Definisi Elektromagnetik, beserta contoh dan penjelasannya

elektromagnetik

Elektromagnetik – Secara umum, gelombang terdiri dari gelombang elektromagnetik dan mekanik. Gelombang mekanik selalu merambat melalui perantara atau medium. Gelombang mekanik bisa sebagai gelombang transversal seperti perambatan tali, bisa juga merambat sebagai gelombang longitudinal seperti bunyi melalui medium udara atau benda lainnya.

Sedangkan gelombang gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. elektromagnetik merambat dalam bentuk gelombang dengan beberapa variabel yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang, frekuensi, dan kecepatan. Panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak.

elektromagnetik

Ada berbagai peralatan dan perangkat elektronik yang memiliki atau menggunakan prinsip operasi elektromagnetik, seperti relay, elektromotor atau dinamo, kontaktor magnetik, generator, dll. Jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengan elektromagnetisme?

Daftar Isi

apa itu elektromagnetik

Memahami Elektromagnetik

Elektromagnetik berasal dari dua kata, yaitu:

  • elektro (Electro atau ), yang artinya Listrik
  • Magnetik (Magnetico), yang artinya Magnet (Medan Magnet)

Elektromagnetik adalah magnet atau medan magnet yang dihasilkan dari kumparan (belitan) kawat penghantar yang dialiri arus listrik.

 

Prinsip Kerja ELektromagnetik

Elektromagnetisme menghasilkan medan magnet yang terletak di lubang atau pusat kumparan (belitan). Medan magnet yang berasal dari elektromagnet ini bersifat sementara dan termasuk jenis magnet buatan, karena medan magnet akan dihasilkan selama ada arus listrik, ketika arus listrik terputus maka medan magnet akan hilang.

Read also  Jenis-Jenis Kolam Limbah dan Fungsinya

Di bagian tengah kumparan elektromagnetik biasanya terdapat inti magnet dari suatu bahan yang mudah ditarik oleh magnet (ferromagnetik), dan inti magnet ini berfungsi untuk menerima induksi magnet yang dihasilkan oleh kumparan tersebut, dan memusatkannya pada inti magnet sehingga jika medan magnet yang dihasilkan dapat dikumpulkan dan diarahkan, dan medan magnet yang dihasilkan dapat dikumpulkan dan diarahkan, magnet pada inti magnet akan lebih kuat.

Medan magnet yang dihasilkan oleh elektromagnet memiliki kelebihan dibandingkan magnet permanen, karena kekuatan dan kekuatan medan magnet yang dihasilkan oleh elektromagnet dapat dengan mudah diatur, yaitu dengan mengatur besarnya arus listrik yang mengalir serta dengan mengatur jumlah dan ukuran magnet. .kawat melingkar. .

Penggunaan elektromagnetik dapat kita temukan pada berbagai komponen peralatan listrik dan perangkat elektronik, seperti starter relay pada sepeda motor, pembangkit tenaga (generator), motor listrik, solenoida, kontaktor magnetik, magnet pengangkat logam untuk mengumpulkan skrap, dan berbagai elektromagnetik lainnya.

Contoh peralatan yang menggunakan prinsip elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

apa itu elektromagnet

Penggunaan Elektromagnet dalam kehidupan sehari-hari

  • Pembangkit Listrik (Pembangkit Listrik)
  • Electro Motor (Kipas Angin, Blender, Mixer, Air, dan sejenisnya)
  • bel listrik
  • telepon dijalin dgn tali
  • Pengeras suara
  • mikropon
  • kontak estafet
  • mulai dinamo
  • kontaktor magnet
  • Detektor logam

 

Jenis Gelombang Elektromagnetik

1. Gelombang Radio

Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik. Gelombang ini terbentuk ketika bunyi atau audio berubah menjadi sinyal listrik dan melalui gelombang osilator (gelombang pembawa) mengalami modulasi pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio.

2. Gelombang Mikro (Microwave)

Gelombang Mikro (Microwave) merupakan gelombang elektro magnetik dengan frekuensi super tinggi (Super High Frequency) yaitu di atas 3 GHz (3×109 Hz). Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka molekul dan atom pada benda tersebut akan bergetar sehingga muncul efek pemanasan.

Read also  Krisis Minyak Goreng Menghantui Thailand

3. Gelombang Inframerah (Infra Red)

Inframerah merupakan gelom bang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari gelombang radio. Sinar infamerah dihasilkan oleh elektron dalam molekul molekul yang bergetar dan kemudian terurai menjadi beberapa molekul yang berbeda karena benda diipanaskan.

4. Cahaya Tampak (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu)

Gelombang cahaya tampak merupakan gelombang elektromagnetik yang bisa dilihat oleh indera penglihatan manusia. Gelombang cahaya tampak terdiri dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

5. Gelombang Ultraviolet (Ultra ungu)

Cahaya ultra ungu merupakan bagian dari spektrum warna, namun indera penglihatan manusia tidak mampu melihatnya. Cahaya ultra ungu mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek dibanding warna lainnya. Hal ini menyebabkan cahaya ultra ungu mempunyai daya tembus yang jauh lebih kuat dibanding warna lainnya. Ca haya ultra ungu mampu menembus kulit manusia bahkan bisa mengubah struktur sel.

6. Sinar X (X-ray)

Sinar-X mempunyai daya tembus yang lebih kuat daripada cahaya ultraungu. Sinar-X mampu menembus struktur lunak seperti daging dan kayu, kecuali struktur padat seperti tulang. Dengan kemampuannya menembus daging, maka struktur tulang/rangka bisa tampak pada layar film.

7. Sinar Gamma (Gamma ray)

Gelombang sinar gamma merupakan gelombang elektromagnetik yang paling kuat di antara gelombang elektromagnetik lainnya. Gelombang sinar Ү dapat menembus struktur padat, bahkan dapat mengubah struktur atom menjadi atom yang berbeda. Sinar Ү terjadi dari suatu proses reaksi nuklir sehingga menghasilkan radiasi yang cenderung berbahaya bagi makhluk hidup.

Demikianlah penjelasan tentang elektromagnetik yang sering kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Read also  Boiler