

16. Hose SAE 100R16

Hose SAE 100R16 digunakan untuk cairan hidrolik berbasis minyak bumi dengan temperatur kerja berkisar -40° hingga 100°C. Hose ini terdiri dari tabung dalam yang terbuat dari karet sintetis yang tahan minyak, beberapa lapisan spiral dari kawat berat dibungkus dengan arah bergantian. Cover hose ini terbuat dari karet yang tahan minyak dan lingkungan.

Jenis Hose Hidrolik