Apa Itu Ground Disturbance? Identifikasi dan Pencegahan


Ground Disturbance

Apa Itu Ground Disturbance? Identifikasi dan Pencegahan

alwepo.com, Ground Disturbance adalah istilah yang merujuk pada setiap aktivitas yang melibatkan penggalian atau gangguan pada permukaan tanah. Aktivitas ini bisa mencakup berbagai kegiatan seperti penggalian untuk konstruksi, instalasi saluran utilitas, pemasangan fondasi, atau proyek pertanian.

Hal penting untuk dicatat adalah bahwa ground disturbance dapat menyebabkan bahaya tersembunyi, termasuk merusak saluran utilitas yang terkubur di bawah tanah, mengganggu stabilitas tanah, dan meningkatkan risiko kecelakaan, terutama jika tidak diawasi atau dilakukan dengan hati-hati. Oleh karena itu, pengidentifikasian dan pencegahan bahaya yang terkait dengan ground disturbance sangat penting untuk menjaga keselamatan dan mengurangi risiko kerusakan lingkungan serta properti.

Mengidentifikasi Bahaya Ground Disturbance

Beberapa bahaya utama yang terkait dengan Ground Disturbance di lokasi konstruksi meliputi:
  1. Kebocoran atau kerusakan infrastruktur bawah tanah: Aktivitas ground disturbance seperti penggalian dapat menyebabkan kerusakan pada pipa gas, air, atau saluran listrik yang tersembunyi di bawah tanah. Kebocoran ini dapat mengakibatkan kebocoran gas berbahaya, banjir air, atau gangguan pasokan listrik.
  2. Keruntuhan tanah: Manipulasi tanah yang berlebihan atau tidak tepat dapat menyebabkan keruntuhan tanah, terutama pada lereng atau daerah yang longsor. Hal ini dapat menyebabkan cedera pada pekerja atau kerusakan pada peralatan dan struktur yang ada di sekitarnya.
  3. Kontaminasi tanah dan air: Penggalian dan manipulasi tanah dapat mengganggu lapisan tanah yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya atau limbah. Hal ini dapat mengakibatkan kontaminasi tanah dan air tanah di sekitarnya, yang berpotensi merusak lingkungan dan kesehatan masyarakat.
  4. Kegagalan struktur bangunan: Ground disturbance yang tidak terkendali atau tidak terkontrol dapat menyebabkan perubahan pada fondasi bangunan atau struktur, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kegagalan struktural dan risiko kecelakaan bangunan.
  5. Bahaya keamanan pekerja: Aktivitas ground disturbance seperti penggalian dapat menyebabkan penimbunan tanah atau batuan yang tidak stabil, meningkatkan risiko jatuh atau terperangkap bagi pekerja yang bekerja di lokasi konstruksi.

Langkah Pencegahan Ground Disturbance

Langkah-langkah pencegahan berikut dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan keselamatan Ground Disturbance di lokasi konstruksi:

  1. Lokasi Utilitas (Utility Locates): Sebelum melakukan penggalian, lakukan tinjauan menyeluruh terhadap rencana lokasi dan gambar as-built untuk menemukan jalur, kabel, atau bahaya lainnya yang mungkin ada.
  2. Pemeriksaan lokasi (Site checks): Pastikan penggalian diperiksa oleh Orang yang Kompeten yang bertanggung jawab atas pekerja yang bekerja di dalamnya. Hasil pemeriksaan harus dicatat pada Formulir Pemeriksaan Penggalian Harian.
  3. Pemeriksaan Peralatan (Equipment Checks): Periksa peralatan secara teratur, lakukan perawatan dengan benar, dan berikan pelatihan yang tepat kepada operator.
  4. Prosedur Ruang Terbatas (Confined Space Procedures): Setiap penggalian dengan kedalaman lebih dari 4 kaki (1,22 meter) di area berbahaya atau dengan atmosfer berbahaya harus dianggap sebagai ruang terbatas. Ikuti persyaratan yang ditetapkan dalam prosedur Ruang Terbatas.
  5. Keamanan Parit (Trench Safety): Penggalian dengan kedalaman lebih dari 4 kaki (1,2 meter) harus memiliki penopang, miring, atau dibangkucadangkan sesuai kebutuhan. Penopang untuk penggalian dengan kedalaman lebih dari 20 kaki (6,09 meter) harus dirancang dan dipasang oleh seorang Engineer Profesional.
  6. Benda Jatuh & Perlindungan Jatuh (Falling Object & Fall Protection): Pasang barikade keras di sekitar penggalian untuk mencegah orang masuk secara tidak sengaja dan berikan peringatan tentang bahaya penggalian.
  7. Akses & Jalan Keluar (Access & Egress): Pastikan jumlah akses dan jalan keluar yang aman dan memadai disediakan untuk semua penggalian berdasarkan ukuran dan kedalaman penggalian.
  8. Akumulasi Air (Water Accumulation): Pastikan tidak ada akumulasi air di dalam penggalian tempat pekerja bekerja, kecuali jika tindakan pencegahan yang memadai telah diambil untuk melindungi para pekerja.
  9. Pelatihan (Training): Semua personel yang terlibat dalam penggalian yang diklasifikasikan sebagai ruang terbatas harus dilatih sesuai dengan tingkat kompetensi yang sesuai dengan tanggung jawab dan tugas mereka.

Demikianlah artikel tentang Ground Disturbance. Semoga Bermanfaat!

Cek Informasi Teknologi dan Artikel yang lain di Google News Alwepo.com

Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code:
Close